Peranan dan manfaat cash flow bagi perusahaan - Strategi Bisnis yang Cantik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan dan manfaat cash flow bagi perusahaan

" Pentingnya peranan dan manfaat cash flow bagi perusahaan, sehingga pengelolanya dituntut harus baik dan sehat agar tidak mengganggu operasional "

Cash flow (arus kas) adalah sebuah bentuk laporan berisi catatan dari setiap transaksi. Catatan dalam waktu tertentu baik berupa penerimaan maupun pengeluaran. 

Laporan arus kas adalah laporan catatan seluruh transaksi yang terjadi baik pengeluaran maupun penerimaan. Laporan ini umumnya disusun secara berurutan dan sistematis. 

Peran laporan keuangan perusahaan sangat penting. Laporan ini memegang peranan vital dalam mendukung kemajuan perusahaan. 

Selain itu, Manfaatnya tidak hanya untuk memberikan informasi terkait kondisi perusahaan, masih banyak manfaat yang bisa didapat melalui laporan arus kas.

Tujuan laporan arus kas yang perlu diketahui, perusahaan yang sehat harus memiliki laporan uang kas yang lengkap. 

Dari laporan tersebut bisa diketahui mengenai hal apa saja yang ingin diketahui. Tidak terbatas hanya pendapatan dan pengeluaran saja tapi ada hal lainnya yang bisa diketahui

Maka dari itu setiap perusahaan wajib untuk memiliki laporan yang berisi cash flow dalam perusahaan. 

Pengelolaan cash flow yang tidak baik dapat mengakibatkan kegagalan dalam berbisnis (kebangkutan). 


Baca juga : Artikel yang terkait

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine  untuk mendapatkan informasi website lainnya yang lebih luas dan lengkap tentang bahasan ini


https://www.gankoko.com/2020/10/peranan-dan-manfaat-cash-flow.html
Gambar - Peranan dan manfaat cash flow

 
Peranan dan manfaat cash flow. Cash flow memiliki peran yang penting untuk menunjang kelancaran operasional perusahaan.

Operasional agar dapat berjalan sesuai harapan. Perusahaan dituntut harus benar dan sehat dalam pengelolaannya. Cash flow (arus kas) adalah sebuah bentuk laporan.

Laporan berisi catatan dari setiap transaksi dalam waktu tertentu. Berupa penerimaan maupun pengeluaran. 

Pengelolaan cash flow yang tidak baik dapat mengakibatkan kegagalan dalam berbisnis (kebangkrutan). Kegagalan dalam usaha juga disebabkan kurangnya pengalaman. 

Lokasi yang buruk, pengelolaan persediaan yang tidak baik dan investasi cenderung kepada aset tetap dan lain-lain. Cach flow adalah salah satu unsur yang paling penting dalam bisnis. 

Menjadi penting untuk mengelola Cash Flow yang baik agar operasional perusahaan dapat berjalan sesuai dengan harapan. 

Laporan arus kas dapat digunakan untuk melacak dan mengetahui secara detail seluruh pemasukan dan pengeluaran dari seluruh kegiatan perusahaan. 

Cash flow pada dasarnya Arus kas adalah pergerakan kas masuk dan kas keluar dari dalam bisnis dalam suatu periode. Baik mingguan, bulanan atau kuartalan. 


Peranan dan manfaat cash flow bagi kelancaran operasional


Peranan dan manfaat cash flow. Laporan arus kas (statement of cash flow). yang melaporkan penerimaan kas dan pembayaran kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi. 

Laporan cash flow (arus kas) dapat membantu investor, kreditor, dan pihak lainnya dalam menilai perusahaan :


a. Kemampuan entitas dalam menghasilkan arus kas di masa yang akan datang


Dengan pelaporan keuangan adalah untuk memberikan informasi. Memprediksi tentang jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas di masa depan. 

Dengan mengetahui hubungan masing-masing pos. Pos penjualan dan arus kas bersih dari kegiatan operasi. 

Atau cash flow (arus kas) bersih dari kegiatan operasi, serta mengetahui kenaikan / penurunan kas. 

Sehingga dapat membuat prediksi yang lebih baik atas jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas di masa yang akan datang. 

Dibandingkan dengan menggunakan data dasar akrual.


b. Kemampuan entitas untuk membayar dividen dan memenuhi kewajibannya


Menunjang kelancaran operasional perusahaan Secara sederhana, kas adalah hal yang penting. Jika perusahaan tidak mempunyai kas yang cukup. 

Gaji karyawan tidak dapat dibayar, hutang tidak dapat dilunasi, dividen tidak dapat dibayar, dan peralatan tidak dapat dibeli. 

Laporan arus kas menunjukkan bagaimana kas digunakan, dan dari mana kas itu berasal ; Karyawan, kreditor, pemegang saham. 

Pelanggan memiliki kepentingan dengan laporan ini karena menunjukkan arus kas yang terjadi dalam perusahaan.


c. Penyebab perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan  operasi


Memberikan informasi tentang keberhasilan / kegagalan perusahaan dari periode ke periode lainnya. 

Para pembaca laporan keuangan akan mendapatkan manfaat. Mengetahui penyebab perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi. 

Sehingga mereka dapat menilai reliabilitas angka laba itu.


d. Investasi dan pembiayaan yang melibatkan kas dan non kas selama satu periode


Dengan memeriksa kegiatan investasi perusahaan (pembelian/penjualan aktiva selain dari produknya). 

Serta kegiatan pembiayaan (pinjaman dan pelunasan pinjaman, investasi oleh pemilik, dan distribusi kepada pemilik). Pembaca laporan keuangan dapat memahami dengan baik. 

Alasan apa aktiva dan kewajiban bertambah / berkurang selama satu periode. Informasi yang disajikan dalam laporan arus kas sangat berguna bagi yang berkepentingan.

Berkepentingan terhadap laporan keuangan. Pihak-pihak yang berkepentingan seperti pihak manajemen, investor, kreditor maupun pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. 

Hal tersebut untuk dasar penilaian tentang kemampuan perusahaan untuk menggunakan arus kas dan setara kas. 

Serta menilai kebutuhan perusahaan dalam menggunakan arus kas tersebut. Laporan arus kas melihat perubahan pada uang tunai. 

Berbagai aktivitas usaha perusahaan dan kenaikan atau penurunan nilai lainnya di neraca bisnis. Cara cepat dan mudah untuk melakukan analisis arus kas. 

Adalah membandingkan total pembelian yang belum dibayar dengan total penjualan pada akhir setiap bulannya. 

Jika jumlah pembelian yang belum dibayar melebihi jumlah penjualan. Harus mengeluarkan lebih banyak uang dari yang di terima di bulan berikutnya. 

Yang mengindikasikan adanya masalah arus kas potensial. Keuntungan atau Laba tidak sama dengan arus kas. 

Pelaku bisnis tidak bisa hanya melihat laporan laba rugi (L & R). Banyak data keuangan lainnya masuk ke dalam anjuran arus kas. 

Termasuk piutang, persediaan, hutang dagang, pengeluaran barang modal, dan layanan hutang. 


Peranan dan manfaat cash flow bagi perusahaan


Peranan dan manfaat cash flow. Manage arus kas harus cerdas dan fokus pada masing-masing penggerak uang tunai ini. 

Selain keuntungan atau kerugian usaha. Pengelolaan arus kas yang tidak baik sehingga tidak mendapatkan kepastian apa yang terjadi pada arus kas bisnis. 

Kerap ditemukan pemilik bisnis tidak manage arus kas dengan baik. Sehingga tidak dapat mengetahui dengan segera apakah bisnisnya memperoleh keuntungan.

Atau menciptakan kerugian. Dimana Untuk mengetahui pendapatan dari faktur-faktur yang masuk dari pelanggan untuk produk atau layanan yang di jual.

 Arus kas positif sebenarnya dibutuhkan untuk menghasilkan keuntungan. 

Pada dasarnya Arus kas adalah pergerakan kas masuk dan kas keluar dari hasil bisnis dalam suatu periode. 

Baik mingguan, bulanan atau kuartalan. ada dua jenis arus kas pada dasarnya. Arus kas positif. Terjadi pemasukan uang dari hasil penjualan produknya.

Pemasukan dari hasil tagihan dari piutang. Setelah dikurangi dengan pembayaran hutang, biaya bulanan, gaji, dan lain-lain. 

Jika pelanggan tidak membayar secara tunai, maka terjadi arus kas yang masuk berasal dari koleksi piutang usaha.  Arus kas negatif, Pengeluaran untuk biaya operasional usaha. 

Seperti pembayaran gaji, pembelian persediaan barang dagangan. Pembayaran hutang dan lain-lainnya lebih besar dari pada uang yang masuk. 

Hal ini umumnya menjadi problem untuk usaha, langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan. 

Dengan cara meningkatkan hasil pendapatan sambil mempertahankan atau memotong biaya. Pengelolaan arus kas positif yang baik diperlukan adanya analisis.

Mengelola arus kas untuk lebih efektif. Cara terbaik untuk melacak arus kas dalam bisnis adalah dengan menjalankan laporan arus kas. 

Pengelolaan arus masuk dan keluarnya uang tunai perusahaan. Pengelolaan dan menganalisa arus kas apakah sudah memadai untuk setiap bulannya. 

Dan dapat mencukupi kewajiban yang akan datang. Manfaat Cash Flow Ketika perusahaan menerapkan arus kas atau mencatat semua transaksi perusahaan. 

Maka perusahaan tersebut akan memperoleh beberapa manfaat seperti dibawah ini :


a. Mengetahui kemampuan perusahaan


Cash flow adalah perusahaan dapat mengetahui kemampuan keuangannya. Keuangan yang dimilikinya melalui sebuah laporan kas. 

Perusahaan akan memiliki gambaran mengenai seberapa jauh perusahaan tersebut berkembang.

Seberapa banyak kas yang mampu dihasilkannya. Tentu saja manfaat yang satu ini sangat berperan penting dalam kelangsungan perusahaan. 


b. Mengetahui kemajuan operasional


Manfaat yang kedua adalah mengetahui kemampuannya sendiri tentang operasional perusahaan. 

Perusahaan dapat memiliki gambaran mengenai seberapa bagus perusahaan tersebut dalam menjalankan operasional. Salah satu contohnya adalah pembayaran gaji karyawan.


c. Mengetahui keuntungan perusahaan


Manfaat penerapan arus kas bagi perusahaan adalah dapat dijadikan sebagai pedoman.

Pedoman untuk mengetahui seberapa banyak keuntungan yang mampu dihasilkan oleh perusahaan. 

Semua perusahaan maupun badan usaha lainnya pasti berjalan dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan dengan persentase yang berbeda-beda. 

Ketika perusahaan tersebut hendak mendapatkan informasi seberapa banyak atau berapa persen keuntungan yang dihasilkan perusahaan tersebut. 

Bisa dilakukan melalui laporan arus kas. Perusahaan akan memperoleh informasi tentang berapa laba bersih yang berhasil dihasilkan. 

Akan tetapi. jika perusahaan tersebut malah tidak menerapkan atau tidak memiliki laporan arus kas. 

Sudah pasti perusahaan akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang berapa keuntungan yang berhasil diperoleh.


d. Pengambilan keputusan perusahaan


Selain manfaat ketiga yang sudah kami jelaskan, sebenarnya masih ada manfaat yang keempat.

Mungkin juga merupakan manfaat terakhir yang bisa diperoleh melalui laporan arus kas. Dengan mengetahui cash flow yang disusun secara sistematis.

Berurutan dari setiap transaksi. Hal ini bisa menjadi sebuah pedoman tentang seperti apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh perusahaan tersebut. 

Pucuk pimpinan perusahaan sudah pasti paham tentang apa saja yang perlu untuk diberikan perhatian. Pada saat perusahaan tersebut mempunyai divisi atau pos. 

Kelangsungan operasional tentunya membutuhkan cukup uang untuk membayar karyawan dan pemasok, agar bisa menghasilkan barang. 

Penjualan barang atau jasa adalah yang membantu menghasilkan keuntungan. Namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membuat produk.

Tentunya tidak akan mendapatkan keuntungan. Jadi benar perlu menyusun dan mengelola bisnis agar memiliki arus kas positif. 

Bisnis dapat tumbuh dan dapat meningkatkan keuntungan. Menumbuh dan mengembangkan bisnis dapat memfokuskan pada arus uang tunai, selalu harus melakukan investasi. 

Dan membawa biaya tertentu di muka untuk mencapai pendapatan dan arus kas yang lebih tinggi yang disertai dengan pertumbuhan yang sukses. 

Mungkin ingin membuka kantor di kota baru sehingga bisa membangun bisnis di sana. 

Perlu membangun fasilitas baru sehingga memiliki kapasitas untuk menjual ke pelanggan yang lebih besar.


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel Peranan dan manfaat cash flow. 

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine

Semoga artikel ini memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us "


Untuk melengkapi pemahaman tentang Peranan dan manfaat cash flow
silahkan tonton video dibawah ini.


https://www.gankoko.com/2020/10/peranan-dan-manfaat-cash-flow.html
Video -Peranan dan manfaat cash flow - 
CARA MEMBUAT SYSTEM CASHFLOW & PROFIT

Post a Comment for "Peranan dan manfaat cash flow bagi perusahaan"