Saturday, 5 December 2020

Pendapatan dari hasil menulis dan mendapat manfaat lain dari menulis

" Pendapatan dari hasil menulis dan mendapat manfaat lainnya. Internet telah memberi banyak kemudahan untuk mendapatkan penghasilan dari menulis "

Memiliki kemampuan yang baik dalam menulis akan membantu untuk bisa mendapatkan sejumlah uang dari bisnis menulis. 

Banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan secara online. Pekerjaan menulis hanya akan menggunakan pikiran dan pengetahuan yang cukup luas.

Berpulang pada jenis tulisan yang akan dibuat. Pekerjaan menulis berbeda dengan pekerjaan lainnya. Pastikan memang memiliki kemampuan yang baik dalam menulis.

Sekalipun tidak bertemu secara langsung dengan para klien nantinya. 

Apakah sudah siap untuk menghasilkan uang dari penghasilan tambahan yang satu ini..?


Baca juga : Artikel yang terkait

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine untuk mendapatkan informasi website lainnya yang lebih luas dan lengkap tentang bahasan ini


https://www.gankoko.com/2020/12/pendapatan-dari-hasil-menulis.html
Gambar - Pendapatan dari hasil menulis


1. Pendapatan dari hasil menulis sebagai penjual jasa


Pendapatan dari hasil menulis. Selain dari menulis bisa menghasilkan uang, dari menulis juga memberi dampak positif terhadap kesehatan. 

Sebagian orang menulis telah dijadikan kegiatan sebagai penyalur hobi. Dan dapat menjadikan bisnis serta dijadikan tambahan penghasilan. 

Menulis dapat dalam bentuk : cerpen, puisi, novel, cerita anak, naskah buku pelajaran. Skripsi, karya ilmiah, buku umum, skenario, jingle iklan, artikel, dan lain-lain. 

Banyak peluang kerja dan bisnis dari menulis yang bisa di temukan saat ini. Juga bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang. 

Hal ini akan membuat lebih nyaman dan bisa bekerja dengan maksimal. Pastikan bahwa telah menguasai dengan baik bidang menulis yang sekaligus menjadikan bisnis. 

Ini bahkan menjadi tambahan penghasilan yang lebih mudah untuk dilakukan. Mengingat saat ini banyak media yang dapat dimanfaatkan.

Dimanfaatkan untuk memaksimalkan kemampuan yang dalam bidang menulis. Termasuk komitmen yang kuat untuk melakukan pekerjaan menulis sekaligus dijadikan bisnis. 

Pilihlah jenis topik/bidang menulis yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai telah menerima pekerjaan, tidak di kerjakan dan tidak menyelesaikannya dengan baik. 

Sehingga dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Jika sudah siap maka segera mulai dan hasilkan uang dengan bisnis dari menulis. 

Beberapa pilihan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Dari pekerjaan menulis yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Pertimbangkan untuk bisa mendapatkan uang dengan bisnis dari menulis.


a. Menawarkan jasa ketik


Pendapatan dari hasil menulis. Punya kemampuan yang baik dalam mengetik. Bisnis dari pekerjaan ketik bukan penulisan untuk topik tertentu. 

Jasa ketik hanya akan menerima tambahan penghasilan dari bisnis ketik. Walau demikian tetap harus memerhatikan akurasi dalam melakukan pekerjaan ketik itu sendiri. 

Kenapa tidak menawarkan jasa ketik saja..? 

Pahamilah cara melakukan layout yang baik dengan minim typo, dan rapi serta ter-struktur dengan baik. Agar semua hasil ketikan akan sesuai dengan pesanan para klien. 

Klien tentu menginginkan hasil ketik yang maksimal. Mengingat saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa ketik. 

Peluang bisnis untuk bisa mendapatkan uang dari pekerjaan ini terbilang cukup besar. 

Seperti mahasiswa atau pekerja kantoran yang terlalu sibuk untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Pekerjaan atau bisnis ketik juga dapat di lakukan secara online. 

Banyak juga yang membutuhkan uang dari bisnis untuk tambahan penghasilan dari pekerjaan ini secara offline. 

Misalnya mahasiswa dan pelajar yang sedang mengerjakan tugas-tugas mereka. Hasil ketikan bisa dikirim dengan mudah kepada para klien melalui email. 


b. Menjadi penulis captcha


Pendapatan dari hasil menulis. Captcha merupakan sebuah terobosan bisnis. Dibuat sebagai bentuk verifikasi bagi para pengguna internet.

Untuk pekerja ini harus memiliki sambungan internet yang baik. Memadai. bisnis ini akan dilakukan secara online.

Sarana tes ini dibutuhkan untuk memastikan pengguna yang sedang online adalah manusia. 

Bukan robot yang diprogram secara khusus. Caranya dengan mengetikkan serangkaian kode unik. Diminta supaya bisa mengakses situs yang dikunjungi. 

Tambahan penghasilan dari bisnis ini yang dapat dilakukan secara online selama 24 jam. Jika melihat kegunaannya, jelas tes ini wajib dilakukan pengguna internet secara manual. 




c. Menulis sebagai kontributor website


Pendapatan dari hasil menulis. Topik yang dapat dibahas cukup beragam. Seperti kuliner, travelling, pernak-pernik, dan yang lainnya.

Banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic kunjungan. 

Pekerjaan ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dari bisnis ini. Di website dapat menjadi seorang kontributor berbayar untuk setiap konten yang tuliskan di website. 

Jika jeli memilih topik yang banyak diminati. menjadi bisnis dan mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup besar. 

Pilihlah salah satu website yang paling tepat, seperti IDN Times. 


d. Jadi freelancer konten online


Pendapatan dari hasil menulis. Banyak jenis konten yang dibutuhkan sehingga bisa memilih topik tertentu.

Yang memang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan untuk menjadi bisnis. Mendapatkan tambahan penghasilan. 

Selain menjadi contributor dapat juga menjadi freelancer konten online yang dipesan para klien. 

Dapat menemukan banyak klien yang membutuhkan jasa menulis konten. Sehingga memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan uang dari bisnis ini. 

Untuk dapat terhubung dengan para klien, bisa mengunjungi dan mendaftar di website freelancer, seperti freelancer.com atau project.co.id. 


e. Menawarkan jasa data entry


Pendapatan dari hasil menulis. Pekerjaan ini akan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika data yang harus dimasukkan terdiri dari angka. 

Bekerja secara online dan mengandalkan kemampuan menulis juga dapat menerima tambahan penghasilan dari bisnis ini. Dari pekerjaan untuk melakukan data entry. 

Umumnya dari bisnis ini akan menangani data-data penjualan, stok barang, dan yang lainnya. Banyak perusahaan yang membutuhkan layanan ini. 

Untuk dapat menemukan sejumlah klien dengan mudah. Bergabung dengan website pencari kerja online akan memudahkan untuk mendapatkan klien di bidang menulis.


f. Jadi transkriptor atau captioning


Pendapatan dari hasil menulis. Pekerjaan ini mendengarkan sebuah audio. ketikan naskah untuk audio tersebut.

Kata-kata di dalam audio tersebut untuk sebuah naskah. Memiliki kemampuan mendengar yang sangat baik.

Jenis pekerjaan ini termasuk kemampuan untuk menghafal dan menterjemah (jika dibutuhkan). 

Kedua pekerjaan ini pada umumnya dilakukan secara online dan menjadikan bisnis.


2. Pendapatan dari hasil menulis dan cara menulis yang baik


Pendapatan dari hasil menulis. Bagi yang gemari menulis, mungkin sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keseharian. 

Mungkin juga ingin lebih serius dalam menulis dan ingin meningkatkan kemampuan dalam menulis.

Menulis merupakan ruang tidak terbatas untuk menuangkan ide. Mulai dari sekadar status di sosial media, karya-karya puisi atau cerita pendek. 

Penulis membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Tidak ada penulis yang sempurna. Penulis bisa menyempurnakan karyanya dengan menjadi penulis yang lebih baik lagi. 

Namun semua itu sepadan dengan hasilnya dan dapat dijadikan sebagai tambahan penghasilan dari bisnis ini.

Bahkan sampai konten bertema serius di blog untuk menjadi bisnis. Terlepas dari penulis pemula atau professional, beberapa tips untuk menjadi penulis :


a. Sering baca karya penulis ternama


Pendapatan dari hasil menulis. Sering membaca karya penulis. Lebih dulu tenar akan membuat lebih peka dalam menulis nantinya.

Membaca juga bisa menjadi proses meniru karya-karya besar. Sebagai penulis, membaca adalah awal yang baik untuk segalanya. 

Membaca juga bisa membuahkan pandangan atau inspirasi baru untuk menjadi tulisan.


b. Banyak berlatih


Pendapatan dari hasil menulis. Bagai pisau yang perlu diasah agar tetap tajam. Makin sering melatih tulisan akan makin bagus. 

Dan juga akan semakin lepas dalam mengekspresikan pikiran. Begitu juga dalam hal kemampuan menulis. 

Harus dilatih dapat menulis dengan hasil yang lebih baik ke depannya, yang pada saatnya menjadi bisnis.


c. Selalu catat idemu


Pendapatan dari hasil menulis. Ke mana pun pergi bawalah buku catatan. Setiap ada ide yang terlintas di pikiran langsung saja dituliskan. 

Tuliskanlah hal yang menarik, apakah itu bait lagu atau puisi yang membuat semangat. Bisa juga detil visual dari tempat yang dilewati. Manakala tulisan-tulisan dibaca ulang. 

Mungkin saja ada bagian yang memberi inspirasi atau justru dapat langsung menjadi cerita yang sedang digarap. 


d. Ciptakan ritual menulis


Pendapatan dari hasil menulis. Menyisihkan kan waktu khusus dalam sehari untuk menulis tanpa gangguan.

Jadikan kegiatan rutinitas. waktu pagi, siang, atau tengah malam. Pastikan melakukannya setiap hari. 

Agar memiliki konsentrasi dan kesabaran yang cukup untuk menulis Itu semua akan membantu jadi penulis 




e. Tulis saja


Pendapatan dari hasil menulis. Ketika kertas atau layar kosong karena tak tahu apa yang akan ditulis. Jangan tergoda dengan hal-hal yang dapat memecah konsentrasi. 

Tetaplah untuk mulai menulis apapun yang terlintas di pikiran. Ketika sudah memulai, proses yang berikutnya akan jadi lebih mudah. 

Biarkan aja segala ide mengalir, dan kerjakan tanpa berharap jadi sempurna..


f. Hilangkan semua gangguan


Pendapatan dari hasil menulis. Menulis perlu keadaan tenang dan bebas gangguan.

Matikan telepon genggam, TV, bila perlu kunci pintu kamar dan pastikan tak ada yang mengganggu untuk menulis. 

Menulis tidak akan berjalan dengan baik bila ada banyak hal-hal yang dapat mengganggu yang dapat mengalihkan konsentrasi. 


g. Rencanakan apa yang mau kamu tulis, lalu tuangkan


Pendapatan dari hasil menulis. Pada poin 5 di atas adalah untuk memaksa menulis dari kekosongan.

Tak perlu bingung mencari-cari ide untuk tulisan. proses brain storming telah dilakukan lebih awal. 

Merencanakan berarti telah memiliki ide yang akan ditulis. Akan sangat bermanfaat bila akan mulai duduk dan menulis. 


h. Bereksperimen


Pendapatan dari hasil menulis. Mengikuti jejak penulis besar tidak berarti meniru sama persis. 

Mencoba dengan banyak hal yang sejalan untuk menemukan mana yang cocok sama style yang dimiliki. 

Cobalah dengan hal-hal baru, ambillah bagian kecil dari beragam penulis yang disenangi. Atau yang di favorit kan dan bereksperimen dengan gaya menulis sendiri.  


i. Revisi


Pendapatan dari hasil menulis. Ketika sudah berhasil menuangkan ide kedalam teks. Teruslah bereksperimen dan membiarkan semua mengalir apa adanya. 

Perlu juga membaca ulang tulisan yang sudah di buat. Baca ulang semuanya, perbaiki yang keliru, ejaan yang salah, maupun kalimat yang kurang pas dan membingungkan. 

Banyak penulis yang segan melakukan revisi karena itu dianggap menyita waktu. 


j. Buat tulisan yang ringkas


Pendapatan dari hasil menulis. Kalimat sederhana tapi jelas lebih baik dari pada kalimat yang bertele-tele. Buang hal-hal yang tidak penting dan mempertahankan yang esensi. 

Saat merevisi tulisan, sunting ulang kalimat dan paragraf. 


k. Gunakan kalimat yang tepat


Pendapatan dari hasil menulis. Dibutuhkan variasi agar lebih mudah dilakukan pada saat merevisi tulisan. Kemungkinan saat awal belum mendapat ide pada saat draf. 

Setelah kamu bisa membuat kalimat yang lebih ringkas dan esensi. Fokus untuk bikin kalimat yang tepat sasaran pada pembaca, yang menimbulkan kesan kuat dan ber-karakter. 




l. Dapatkan umpan balik


Pendapatan dari hasil menulis. Setelah selesai dengan menulis. Mintalah pendapat dan saran dari orang atau seorang penulis yang dianggap lebih berpengalaman. 

Mintalah umpan balik yang jujur dan cerdas, dengarlah dan pahami setiap kritikan. Karena itulah yang nantinya akan membuat tulisan menjadi cepat berkembang lebih jauh.


m. Buat tulisan agar dapat dibaca khalayak luas


Pendapatan dari hasil menulis. Andai telah memiliki karya maka biarlah tulisan atau karya tersebut dibaca oleh khalayak luas.

Atau diterbitkan sendiri jadi buku atau dapat di posting di blog. Promosikan juga hasil publikasi lewat jejaring sosial biar makin banyak yang baca.


n. Berusaha lebih komunikatif


Pendapatan dari hasil menulis. Terdapat berbagai macam gaya menulis. Ada yang baku dan serius, ada juga yang santai dan seperti orang yang bercakap-cakap. 

Jadi penulis harus komunikatif yaitu mau mengerti dan diterima oleh pembaca tetap perhatikan tata bahasa dan tanda baca.


o. Memberikan kesan yang kuat pada awal dan akhir tulisan


Pendapatan dari hasil menulis. Bagian awal tulisan sebaiknya dapat  “mencuri” perhatian Pembaca. Luangkan sedikit waktu untuk menyusun awal yang bagus. 

Jika bagian awal tulisan tidak menarik bagi pembaca, mereka akan malas membacanya bagian selanjutnya.

Hal itu penting agar mereka tertarik untuk terus membaca sampai selesai. 

Jadi setelah kamu menyelesaikan draf awal, Jangan lupa membuat akhir yang kreatif. Biar pembaca menantikan tulisan selanjutnya. 

Menjadi seorang penulis itu memang tidak dapat secara instan. Semua perlu ber-proses dan lewat proses inilah Penulis dapat berkembang. 

Yang terpenting adalah agar tetap produktif dan terus berkarya.




Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel " Pendapatan dari hasil menulis "

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine

Semoga artikel ini memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us "


Untuk melengkapi pemahaman tentang Pendapatan dari hasil menulis,
silahkan tonton video dibawah ini.


https://www.gankoko.com/2020/12/pendapatan-dari-hasil-menulis.html
Video - Pendapatan dari hasil menulis - 
DIBAYAR Rp 200 RIBU PERTULISAN? CARA DAPAT UANG 
SEBAGAI PENULIS LEPAS | DAPAT UANG DARI INTERNET


No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.