Pentingnya pembukuan untuk usaha dan untuk mengembangkan usaha - Strategi Bisnis yang Cantik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya pembukuan untuk usaha dan untuk mengembangkan usaha


" Pentingnya pembukuan untuk usaha kecil dan manfaatnya, meskipun yang dilakukan masih relatif sedikit, namun manfaatnya sudah dapat dirasakan "

Kebanyakan orang mencatat pengeluaran hanya di kepala dan ingatan saja. Namun hal ini tidak boleh dilakukan oleh seorang pemilik bisnis. 

Seorang pemilik bisnis yang tidak mencatat biaya yang dikeluarkan pasti akan terkejut dengan apa yang telah dibelanjakannya. 

Banyak biaya yang tidak terduga atau bahkan tidak dibutuhkan keluar begitu saja. 

Maka dari itu, pencatatan dan pembukuan yang dilakukan secara teratur bisa digunakan sebagai kontrol atas pengeluaran tersebut. 

Dengan adanya pencatatan dan pembukuan akan membantu menahan diri untuk tidak menghabiskan uang lebih dari yang dibutuhkan. 

Seperti mengurangi pengeluaran untuk hal yang kurang penting akan memberi pengaruh dan perubahan kecil yang baik. Mengetahui untung atau tidaknya bisnis.


Baca juga : Artikel yang terkait

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine untuk mendapatkan informasi tentang website yang terkait dengan materi bahasan ini yang lebih luas dan lebih lengkap.


https://www.gankoko.com/2021/10/pentingnya-pembukuan-untuk-usaha.html
Gambar - Pentingnya pembukuan untuk usaha


Pentingnya pembukuan untuk usaha. Idealnya pembukuan sederhana untuk usaha kecil dan bisnis sampingan. 

Pembukuan merupakan hal yang penting dan menjadi salah satu penunjang keberhasilan perusahaan. 

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, beberapa hal yang dicatat dalam pembukuan berupa data dan informasi keuangan. 

Informasi meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa. 

Informasi yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut. 

Item yang cukup banyak ini membuat anggapan bahwa pembukuan hanya diperlukan oleh perusahaan besar saja. 

Padahal bisnis kecil juga sangat membutuhkannya karena banyak manfaat pembukuan yang bisa didapat oleh bisnis ini. 

Dilakukan dan dilaksanakan secara benar dan terus menerus. Seiring perkembangan usaha tentu diikuti dengan semakin kompleksnya persoalan yang dihadapi. 

Walau usahanya masih berskala kecil namun pembukuan sederhana hendaknya diutamakan. Karena penting dan manfaatnya maka pembukuan dalam bisnis. 

Pelaku bisnis hendaknya memprioritaskan. Untuk mengadakan dan melaksanakan pembukuan (akuntansi) untuk masa ke depannya dan untuk jangka panjang. 

Banyak pelaku bisnis pemula (bisnis sampingan) tidak menyadari bahwa pencatatan bisnis (akuntansi  keuangan) itu penting. 

Pembukuan sederhana untuk usaha kecil dan bisnis sampingan. Pada umumnya dianggap bahwa akuntansi keuangan merupakan hal yang merepotkan. 

Sehingga akuntansi keuangan hanya di lihat dengan sebelah mata. Penyelenggaraan pembukuan (akuntansi) dapat disesuaikan dengan bisnis yang ada. 

Begitu juga dapat disesuaikan tenaga pelaksananya.


Pentingnya pembukuan untuk usaha dari sisi penting pembukuan


Pentingnya pembukuan untuk usaha. Keuangan pribadi menjadi bercampur baur dengan keuangan usaha. 

Bisnis tidak terlepas dari permasalahan untung dan rugi sehingga dibutuhkan informasi dari pembukuan, serta dapat memantau kinerja keuangan bisnis. 

Laporan pembukuan secara sederhana memuat modal, beban pengeluaran serta pendapatan yang diterima dalam suatu periode akuntansi. 

Dengan laporan pembukuan dapat menghitung seberapa besar keuntungan dengan cepat. Hal ini sering menjadi bingung, mengapa keuangan usaha selalu bocor : 

  • Pusing dengan pencatatan transaksi yang makin bertambah
  • Repot karena masih menggunakan cara manual
  • Mau beli software mahal
  • Mahal-nya biaya pembuatan laporan keuangan bila menyewa tenaga akuntan ahli
  • Kurang dipercaya investor dan sulit mendapatkan aliran modal karena tidak punya laporan keuangan.


Hal-hal utama yang harus menjadi prosedur standar dalam mengelola keuangan bisnis yang baik. Keuangan bisnis yang tidak semestinya standar pada ingatan semata. 

Bagaimana membuat laporan keuangan sederhana yang efektif dan efisien. Bagaimana mengelola keuangan agar dapat dipisahkan dari keuangan pribadi :

  • Pemisahan pengelolaan keuangan pribadi dan usaha
  • Pengelolaan keuangan yang baik dapat menghilangkan salah sasaran dan salah kelola

Bagaimana membuat perencanaan Laba/Rugi yang di dalamnya termasuk perencanaan pendapatan dan biaya.


Pentingnya pembukuan untuk usaha dari sisi manfaat pembukuan


Pentingnya pembukuan untuk usaha. Menjadi seorang karyawan atau pekerja itu artinya memiliki tanggungjawab. 

Tanggungjawab yang harus dilaksanakan sebagai bentuk dari pengabdian. 

Tentu tidak lalu terbebas dari kekurangan finansial bukan ? 

Karena diketahui bahwa kebutuhan selalu saja bertambah dan penghasilan selalu saja tidak dapat menutupinya. 

Barter-nya adalah reward berupa penghasilan. Mengharapkan semata dari penghasilan. 

Tidak heran bila harus mencari alternatif pekerjaan lain sebagai pekerjaan tambahan dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Karyawan yang memiliki bisnis sampingan biasanya memilih untuk berbisnis di berbagai bidang yang disukai. Dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Bisnis sampingan adalah alasan utama untuk menambah penghasilan agar dapat dapat menutupi semua kebutuhan. 

Dirasakan selama menjadi karyawan penghasilan selalu saja tidak dapat mengejar semua kebutuhan. Maka membuka bisnis sampingan adalah solusinya. 

Memiliki penghasilan tambahan. Ada dua keuntungan yang bisa didapat dari seorang karyawan yang juga memilih untuk memiliki penghasilan tambahan :

  • Mengasah keahlian di bidang pekerjaan tambahan.
  • Dapat  belajar untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, Artinya, jika memiliki usaha sampingan.
  • Memiliki penghasilan tambahan tentunya dapat membuka peluang untuk menabung lebih maksimal.
  • Keuntungan dari pajak, hal ini berkaitan dengan skala bisnis bahwa untuk pebisnis yang omzet kurang dari 500 juta per tahun.
  • Maka akan dibebaskan dari pajak, bagi yang ingin memiliki bisnis sampingan sebagai alternatif tambahan pendapatan, tentunya tidak usah memikirkan soal pajak.
  • Untuk permodalan dapat di ajukan pinjaman dari bank, Banyak skum pinjaman dari bank yang dapat di manfaatkan untuk menjalankan bisnis sampingan, Jaminan tentu dari penghasilan sebagai karyawan.
  • Menjadi manajer di bisnis sendiri, adalah suatu kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri menjadi Manajer dan memiliki bisnis sendiri. 
  • Rhitme dan kecepatan melangkah pun sesuai dengan keinginan, kebebasan pengelolaannya sesuai dengan kehendak, memang menjadi berbanding berbalik bila menjadi seorang karyawan.
  • Dapat menambah pengalaman, pengetahuan dan pengalaman  selama bekerja menjadi karyawan dapat menjadikan panglima dalam menjalankan bisnis.
  • Seorang panglima harus dan wajib memiliki strategi dan memiliki pengetahuan yang luas, serta siap lahir dan batin berani bertempur di medan persaingan yang sangat berat.
  • Menjadi panglima selain memiliki strategi juga haru memiliki keberanian serta memiliki pengetahuan yang memadai di bisnis yang di jalankan. 
  • Mau belajar juga hal yang menentukan sukses dalam berbisnis. Setidaknya niat yang kuat, memiliki kemauan yang kuat,  Kemampuan dan keyakinan untuk sukses.
  • Meningkatkan kesejahteraan, seiring bertambahnya penghasilan tentunya kesibukan bertambah kesibukan tanggung jawabnya pun juga bertambah.
  • Seiring bertambahnya kesibukan tentunya diikuti dengan bertambahnya  penghasilan.


Pentingnya pembukuan untuk usaha dari sisi tujuan pembukuan


Pentingnya pembukuan untuk usaha. Tingkat kebutuhan selalu saja naik. Kebutuhan pokok saja (Ketuhan primier) maupun kebutuhan sekunder pun ikut bergerak naik. 

Hal itu menuntut kita untuk berupaya dan terus berjuang lebih keras dalam mendapatkannya berupa penghasilan. 

Selain berikhtiar untuk penghasilan yang cukup tentu saja juga harus memiliki tabungan untuk masa-masa yang akan datang. 

Keberadaan uang sangat penting bahkan uang ini dapat memotivasi untuk dapat berikhtiar dalam kehidupannya. 

Uang yang di dapat selalu saja terkesan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Karena tingginya kebutuhan serta keinginan yang didapat. 

Oleh karena itu hingga diperlukan pengaturan keuangan yang baik. Untuk melatih menjalankan pola hidup hemat. 

Bukanlah hidup yang pas-pasan bahkan Hidup hemat dengan berkecukupan. Bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan bisa didapat. 

Tujuan yang mendasar agar dapat mengelola keuangan dengan baik dengan mengatur keuangan untuk setiap bulannya. 

Berikut ini ada tujuan mengelola keuangan dengan baik :

  • Membuat skala prioritas kebutuhan serta menghilangkan atau setidaknya mengurangi berutang  yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan.
  • Dengan berhemat maka dapat di kontrol setiap pengeluaran.
  • Untuk belajar mendisiplinkan diri untuk hemat diharapkan kebutuhan akan uang dapat di sesuaikan dengan kemampuan.
  • Dengan kata lain bahwa mengelola keuangan yang  baik maka kebutuhan yang bersifat primier dapat terpenuhi serta dapat disesuaikan dengan kemampuan.
  • Mewujudkan dan menjaga kehidupan yang seimbang juga merupakan suatu keharusan yaitu kebutuhan diri sendiri dan keluarga harus di rencanakan dengan detail.
  • Idealnya dengan me-refresh  seperti pergi berlibur, berwisata religi dan kebutuhan Jasmani juga perlu dilakukan.
  • Untuk mengurangi Stres adalah masalah kesehatan yang dapat membahayakan diri sendiri, bila saja sering mengalami Stres yang tinggi dan dapat risiko terkena penyakit, maka mulailah mengelola keuangan dengan baik dari  sekarang.
  • Mengelola keuangan dengan baik  maka akan dapat mengurangi stres, memiliki hutang yang besar.
  • Pinjaman yang belum lunas karena bunga semakin tinggi dan masalah keuangan lainnya yang sekiranya memang memicu penyakit stres ini.
  • Memiliki utang bukan sesuatu yang harus dihindari namun dalam penggunaannya, memiliki utang harus benar-benar menggunakan perhitungan yang masak. 
  • Utang sangat baik dan diperlukan bila penggunaannya untuk mendapatkan manfaat dan dapat menghasilkan yang lebih banyak, misalnya untuk berbisnis.
  • Agar memiliki perencanaan untuk masa depan yang lebih baik, jika dapat hemat dan menjalani hidup dengan lebih ringan tanpa masalah utang.
  • Maka dapat dipastikan bahwa perencanaan masa depan akan jauh lebih baik, itulah tujuan memiliki perencanaan yang detail untuk menghadapi masa depan.
  • Dapat memiliki perlindungan dari kejadian yang tidak terduga, dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian.
  • Siapa tidak dapat memperkirakan apa yang akan dihadapi kemudian hari.
  • Menghadapi segala risiko terburuk yang akan dihadapi maka diperlukan perlindungan untuk diri sendiri beserta keluarga.
  • Dengan mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan yang telah diuraikan di atas maka perlunya memikirkan bagaimana memilih perlindungan yang sesuai, misalnya asuransi atau memilih bentuk perlindungan lainnya.
  • Menghindar dari utang adalah upaya yang harus dilakukan, pada dasarnya keberadaan utang hanya terasa manis di awal dan akan terasa pahit pada akhirnya.
  • Selama utang belum lunas maka akan merasakan beban kewajiban yang harus dipenuhi.


Selama mengangsur utang tentunya ditambah beban bunga. walau pada saat pengajuan telah dihitung dengan masak. 

Bahwa kelak mampu untuk mengangsurnya, namun fakta sering sekali tidak demikian. Keberadaan utang adalah pembuat stress.


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel " Pentingnya pembukuan untuk usaha dan untuk mengembangkan usaha "

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini. Gunakan Google Search Engine

Semoga artikel ini memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us "
 

Untuk melengkapi pemahaman tentang "Pentingnya pembukuan untuk usaha"
tonton video di bawah ini.


https://www.gankoko.com/2021/10/pentingnya-pembukuan-untuk-usaha.html
Video - Pentingnya pembukuan untuk usaha -
Contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran
keuangan menggunakan Excel

Post a Comment for "Pentingnya pembukuan untuk usaha dan untuk mengembangkan usaha"