Tuesday, 8 December 2020

Ide kreatif untuk usaha yang modalnya kecil untung besar


Ide kreatif untuk usaha yang modalnya kecil untung besar, hal ini tidaklah mudah butuh perencanaan dan perhitungan matang, agar dapat terwujud “

Jangan tunda lagi, karena setiap detik yang ditunda untuk memulai sesuatu, berarti menundanya untuk lekas terwujud. 

Menciptakan peluang bisnis menjadi suatu dambaan setiap orang yang menginginkan keberhasilan. 

Mengingat saat ini banyak masyarakat yang menciptakan dan membuka usaha di berbagai bidang. Keunikan dapat menjadi nilai jual yang berpotensi menjadi peluang usaha. 

Misalkan memiliki hobi berwisata kuliner atau memasak. Tidak salahnya jika membuka usaha kuliner dengan masakan atau menu yang disukai. 


Baca juga : Artikel yang terkait

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine untuk mendapatkan informasi website lainnya yang lebih luas dan lengkap tentang bahasan ini


https://www.gankoko.com/2020/12/ide-kreatif-untuk-usaha.html
Gambar - Ide kreatif untuk usaha


1. Ide kreatif untuk usaha yang memiliki peluang besar


Ide kreatif untuk usaha. Menciptakan peluang usaha tidaklah mudah. Menciptakan bisnis membutuhkan suatu pertimbangan yang matang. 

Untuk mengetahui apakah peluang tersebut dapat dijalankan dengan baik. 

Peluang usaha bisa didapat dari mana saja entah itu dari meniru ide bisnis lain atau menambahkan kreasi yang berbeda. 

Atau dapat juga muncul secara tiba-tiba dengan berbagai faktor pendukung lainnya. 

Lalu bagaimana cara menciptakan peluang usaha ? 

Dengan adanya dorongan serta persaingan yang sangat ketat banyak inovasi atau ide yang muncul di berbagai jenis usaha. 

Setiap inovasi dapat menciptakan peluang usaha untuk dilakukan secara terus-menerus dikembangkan. 

Beberapa cara untuk menciptakan peluang usaha yang optimal dan bagus.


a. Berdasarkan kebutuhan


Ide kreatif untuk usaha. Menciptakan peluang usaha berdasarkan kebutuhan. Mengingat adanya kemungkinan seseorang yang merasa bahwa kebutuhannya belum terpenuhi. 

Dengan adanya produk atau jasa yang sudah ada. Ketika merasa kebutuhan belum dapat terpenuhi dengan produk atau jasa yang telah ditawarkan oleh pelaku bisnis. 

Cara menciptakan peluang usaha yang pertama adalah dengan berdasarkan kebutuhan. 

Maka tidak ada salahnya untuk mencoba menciptakan produk atau jasa yang berkaitan dengan kebutuhan


b. Berdasarkan kemampuan


Ide kreatif untuk usaha. Dengan memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri dengan memberikan kreasi-kreasi yang unik. 

Cara selanjutnya dalam menciptakan peluang usaha adalah dengan berdasarkan kemampuan. Merintis dan menciptakan peluang usaha berdasarkan kemampuan. 

Usaha yang akan dijalankan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Jika menginginkan adanya karyawan maka sebaiknya berbagi kemampuan agar lebih optimal. 

Menjalankan bisnis tetapi tetap pada pengawasan.


c. Berdasarkan hobi


Ide kreatif untuk usaha. Peluang usaha dari hobi dapat menjadi peluang yang bagus untuk dijalankan. Dengan hobi akan menjadi keunikan tersendiri. 

Banyak para pelaku bisnis yang telah memulai menjalankan bisnis yang mendapatkan ide. Dari hobinya yang mampu mendatangkan keuntungan dan kesuksesan. 

Ketika seseorang mengerjakan apa yang disukai berdasarkan hobi maka akan dengan senang hati mengerjakannya.

Tidak ada salahnya membuka peluang bisnis dari hobi dapat membawa kesuksesan. Karena pelaku bisnisnya pun senang dan nyaman tanpa rasa berat saat mengerjakan.


d. Berdasarkan usaha yang ada


Ide kreatif untuk usaha. Menciptakan peluang usaha berdasarkan usaha yang ada ini adalah menciptakan jenis usaha yang serupa.

Atau dengan usaha yang telah ada tetapi memberi kesan berbeda. Hal ini berkaitan dengan melakukan inovasi dan kreasi.

Ketika ada pelaku bisnis yang membuka usaha yang sama. Maka usaha tersebut dapat ditiru namun dengan varian yang berbeda-beda dengan sentuhan topping yang menarik. 

Sehingga usaha dijalankan dapat lebih menarik perhatian konsumen. Mampu mendorong terjadinya persaingan yang berdampak pada hal positif.


e. Berdasarkan lokasi


Ide kreatif untuk usaha. Menciptakan peluang usaha berdasarkan lokasi ini pun dapat menjadi hal yang menarik. Menjadi peluang bisnis yang bagus. 

Jika lokasinya yang strategis maka akan menjadi poin yang bagus. Menjalankan usaha yang dilakukan. Mengingat lokasi dapat berpengaruh terhadap penjualan.

Bila memiliki lokasi usaha yang dekat dengan sekolah maka dapat di manfaatkan. Dengan membuka usaha fotocopy dan peralatan alat tulis. 

Usaha fotocopy dan peralatan alat tulis akan mendatangkan pembeli yang banyak. Karena lokasi berada di dekat target pasar. 

Peluang usaha yang bagus dapat dijalankan dengan maksimal. 

Memiliki strategi dan tindakan yang maksimal untuk menciptakan peluang :

  • Ciptakan peluang bisnis dari problem yang dihadapi lingkungan sekitar. Dengan begitu Anda memperoleh peluang atau ide bisnis, untuk memberikan solusi bagi mereka.
  • Ciptakan peluang bisnis yang dapat menggeser para pesaing, melengkapi kekurangan produk yang ada dipasaran, dan mampu menghancurkan market leader yang sudah ada. 
  • Setelah mendapatkan beberapa ide atau peluang bisnis, selanjutnya buat daftar peluang tersebut. Pilihlah tiga peluang bisnis yang paling berpotensi untuk diciptakan.
  • Tuliskan peluang-peluang tersebut beserta target waktu yang ditetapkan, pada sebuah kertas besar. 
  • Bila perlu pasang kertas tersebut di tempat-tempat yang sering digunakan, sehingga selalu membacanya. Tambahkan visi dan kata-kata lain yang dapat memotivasi. 
  • Mulailah untuk mengambil keputusan, peluang mana yang di tekuni terlebih dahulu.
  • Kemudian mulailah bergerak, untuk mencari segala informasi yang berhubungan dengan peluang bisnis tersebut. 
  • Jangan pernah takut untuk mencoba, hilangkan rasa ragu dan takut yang ada. Karena hanya akan menghambat kesuksesan.
  • Mulailah menciptakan kesuksesan dari usaha kecil terlebih dahulu. 
  • Dengan kesuksesan kecil, maka akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa takut yang ada.



2. Ide kreatif untuk usaha dan langkah awal untuk mulai


Ide kreatif untuk usaha. Mulailah bergerak sekarang juga jangan di tunda-tunda lagi, Karena setiap detik yang ditunda untuk memulai sesuatu. 

Berarti menundanya untuk lekas terwujud. 

Mulailah bergerak, kapan lagi…? 

Harus ada optimis apa yang ingin dilakukan bahwa rasa optimistis juga merupakan pemicu keyakinan untuk keberhasilan. 

Bila dirasa masih ada kekurangan di sana sini, tapi tidak pernah untuk memulai. Dapat dipastikan tidak akan pernah berjalan. 

Persoalannya adalah bagaimana untuk memulai bergerak. Seperti pepatah, ‘Beginning is Difficult’. Permulaan itu biasanya terasa sangat sulit. 

Bila sudah dimulai untuk bergerak maka semuanya berjalan apa adanya. Pada umumnya untuk memulai bergerak sering kendala. 

Masih adanya kekurangan disana sini, dan dari mana dahulu memulainya. Untuk memulai bergerak dengan ACTION.


A = Action


Action atau tindakan adalah awal dari mau memulai bergerak, mau melakukan ACTION, mau mengambil tindakan untuk mengambil peluang yang ada.

Orang yang kreatif adalah sosok yang tidak suka dengan berdiam diri dan selalu mendahulukan tindakan dalam seharian.


C = Creative


Sosok yang kreatif sering menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang mungkin sebelumnya dianggap biasa atau bahkan mustahil oleh banyak orang. 

Kreativitas sering membuat keberhasilan dan membuat nilai tambah dalam apapun yang di jalankan. Sosok kreatif tidak jarang menghadapi tantangan dan kendala. 

Kendala-kendala tersebut menjadikan tantangan, semakin besar justru memompa semangatnya untuk lebih kreatif.


T = Trust


Trust sebagai prinsip hidupnya. Dalam pengertian ke luar diri, trust berarti tekad untuk memegang kepercayaan Karena sadar. 

Kepercayaan adalah yang harus tetap terjaga dalam diri seseorang. Trust berarti percaya pada dirinya, pada apa yang di-ACTION-kannya.  

Sosok yang kreatif punya rasa percaya diri untuk melakukan ACTION.


I  = Independent


Independent atau kemandirian sering menjadikan diri yang kreatif. Pada umumnya sosok yang kreatif ingin selalu bebas dan selalu ingin mengatur apa yang dilakukannya.

Dilakukan sesuai yang ia mau. Sosok yang kreatif biasanya mandiri dalam bekerja ia mau mewujudkan kreatifitas. 

Walau juga membuatnya sadar akan resiko yang mungkin terjadi, dan ia siap menanggungnya sebab telah memilih.


O = Opportunity


Opportunity atau jeli melihat peluang atau kesempatan adalah ciri seseorang yang kreatif. Sering saja menemukan ide-ide yang bisa menjadi peluang. 

Jeli melihat peluang tersebut bukan saja menghasilkan dan bermanfaat bagi dirinya namun juga untuk banyak orang.


N  = No Quit


Menciptakan bisnis, Sosok yang kreatif  selalu saja menemukan ide-ide baru dan tak pernah menyerah dan tak pernah berhenti untuk ACTION. 

Kegagalan tak pernah dianggapnya sebagai kegagalan. Setiap kali gagal dengan cepat ia mencobanya kembali dan ACTION lagi. 

Karena ia yakin bahwa apa yang dilakukannya adalah sesuatu yang telah diyakininya. keberhasilan pasti akan datang. 

Apa Kesuksesan itu tak datang tiba-tiba tapi melalui proses penuh keringat. Dan semuanya itu akan terbayar lunas saat menjadi suatu keberhasilan




a. Bangun motivasi dan bulatkan tekad


Ide kreatif untuk usaha. Menjadi pengusaha memerlukan tekad yang kuat. Untuk menghadapi berbagai kesulitan selama mengembangkan usaha. 

Mengembangkan usaha diperlukan tenaga ekstra dan konsisten (gigih) yang tinggi. Untuk menembus semak belukar dunia usaha yang gelap dan tajam. 

Tekad kuat hanya dapat terbentuk jika sudah terbangun motivasi dan cita-cita yang besar. Karena keinginan untuk keluar tekanan keadaan yang sulit dan memaksa.


b. Tawakal kepada Allah ta’ala


Ide kreatif untuk usaha. Setelah tekad sudah bulat maka tawakal kepada Allah Subhaanahu Wata’aala. Dengan tawakal, pikiran menjadi tenang saat bekerja.

Tidak khawatir akan hal-hal yang belum terjadi. Secara penuh pasrah-kan nasib dan rezeki kepada Allah Ta’ala.


c. Pilih bisnis yang dapat kuasai dengan cepat


Ide kreatif untuk usaha. Memilih bisnis yang ada hubungannya dengan latarbelakang pendidikan.

Yang sesuai dengan hobi atau yang dapat di backup oleh keluarga, teman, dsb. 

Seperti diperbolehkan mengambil barang dagangan lebih dulu dengan hutang dulu. Karena yang punya barang adalah teman sendiri. 

Manfaatkan aset apapun yang dimiliki dan yang dapat dimanfaatkan se-optimal mungkin. Baik aset fisik maupun aset yang tidak terlihat.


d. Tentukan diferensiasi produk


Ide kreatif untuk usaha. Pikirkan produk apa yang sekiranya dapat dijual tanpa banyak persaingan.

Belum ada produk lain dengan merek yang kuat yang terhubung kepada produk tersebut. 

Pelajari apa yang bisa membuat produk atau layanan kita berbeda dengan yang lain. 

Setidaknya produk kita dikemas berbeda dan pada akhirnya di persepsi berbeda oleh pelanggan.




e. Pilih fokus dan bekerjalah secara fokus


Ide kreatif untuk usaha. Jangan asal terima proyek, jangan kembangkan banyak produk untuk satu merek yang sama.

Mengembangkan banyak bisnis sekaligus disaat merintis usaha. Tujuan dari fokus adalah agar kita semakin ahli dan menguasai bidang usaha yang di jalankan. 

Yang pada akhirnya akan terbangun merek yang kuat yang terkait erat dengan satu jenis produk saja di benak pelanggan.


f. Carilah teman atau partner


Ide kreatif untuk usaha. Jangan takut untuk mencari partner atau menggaji karyawan. Jangan berusaha mengerjakan semuanya sendiri.

Masing-masing kita mempunyai kelebihan dan kekurangan. Carilah teman atau karyawan yang dapat menutupi kelemahan dan kekurangan.

Agar terbentuk tim yang kuat dalam segala bidang. takut tidak dapat menggaji karyawan. 

Rezeki mereka telah diatur oleh Allah Subhaanahu Wata’aala, kita hanya sarana saja. 

Justru dengan melibatkan orang lain InsyaAllah rezeki kita akan lebih baik dan lebih barokah daripada bekerja sendirian.


g. Sabar, taqwa dan tawakal


Ide kreatif untuk usaha. Bersabarlah atas segala kesulitan dan kegagalan yang terjadi. Maju terus jangan pernah berputus asa dari Rahmat Allah Ta’ala. 

Dengan bersabar dalam menghadapi kesulitan dan kegagalan akan membuat kita semakin matang dalam berusaha dan semakin terampil. 

Seperti layaknya besi baja yang ditempa oleh pandai besi, dipukul-pukul dengan keras. 

Membakar yang membara, sehingga akhirnya menghasilkan pedang yang indah, kuat dan tajam. 

Ada pepatah mengatakan, tangan di atas lebih baik dari pada tangan dibawah. Iya,saya sepakat dengan itu. 

Artinya lebih baik memberi dibandingkan dengan meminta, namun arti lainnya tidak hanya se-simpel itu.




Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca " Ide kreatif untuk usaha "

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine

Semoga yang telah diulas diatas memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us


Untuk melengkapi pengetahuan tentang Ide kreatif untuk usaha
silahkan tonton video dibawah ini.


https://www.gankoko.com/2020/12/ide-kreatif-untuk-usaha.html
Vidio - Ide kreatif untuk usaha -
11 Peluang Usaha Yang Belum Banyak Pesaingnya

No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.