Mencari peluang usaha baru dari lingkungan sekitar - Strategi Bisnis yang Cantik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencari peluang usaha baru dari lingkungan sekitar


" Mencari peluang usaha baru dari lingkungan sekitar, Ide bisnis bisa datang berbagai sumber, tapi inspirasi kadang hadir dalam bentuk ide kecil "

Menciptakan bisnis untuk peluang usaha baru, bisnis online. Usaha sampingan dan bisnis rumah tangga yang menjanjikan dan bagus bila dijalankan saat ini. 

Setiap orang ingin punya bisnis atau usaha sendiri. Namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu mencari peluang usaha dengan mudah.

Ide bisnis sangat penting sebelum menjalankan bisnis itu sendiri. Yang perlu dilakukan adalah mengenali potensi diri sendiri. 

Ketahui di bidang apa yang paling unggul, setelah itu manfaatkan kemampuan itu untuk memulai bisnis. 

Mengamati kebutuhan masyarakat dan berupaya memenuhi kebutuhannya. Karena cara mudah menemukan produk untuk dijual adalah dengan memecahkan masalah masyarakat.

Contoh usaha ojek online. Usaha ini dapat berkembang luas seperti sekarang karena masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang cepat dan mudah di jangkau. 

Cukup dengan menggunakan aplikasi, ojek online dapat menjemput di mana dan kapan saja pemesannya berada.

Jika membuka usaha manufaktur atau usaha yang membuat barang fisik, maka kamu perlu menemukan supplier untuk bahan baku produksi. 

Supaya menemukan supplier terbaik dan terjangkau, perlu melakukan riset terlebih dulu. atau dapat melakukan negosiasi harga bahan baku dan kerja sama dengan supplier pilihan.

Misalnya tinggal di daerah dengan ciri khas tanaman-tanaman eksotis, maka dapat membuka usaha penjualan tanaman eksotis dan memasarkannya ke daerah lain.

Tidak bisa dipungkiri kalau internet adalah tempat terbaik untuk mencari peluang usaha sampingan. 

Ada banyak jenis bisnis online dapat dilakukan, tanpa meninggalkan pekerjaan utama sekarang.


Baca juga : Artikel yang terkait


Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine  untuk mendapatkan informasi website lainnya yang lebih luas dan lengkap tetang bahasan ini


https://www.gankoko.com/2020/06/mencari-peluang-usaha-baru.html
Gambar - Mencari peluang usaha baru


Mencari peluang usaha baru. Hal mendasar untuk usaha, yaitu dengan niat, mau, keyakinan dan kemauan. 

Tanpa hal tersebut sulit untuk terlaksana, selain unsur permodalan juga dilaksanakan. Penting agar peluang usaha dapat terlaksana. 

Diperlukan Niat, Kemauan, Keyakinan dan Kemampuan yang kuat. Tanpa hal yang mustahil dapat Mencapai sukses. Menciptakan visi dan misi juga hal yang menentukan. 

Karena akan memperjelas tujuan dan langkah-langkah yang akan di jalankan dalam merealisasikan bisnis. 

Tujuan dan langkah bisnis tersebut dapat terstruktur dengan bagus untuk menunjang pengembangan bisnis yang direalisasikan.


Mencari peluang usaha baru yang diawali dengan niat yang kuat


Mencari peluang usaha baru. sebelum melakukan pencarian peluang, awali dengan Niat. Niat merupakan kunci sukses yang pertama sebelum memulai melakukan sesuatu. 

Peran niat sangat menentukan kualitas suatu perbuatan. Hasil yang diperolehnya karena niat itu jiwa perbuatan, pedoman, dan di kemudiannya. 

Asal usul kata (Etimologi) niat dalam arti ‘sengaja. Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan sesuatu dan menjatuhkan pilihan dan bertekad bulat untuk mengerjakan sesuatu. 

Selalu berniat baik berarti memberikan sugesti positif pada diri. Pengucapan niat untuk membantu kemantapan hati. Segala perbuatan yang dilakukan tergantung niatnya. 

Setiap orang hanya mendapatkan hasil sesuai niatnya. Pelaku bisnis mengawali dengan niat untuk melakukan hal-hal yang baik menurut keyakinan. 

Ada kata bijak menyatakan bahwa “Niat yang baik dilakukan dengan baik hasilnya pasti baik”. Niat dalam konteks ini adalah niat untuk memulai usaha.


Mencari peluang usaha baru dengan kemauan yang kuat


Faktor kemauan adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemauan yang kuat untuk sukses
  • Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai
  • Memiliki keyakinan yang kuat bahwa usaha yang sedang / akan di jalankan akan sukses kelak di kemudian hari


Mendapatkan predikat Pebisnis hal yang tidak sulit, Namun untuk mendapatkan predikat. Pebisnis yang sukses bukan hal yang mudah diperoleh. 

Melalui ujian-ujian yang sangat berat dan harus melalui rintangan dan hambatan yang tidak ringan. Pebisnis harus memiliki 3 (tiga) faktor penting.

Faktor “Mau, Mampu dan Keyakinan”. Mencari peluang usaha, Mampu dan memahami dunianya yang di jalankan serta memiliki pengetahuan dan talenta di bidangnya. 

Mau bekerja keras, ulet dan mempunyai kemauan dan semangat. Memiliki Keyakinan yang kuat atas kemauan dan kemampuan yang mumpuni. 

Bahwa usaha yang sedang di geluti akan sukses di kemudian hari yang didasari oleh Pelaku. 

Faktor utama atau pilar utama ialah adanya mau atau kemauan apapun namanya kegiatan / istilahnya. Mau atau kemauan adalah kunci dari segalanya. 

Untuk mendapatkan predikat yang disandang oleh seorang Pebisnis tidak mudah dan ringan, harus memiliki :


a. Mau untuk memulai


Mau memulai menjalankan usaha dengan memiliki Mental yang tangguh. Tak mengenal keterikatan dan batas serta tak kenal tidak mungkin atau tidak kenal ketidakmampuan. 

Sebelum memulainya untuk menjalankan usaha, selayaknya bermimpilah dahulu untuk memulainya. Mimpi dalam arti bahwa semuanya akan dimulai.


b. Mau mencintai produk


Untuk mencapai keberhasilan dalam menjual produk yang di hasil. Tidak serta merta datangnya karena buah dari hasil kerja. 

Namun banyak aspek dan faktor yang mempengaruhi. Hasil akhir yang telah di dapatkan adalah hasil perjuangan dan pengorbanan yang telah tercurah untuk itu. 

Aspek atau faktor yang sangat menentukan adalah bahwa jenis usaha yang di jalankan dengan kegemaran (hobi). 

Produk yang dihasilkan sangat disenangi bahkan di cintai dan saat mengerjakan produknya tanpa ada keluh kesah. 

Penuh dengan antusias dan gigih ( Enthusiaatism and Persistence). Sehingga dengan aspek / faktor tadi secara phyisiologis memberi motivasi.

Motivasi untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Dengan kerja sungguh, tanpa adanya keluh kesah dan gigih serta mencintai produk yang dihasilkan. 

Sehingga akhirnya memberi dampak yang baik terhadap hasil akhir, yaitu menghasilkan produksi yang bagus.


c. Menggali pengetahuan dan hal-hal berbisnis


Memang prinsip ini membuat menggelengkan kepala, namun memang demikianlah adanya. Dalam prinsip dasar berbisnis atau fundamental business. 

Adalah membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga mahal ( beyond the buy low and sell high ). 

Serta mengulur-ngulur waktu pembayaran dan menerima pembayaran secepat-cepatnya ( paylate and collect early). Untuk mencapai sukses atau suatu keberhasilan.

Keberhasilan dalam berbisnis sangat mustahil tanpa adanya pengetahuan berbisnis yang memadai. Serta memerlukan pengetahuan yang banyak. 

Pengetahuan luas tentang seluk beluk berbisnis, agar matang dan mumpuni dalam berbisnis.


d. Berani resiko terberat sekalipun (willing to take calcullated risks)


Faktor yang membedakan sekaligus sebagai penentu. Pengusaha (entrepreneur) dengan manager, adalah keberadaannya didalam perusahaan. 

Pengusaha (entreprenuer) sangat dibutuhkan keberadaannya saat di awal. Menemukan ide, untuk memulai usaha atau untuk mengembangkan usaha. 

Dalam menjalankan usaha (bisnis) selalu iringan dengan yang namanya “resiko kerugian”. Sehingga resiko menjadi momok bagi para usahawan.

Resiko dalam usaha selalu membawa kerugian bagi usahawan. Keberanian dalam mengambil resiko kerugian adalah “Kunci“ keberhasilan yang akan di raih. 

Karena hasil yang akan diraihnya akan proporsional dengan resiko kerugian dalam usaha. Seorang usahawan (entreprenuer) yang sukses selalu saja dituntut keberaniannya. 

Dituntut dalam mengambil resiko kerugian (the Gaint that you will be able to achiave is directly propoltional to the risk taken).


e. Selalu belajar pengetahuannya tentang usaha yang akan di jalankan


Keinginan atau kemampuan untuk terus belajar memperdalam pengetahuannya di usaha yang akan atau sedang di jalankan.

Belajar untuk mendalami pengetahuan secara luas. Pengetahuan tentang produk yang dihasilkan serta mau belajar membuat link bisnis yang baik.

Memupuk kepercayaan kepada produk (user). Kepercayaan agar diharapkan menjadi user yang fanatik.

Terus belajar dan menggali pengetahuan dari orang yang mempunyai keahlian. Keahlian di bidang sama atau yang telah sukses. (Consult ask the experts, but follow your hearts). 

Keahlian / piawai di dalam menghasilkan produk dan piawai dalam menjual produk adalah kunci (key) sukses.


f. Siap bekerja keras (work hard), tak kenal lelah dan tak mengenal waktu. 


Kunci sukses yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai keberhasilan dalam menggapai  sukses. Siap untuk “Bekerja keras” (work hard).

Tak akan mengenal lelah dan mengenal waktu. Sering kita dengar istilah ethos kerja keras. Kini istilah tersebut adalah sesuatu yang telah usang.

Telah berganti dengan istilah yang terbarukan. Kerja keras dan kerja kreatif ( hard word and creative work), Istilah ini menitik beratkan pada usaha yang keras. 

Syarat dengan kerja yang kreative dan inovatif dalam menghasilkan produk. 

Untuk mulai awal kesuksesan (successful start up) sangat menuntut seorang pengusaha yang “Gila kerja”  (workaholics). 

Seorang pengusaha otaknya tak pernah tidur dan yang ada di benaknya hanya bisnis.



g. Mencari sebanyak mungkin teman dan sahabat (make friends as much)


Masuklah dalam kelompok-kelompok (kumunitas) atau bila perlu menjadi anggota. Mencari peluang usaha, 

Anggota dari suatu asosiasi yang berkaitan dengan usaha dan produk yang kita hasil. 

Di sanalah kita mendapatkan banyak pengetahuan misalkan yang berhubungan dengan standar mutu. Harga dan pasar dari produk yang kita hasilkan. 

Telah mendapatkan komunitas/asosiasi yang sesuai dengan harapan. Akan tercipta saling menolong sesama komunitas.

Saling tolong menolong serta saling membantu kembangkan usaha dan saling membantu saat-saat masa sulit.


h. Siap dengan kegagalan (deal with failures)


Siap menghadapi kegagalan. Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan. Pertajam intuisi dan kemampuan wirausaha. 

Selama kegagalan itu tidak mematikan. Setiap usaha selalu mempunyai resiko kegagalan dan bilamana itu sampai terjadi.

Bersiaplah dan hadapilah !.

Mental siap kegagalan dalam usaha (berbisnis) juga sebagai penentu keberhasilan dalam berbisnis. 

Sikapi bahwa kegagalan adalah merupakan sebuah vitamin untuk memberi kekuatan dan memotivasi untuk sukses. 

Sikap siap gagal juga untuk pertajam intuisi untuk meningkatkan kemampuan dalam wirausaha. 

Setiap usaha selalu mempunyai resiko kegagalan / kerugian. Kegagalan yang selalu membawa kerugian tersebut tidak mematikan.

Lakukanlah sekarang (Do it, now...!)

Lakukan sekarang juga bila saja sudah siap untuk memulainya. Siap dalam artian bahwa usaha yang akan dijalankan sudah matang dalam perhitungan-perhitungan bisnis.

Dimana selain kesuksesan ada juga resiko kerugian / kegagalan.


Mencari peluang usaha baru dengan keyakinan yang kuat


Keyakinan yang kuat dalam jiwa kita adalah sebagai berikut :

  • Harus mengenal diri kita sendiri sebagai makhluk yng memiliki kelemahan tetapi memperoleh anugerah kekuatan dari tuhan untuk mengatasi kelemahan kita.
  • Harus percaya kepada diri sendiri bahwa kita memiliki potensi yang tidak kurang kuatnya dengan yang dimiliki orang lain. 
  • Mengetahui dengan jelas terhadap tujuan-tujuan serta kebutuhan kita dimana kita bisa mendapatkannya.


Bagaimana cara mendapatkannya serta kapan dan beberapa lama target waktu untuk mencapai seorang Pebisnis :

  • Percaya Diri. Keyakinan, kemandirian, individual, optimisme.
  • Berorientasi tugas dan Hasil, Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan.
  • Memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif. 
  • Pengambil resiko. Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.
  • Kepemimpinan. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. 
  • Original. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
  • Berorientasi ke Masa Depan. Persepsi dan memiliki cara pandang/ cara pikir yang berorientasi pada masa depan.
  • Jujur dan tekun, Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja.
  • Berjiwa besar, Kegagalan tak membuat patah semangat. Terpacu untuk maju dan berusaha lebih baik lagi.


Berjiwa besar dan justru menjadi semangat untuk maju. Mencari ide yang lebih kreatif yang lain untuk suatu masalah yang lain pula. 

Pantang menyerah dan terus usaha,itu kunci untuk sukses :

  • Meningkatkan potensi terhadap diri sendiri
  • Memiliki semangat kerja
  • Fokus terhadap usaha yang ditekuni
  • Bijaksana dalam bekerja.
  • Mengembangkan hasil untuk kemajuan usaha


Mencari peluang usaha baru yang didasari kemampuan untuk melaksanakan


Mencari peluang usaha baruKemampuan merupakan kunci sukses yang ke 4 (empat) Sebagai seorang wira swasta. 

Selayaknya mengetahui dan memahami seluk beluk usaha yang akan di jalankan. Selalu terus mau pertajam keahlian dan mau terus belajar.

Belajar untuk meningkatkan pengetahuan tentang rencana bisnis. Yang akan diwujudkan merupakan hal yang sangat mutlak, kemampuan dalam hal :


a. Membuat rencana bisnis dengan konsep


Rencana untuk menjalankan bisnis membutuhkan dan memerlukan sarana. Bentuk proposal yang terkonsep setidaknya mengerti analisa SWOT. 

Analisa SWOT adalah salah satu solusinya untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal. 

Berdasarkan  kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknessess), peluang (Opportunity) maupun tantangan/ancaman (Threats). 

Identifikasi kekuatan dengan pembanding kondisi internal dengan kompetitor

Karakteristik dari suatu usaha yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.


b. Menciptakan Visi dan Misi bisnis


Menciptakan visi dan misi juga hal yang menentukan, karena akan memperjelas tujuan. Langkah yang akan di jalankan dalam merealisasikan bisnis

Tujuan dan langkah bisnis yang strukturnya dengan bagus untuk menunjang pengembangan bisnis yang direalisasikan.


c. Penelitian pasar


Setelah menentukan produk, tentukan pula pasar yang potensial. Pastikan memiliki produk yang diminati. 

Dengan keahlian dan pengalaman lakukan juga analisis Break Event Point  (titik impas). 

Menentukan potensi pasar. setelah mengetahui potensi bisnis dan strategi bisnis secara detail.


d. Pemasaran


Dalam hal pemasaran produk adalah hal yang paling vital dalam bisnis sehingga diperlukan strategi yang tepat dan cermat. 

Promosi secara terus menerus harus dipertahankan bila diperlukan ditingkatkan. Dengan strategi pemasaran yang baik maka bisnis akan tumbuh dan berkembang.


e. Membangun Jaringan


Setelah bisnis berjalan maka meningkatkan itensita hubungan kepada para pelanggan juga harus dijaga bahkan lebih meningkat. 

Agar secara dini dan terus menerus misalkan dengan cara wawancara kepada pelanggan. Calon-calon pelanggan dengan meminta tanggapan mereka perihal produk kita. 

Diharapkan mereka merasa diperhatikan dan menjadikan koreksi-koreksi terhadap produk yang kita hasilkan.


f. Membuat Situs


Pembuatan situs atau membuat web adalah hal yang tidak dapat dihindari, Perkembangan teknologi yang begitu cepat. 

Bila tidak antisipasi dan mengikutinya maka akan tertinggal dengan pesaing-pesaing yang sudah mengikuti perkembangan teknologi. 

melalui web sangat dirasakan sangat efisien dan efektif dalam memasarkan produk secara penuh selama 24 jam per harinya. 

Menggunakan Internet (web) dengan jaringan media sosial selain ada yang pra bayar ada pula yang gratis. Promosi untuk pemasaran produk. 

Secara terus-menerus untuk memperluas Networking sangat diperlukan untuk menumbuh dan mengembangkan bisnis. 

Misalkan dengan bergabung dengan komunitas yang terkait dengan produk .


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca " Mencari peluang usaha baru dari lingkungan sekitar " 

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine

Semoga yang telah diulas diatas memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us


Untuk melengkapi pemahaman tentang Mencari peluang usaha baru
silahkan tonton video dibawah ini.


https://www.gankoko.com/2020/06/mencari-peluang-usaha-baru.html
Video - Mencari peluang usaha baru -
Ga Usah Bingung Cari Ide Bisnis.Tonton ini aja!
| Edi Zubaedi

1 comment for "Mencari peluang usaha baru dari lingkungan sekitar"



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.