Thursday, 11 November 2021

Analisa laporan keuangan dengan perbandingan dan tehnik anlisisnya

" Analisa laporan keuangan dengan perbandingan dan teknik analisa, angka yang di bandingkan dengan cara lain dan dinyatakan dengan persentase " 

Rasio yang merupakan suatu angka yang di definisikan pada suatu pola kemudian dibandingkan dengan pola lainnya dan dinyatakan oleh persentase. 

Sementara itu keuangan merupakan suatu hal yang dihubungkan dengan akuntansi. 

Seperti melakukan pengelolaan keuangan serta adanya laporan keuangan yang berpengaruh pada analisis rasio keuangan. 

Jadi analisis rasio keuangan merupakan indeks yang diterapkan dengan adanya angka-angka akuntansi yang saling berhubungan. 

Kemudian diperoleh berdasarkan pembagian angka yang satu dengan lainnya, rasio keuangan merupakan teknis analisa di bidang manajemen keuangan. 

Analisis rasio keuangan dimanfaatkan sebagai alat ukur yang ada pada keuangan suatu perusahaan di masa periode tertentu. 

Cara tersebut dilakukan dengan melakukan perbandingan dua variabel yang diambil dari laporan keuangan perusahaan. 

Dan diletakkan pada kolom neraca atau pun laba rugi laporan perusahaan yang ada.

Teknik analisa laporan keuangan mempunyai tujuan agar data yang disajikan dapat lebih dimengerti. 

Analisa laporan keuangan dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak-pihak yang terkait. 

Teknik analisa yang digunakan dalam analisa laporan keuangan adalah sebagai berikut :

  • Laporan keuangan yang disusun secara baik dan akurat dapat memberikan gambaran keadaan yang nyata mengenai kinerja atau prestasi yang telah dicapai. 
  • Prestasi atau kinerja perusahaan selama kurun waktu tertentu, keadaan inilah yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan. 


Baca juga : Artikel yang terkait 

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine untuk mendapatkan informasi tentang website yang terkait dengan materi bahasan ini yang lebih luas dan lebih lengkap.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan


1. Analisa laporan keuangan dengan perbandingan dan analisis dengan perbandingan


Analisa laporan keuangan dengan perbandingan. Laporan keuangan merupakan informasi yang paling krusial. Krusial untuk mengendalikan suatu perusahaan. 

Namun masih banyak perusahaan yang belum sadar akan pentingnya laporan keuangan.

Standar Akuntansi Keuangan (2002) menyatakan bahwa laporan keuangan meliputi neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan posisi keuangan. 

Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan merupakan bagian integral dari laporan keuangan. 

Di samping itu juga termasuk schedule dan informasi tambahan dalam laporan tersebut. 

Apalagi informasi mengenai kinerja keuangan suatu perusahaan sangat bermanfaat untuk berbagai pihak, seperti :

  • Investor
  • Kreditur
  • Pemerintah
  • Bankers
  • Pihak manajemen sendiri
  • Pihak-pihak lain yang berkepentingan.


Metoda yang dapat digunakan perusahaan dalam melihat dan menilai kinerja keuangan perusahaan adalah analisa laporan keuangan. 

Analisis laporan keuangan dari suatu perusahaan pada dasarnya dapat memberikan informasi tentang tingkat profitabilitas (keuntungan).


a. Dengan perbandingan laporan keuangan


Adalah metode dan teknik analisa dengan cara memperbandingkan laporan keuangan. Perbandingan dengan dua periode atau lebih dengan menunjukkan :

  • Data absolut atau jumlah-jumlah dalam rupiah
  • Kenaikan atau penurunan dalam jumlah rupiah
  • Kenaikan atau penurunan dalam prosentase
  • Perbandingan yang dinyatakan dengan ratio
  • Prosentase dari total


b. Metode analisa Laporan keuangan


Analisa laporan keuangan dengan perbandingan. Analisa dengan metode ini akan dapat diketahui perubahan-perubahan yang terjadi. 

Perubahan mana yang memerlukan penelitian lebih lanjut :

  • Trend atau tendensi posisi kemajuan keuangan perusahaan yang dinyatakan dalam persentase (trend precentage analysis) adalah suatu metode atau teknik analisa untuk mengetahui tendensi dari keadaan keuangan, apakah menunjukkan tendensi tetap, naik atau turun.
  • Laporan dengan presentase perkomponen atau common size statement, adalah suatu metode analisa untuk mengetahui presentase investasi pada masing-masing aktiva terhadap total aktivanya, juga untuk mengetahui struktur permodalannya dan komposisi per ongkosan yang terjadi dihubungkan dengan jumlah penjualan.
  • Analisa sumber dan penggunaan modal kerja adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber- sumber serta penggunaan modal kerja / untuk mengetahui sebab-sebab perubahannya modal kerja dalam periode tertentu.
  • Analisa sumber dan penggunaan kas (cash flow statement analysis), adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab perubahannya jumlah uang kas atau untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan uang kas selama periode tertentu.
  • Analisa ratio adalah suatu metode analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan laba/rugi secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut.
  • Analisa perubahan laba kotor (gross profit analysis) adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab perubahan laba kotor suatu perusahaan dari periode ke periode yang lain atau perubahan laba kotor suatu periode dengan laba yang di budgetkan untuk periode tertentu.
  • Analisa Break-even adalah suatu analisa untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menderita kerugian, tetapi juga belum memperoleh keuntungan. Dengan analisa break even ini juga akan diketahui berbagai tingkat keuntungan atau kerugian untuk berbagai tingkat penjualan.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
" Perubahan pada neraca kemungkinan disebabkan karena "


2. Analisa laporan keuangan dengan perbandingan dan teknik-teknik analisisnya


Analisa laporan keuangan dengan perbandingan. Informasi hal tingkat risiko atau tingkat kesehatan suatu perusahaan. 

Analisis laporan keuangan yang mencakup analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan membantu mengetahui tingkat kinerja keuangan perusahaan. 

Kinerja keuangannya apakah sehat atau sebaliknya. Analisis rasio adalah teknik analisis untuk mengetahui hubungan matematis dari pos-pos tertentu.

Pos-pos tertentu dalam setiap elemen laporan keuangan. Hasil dari perhitungan rasio akan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Diperbandingkan agar dapat diketahui perubahan yang terjadi, apakah mengalami kenaikan atau penurunan.


a. Laporan komparatif


Laporan komparatif membahas perbandingan item-item berbeda.Item-item berbeda dari akun Laba-Rugi dan Neraca dalam dua periode atau lebih. 

Laporan komparatif terpisah disiapkan untuk Akun Laba Rugi sebagai Laporan Penghasilan Komparatif dan untuk Neraca.

Laporan keuangan dapat disajikan dalam bentuk laporan komparatif seperti :

  • Neraca komparatif
  • Perhitungan laporan laba rugi komparatif
  • Laporan komparatif modal kerja
  • Biaya komparatif laporan produksi
  • Dan sejenisnya.


b. Komparasi laporan penghasilan


Tiga informasi penting diperoleh dari komperasi laporan penghasilan. Komparasi laporan penghasilan adalah Laba Kotor, Laba Operasi dan Laba Bersih. 

Perubahan atau peningkatan dalam profitabilitas bisnis dicari tahu selama periode waktu tertentu. 

Jika perubahan atau peningkatan tidak memuaskan, manajemen dapat mengetahui alasannya dan beberapa tindakan korektif dapat diambil.


c. Neraca komparatif


Kondisi keuangan dari operasional bisnis dapat diketahui dengan menyiapkan neraca komparatif. Berbagai item Neraca untuk dua periode yang berbeda digunakan. 

Aset di klasifikasikan sebagai aset lancar dan aset tetap untuk perbandingan. 

Demikian juga, liabilitas diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka pendek, liabilitas jangka panjang, dan kekayaan bersih pemegang saham. 

Kekayaan bersih istilah pemegang saham termasuk Modal Saham Ekuitas, Modal Saham Preferensi, Cadangan dan Surplus atau sejenisnya.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
" Gagal dalam merencanakan sama dengan
merencanakan untuk gagal "


d. Analisis common-size


Analisa laporan keuangan dengan perbandingan. Analisis vertikal dalam informasi keuangan. 

Informasi keuangan diikuti untuk menyiapkan Analisis Common-Size (Persentase Per-Komponen). 

Selain itu, nilai uang dari isi laporan keuangan tidak dipertimbangkan. Namun, hanya persentase yang dipertimbangkan untuk menyiapkan pernyataan persentase per-komponen. 

Total aset atau total liabilitas atau penjualan diambil 100 dan item-item saldo dibandingkan dengan total aset, total liabilitas, atau penjualan dalam bentuk persentase. 

Dengan demikian, analisis common-size menunjukkan hubungan masing-masing komponen dengan keseluruhan. 

Analisis Common-Size yang terpisah disusun untuk akun laba rugi disebut sebagai Common Size Income Statement dan untuk neraca disebut sebagai Common Size Balance Sheet.


e. Analisis tren


Rasio ini adalah untuk menghitung item yang berbeda.Berbeda untuk berbagai periode dapat diketahui dan kemudian dibandingkan dalam analisis keuangan ini. 

Analisis rasio selama beberapa tahun memberikan gambaran apakah ke seluruhan bisnis cenderung naik atau turun. Analisis ini disebut Metode Piramida.


f. Analisis rata-rata


Setelah menghitung analisis tren untuk mengetahui masalah bisnis. Rasio tersebut dibandingkan dengan analisis rata-rata industri. 

Kedua tren ini dapat disajikan pada kertas grafik juga dalam bentuk kurva. 

Presentasi fakta dalam bentuk gambar ini membuat analisis dan perbandingan lebih komprehensif dan mengesankan.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
" Berkepentingan terhadap laporan keuangan "


g. Pernyataan perubahan modal kerja


Tingkat kenaikan atau penurunan modal kerja.Modal kerja diidentifikasi dengan menyiapkan laporan perubahan modal kerja. 

Jumlah modal kerja bersih dihitung dengan mengurangi jumlah kewajiban lancar dari jumlah aset lancar. Analisis ini akan merinci alasan untuk perubahan modal kerja.


h. Analisis aliran dana


Analisis aliran dana berkaitan dengan sumber terperinci.Penerapan dana dari urusan bisnis untuk periode tertentu. 

Ini menunjukkan dari mana dana berasal dan bagaimana mereka digunakan selama periode yang ditinjau. Ini menyoroti perubahan dalam struktur keuangan perusahaan.


i. Analisis arus kas 


Analisis arus kas didasarkan pada pergerakan kas dan saldo bank. 

Dengan kata lain, pergerakan uang tunai dan bukannya pergerakan modal kerja akan dipertimbangkan dalam analisis arus kas. 

Ada dua jenis arus kas. Mereka adalah arus kas aktual dan arus kas rasional.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
" Teknik-tektik analisisnya "


j. Analisis rasio


Analisis rasio adalah upaya mengembangkan hubungan yang bermakna.Bermakna antara item-item individual (atau kelompok item) dalam neraca atau akun laba rugi. 

Analisis rasio tidak hanya berguna bagi pihak internal yang menjadi perhatian bisnis tetapi juga berguna bagi pihak eksternal. 

Analisis rasio menyoroti likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan capital gain.


k. Analisis cost volume profit


Analisis ini mengungkapkan hubungan yang berlaku antara penjualan, biaya, dan laba. Biaya dibagi menjadi dua, yaitu biaya tetap dan biaya variabel. 

Ada hubungan yang konstan antara penjualan dan biaya variabel. Analisis biaya memungkinkan manajemen untuk perencanaan laba yang lebih baik.


Gambar - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
" Bentuk laporan komparatif "


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel " Analisa laporan keuangan dengan perbandingan "

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine 

Semoga artikel ini memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us


Untuk melengkapi pemahaman tentang Analisa laporan keuangan dengan perbandingan, silahkan tonton video dibawah ini.


Video - Analisa laporan keuangan dengan perbandingan -
Analisa Laporan Keuangan Menggunakan
Metode Common Size

No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Mengelola bisnis secara profesional agar dapat kepercayaan

" Mengelola bisnis secara profesional penting untuk kemajuan usaha selain mengharapkan keuntungan semata, secara professional mutlak d...