Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | Bagian 2

Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | bagian 2, media sosial tempat berbagi, berinteraksi dan menjadi peluang yang menguntungkan.

Kebanyakan orang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk berbagi. Berinteraksi dengan pengguna lain, jika media social dapat dimanfaatkan dengan benar. 

Media sosial bisa menjadi peluang bisnis online yang sangat menguntungkan. Media social yang banyak digemari seperti Facebook dan Instagram. 

Media social yang telah banyak digemari adalah Facebook. Medsos ini telah berkembang bisa digunakan untuk jual beli barang dalam bentuk apapun.

Sudah dapat dirasakan perkembangan tehnologi terus mengalami peningkatan adalah dibidang informasi. 

Dengan hanya mengetikkan kata kunci maka akan dengan cepat mendapatkan informasi secara gratis. 

Baca juga : Artikel yang terkait


Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | Bagian 2
Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan


Bisnis hanya dengan menggunakan Gadget, bisnis kekinian


Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | bagian 2. Terinspirasi dengan memiliki Gadget (smartphone). 

Berharap bahwa smartphonenya dapat memberikan keuntungan khususnya untuk dalam bisnis online. 

Bila demikian maka tentukan dan pilihlah bisnis online yang akan dijalankan. Jenis usaha yang paling sesuai dengan kemampuan.

Agar lebih nyaman dan bisa menikmati saat menjalankannya. Terlebih buat yang masih kuliah dan belum kerja secara permanen.

Para pegawai yang memiliki banyak waktu senggang dan ingin memfaatkan waktunya. Untuk dalam bisnis tanpa modal dengan menggunakan smartphone (gadget).


Banyak pekerjaan yang mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan smartphone yang dimiliki sekarang.



1. Membuka toko online


Bisnis menggunakan gadjet. Bila memiliki produk sendiri untuk dijual, maka juallah produk tersebut secara online agar omsetnya dapat meningkat. 

Sangat disayangkan bila produknya memiliki kualitas baik namun hanya dijual dalam lingkup kecil. 

Jangan merasa pesimis karena gaptek (gagap tehnologi) di dunia internet. Mulailah dari sekarang. 

Membuat toko online adalah untuk mempercepat  penjualan serta dapat menghasilkan uang lewat internet.

Bila dirasa sangat merepotkan tentang desain toko online maka dapat menyewa jasa pendesain website toko online profesional. 

Jika tidak memiliki banyak waktu menangani penjualan secara online. Maka cara yang dapat ditempuh adalah dengan menentukan produk apa yang ingin dijual. 

Berjualan di internet/secara online di media sosial akan terkesan profesional karena bisnis berdiri sendiri. 

Atau dapat mempekerjakan orang lain sebagai dropship untuk membantu menjual produk. 

Membuka toko secara online maka jangkauan pasar akan lebih luas mencakup seluruh pelosok dan produk akan lebih cepat dikenal.


2. Jualan di media sosial


Bisnis menggunakan gadjet. Berjualan di Facebook dimulai dari yang bernilai recehan sampai jutaan rupiah. 

Bahkan barang bekaspun misalnya handphone bekas dapat dijual di Facebook. Terlebih bila punya produk sendiri untuk dijual seperti makanan ringan. 

Cobalah tawarkan makanan di Facebook, gunakan kemasan yang menarik agar orang tertarik untuk membeli. Jika tidak punya produk sendiri untuk dijual. 

Maka perlakuannya hampir sama seperti jualan di toko online maupun marketplace. Usahakan mendapatkan supplier yang baik agar dapat berjualan. 

Tidak semua barang bisa laku keras jika dijual di Facebook dan Instagram. Berjualan di Facebook atau Instagram sudah seperti mall. 

Seolah-olah sedang jalan-jalan terus melihat barang yang menarik. Produk yang cukup laris terjual di facebook seperti ; Busana wanita terbaru, Jaket pria, Tas dan lain-lain. 

Instagram juga merupakan media sosial terbaik yang dapat digunakan untuk berjualan. Barang yang laku di Instagram juga hampir mirip dengan Facebook.


3. Jualan di marketplace


Bisnis menggunakan gadjet. Peluang bisnis online modal kecil yang patut untuk di coba adalah berjualan di marketplace. 

Di marketplace dapat menjual produk sendiri. Selain bertransaksi dengan konsumen. Untuk dapat berjualan di marketplace.

Caranya adalah dengan mendaftarkan dan mengisi profil secara lengkap selanjutnya buat toko. Berarti harus mengurus pengiriman barang sendiri. 

Bagaimana jika anda belum punya modal untuk membuat toko online. Cara untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara seperti toko online. 

Langkah-langkahnya tentu berbeda di masing-masing situs namun pada intinya tetap sama yakni membuka toko. Kini telah bermunculan pasar online.

Diantaranya adalah Lazada, Bukalapak, Shoppe dan seterusnya. Sementara jika menjual produk dari supplier, hanya fokus menjual produk. 

Pilihlah produk yang sekiranya sesuai dengan passion. Untuk pengiriman sudah dikerjakan oleh pihak supplier terkecuali jika sudah memiliki stok sendiri.


4. Menjadi dropship


Bisnis menggunakan gadjet. Peluang bisnis online sebagai seorang dropship. Walaupun tidak mempunyai stock barang, menjadi dropship di marketplace. 

Toko online maupun media sosial. Jangan pernah takut untuk mencoba dan tidak perlu pesimis. 

Butuh usaha ekstra untuk bisa menjaring banyak konsumen. Kenyataannya seorang dropshipper bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. 

Seorang dropship menjual produk secara online tanpa memiliki produk dan modal sama sekali.

Dropship bisa mengambil keuntungan sendiri atas barang yang di jual. Dropship bertugas menjualkan barang milik penyedia barang (supplier) kepada konsumen.



5. Menjadi blogger profesional


Bisnis menggunakan gadjet. Bisnis secara online yang juga sangat menjanjikan, Bisnis online bukan hanya membicarakan tentang jual beli barang secara online. 

Sekarang dengan modal gadget dan koneksi internet sudah dapat mendapatkan informasi. 

Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet dengan membagikan artikel kepada orang lain. Menjadi seorang blogger sebenarnya cukup mudah. 

Blogger merupakan peluang bisnis online tanpa modal. Para blogger biasanya mendapatkan penghasilan dari program PCC (pay per click). 

Modal seorang blogger hanya menulis artikel secara rutin di blog. Penghasilan blogger dari menjual produk, space iklan, afiliasi dan lain-lain. Itulah yang disebut dengan blogger. 

Mereka mendapat bayaran dari membagikan informasi. Platform yang populer dan banyak digunakan di Indonesaia adalah platform blogger dan platform wordpress. 


Penghasilannya masing-masing orang pun bervariasi. Ada yang bisa menghasilkan 1 juta per bulan namun ada juga yang bisa menghasilkan ratusan juta per bulan. 



6. Menjadi youtuber


Bisnis menggunakan gadjet. penghasilan yang diterima seorang youtuber beragam tergantung seberapa banyak orang menonton video yang dibuat. 

Cara mendapatkan bayarannya pun hampir sama seperti blog yakni menggunakan iklan Google adsense. 

Semakin banyak view maka kesempatan meraih puluhan ribu dollar semakin besar. 

Youtuber adalah orang-orang yang bekerja dengan cara membuat konten video yang menarik untuk diunggah disitus berbagi youtube.

Peluang bisnis online lain yang booming dan banyak dibicarakan banyak orang adalah menjadi seorang youtuber. 

Video yang paling laris untuk mendapatkan penghasilan dari youtube antara lain seperti :

  • Video Vlog
  • Video tutorial
  • Video tentang game
  • Video aneh, menarik dan lucu
  • Dan lain-lain

Menjadi youtuber tidak terlalu butuh banyak modal untuk memulai bisnis ini. Jika berminat ingin menjadi seorang youtuber. 

Tinggal kunjungi situs youtube.com dan daftarkan diri dengan membuka akun. Setelah itu unggahlah video secara rutin agar banyak yang menonton. 

Yang terpenting buat video yang menarik dan disukai banyak orang. Jika ingin mengupload video tentang suatu keahlian. 

Harus original sehingga mudah diterima sebagai publiser Google adsense. Jika suka jahil dan bikin kejutan, maka tidak ada salahnya bikin video prank. 

Jika termasuk orang yang pandai bicara dan sangat percaya diri buatlah video vlog


7. Buka kursus online


Bisnis menggunakan gadjet. Di luar negeri kursus secara online sudah sangat populer dan banyak dilakukan. 

Di Indonesia sendiri sudah mulai cukup berkembang. Dengan kursus secara online akan lebih cepat dan akan lebih mendapatkan banyak murid. 

Peluang bisnis online dari keahlian dengan membuka kursus online sangat terbuka. Dan menjanjikan. 

Selain itu proses belajarnya lebih mudah, buatlah materi belajar dengan tulisan atau rekaman video.

Jadikan website sebagai wadah untuk menampung materi pembelajaran. Materi dapat di unggah sesuai dengan kebutuhan materi kursus yang diajarkan.



8. Jasa Desain Grafis


Bisnis menggunakan gadjet. Peluang bisnis online lain yang sedang populer di Indonesia adalah jasa desain grafis. 

Banyak orang mendulang ribuan dollar dari usaha sampingan sebagai desain grafis. Bagi yang sudah memiliki keahlian dalam desain grafis dan memiliki banyak pengalaman.

Mereka sudah jarang mengikuti kompetisi karena sudah sibuk membuat desain grafis untuk klien yang memesan secara langsung. 

Belajarlah tutorial mendesain gambar lewat komputer yang ada di youtube. Jangan merasa takut kalah bersaing karena para peserta lain juga kebanyakan masih tingkat pemula. 

banyak pembelajaran dari youtube bagaimana belajar desain grafis menggunakan photoshop atau Corel. 

Menjual karya dibeberapa situs-situs yang memang mewadahi. Orang-orang yang ingin menjual desain grafis seperti 99disegns(luar negeri) dan Sribu (dalam negeri).

Semua member yang terdaftar di situs bisa ikut berkompetisi. Sampai salah satu diantaranya menjadi pemenang. 

Misalnya seperti di 99disegnDisana bisa ikut kompetisi desain grafis dengan hadiah mulai dari ratusan hingga ribuan dollar tergantung klien yang memesannya.


9. Menjual foto di internet


Bisnis menggunakan gadjet. Peluang bisnis online dengan menjual foto cukup besar. 

Apakah anda seorang yang hobi fotografi dan suka menjelajah untuk memotret segala hal. 

Foto-foto yang disimpan di laptop dapat di jual secara online. Siapa tahu ada yang berminat terhadap foto-foto tersebut.

Jika foto-foto yang digunakan keperluan komersil maka mereka harus membeli lisensi foto tersebut. 

Hal ini mengingat tidak sembarang orang bisa menggunakan foto di internet secara cuma-cuma. Pada umumnya dari mereka yang sering membeli foto.

Para pemilik situs yang digunakan untuk melengkapi artikel mereka. Mencontoh foto yang ada.

Di galeri kedua situs diatas sebagai bahan atau inspirasi dalam memotret sebuah obyek sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.

Situs-situs yang dapat di kunjungi sebagai situs penyedia jual beli foto antara lain Shutter Stock dan iStockPhoto.



Baca juga : Keberhasilan bisnis - Faktor Kegagalan | Bagian 2


Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | Bagian 2
Bisnis menggunakan gadjet – peluang bisnis online yang sangat menguntungkan



10. Menjadi penulis lepas


Bisnis menggunakan gadjet. Memiliki hobi menulis namun  tidak mau repot dengan mengurus blog. 

Masih ada peluang bisnis online lain yaitu menjadi penulis lepas. Ciptakan hobi menulis untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Peluang ini dapat dilihat disitus-situs yang menerima jasa penulisan artikel seperti situs Babe, Nulis.co.id dan masih banyak lagi. 

Situs-situs tersebut berani membayar tinggi jika memang tulisannya menarik dan berbobot. Selain situs-situs diatas.

Beberapa blog yang sudah punya nama besar dan ramai pengunjung juga banyak yang menggunakan jasa penulis lepas. 

Jika berminat ingin menekuni bisnis ini, maka belajarlah untuk mebuat konten yang menarik. Saat ini menjadi penulis lepas banyak digemari.

Bila seorang pekerja kantoran maka bisnis ini bisa jadi pekerjaan sampingan. Awali dengan menggunakan media sosial sebagai ajang promosi. 

Bergabunglah di grup yang memang membahas tentang blog. Banyak para blogger yang membutuhkan jasa penulis lepas. 

Masalah harga bisa tentukan dinegoisasikan. Tarif Untuk artikel bahasa Indonesia berbeda dengan artikel bahasa inggris tentunya memiliki tarif yang lebih mahal. 

Berikan review tulisan yang berkualitas agar dapat member keyakinan pelanggan.

Untuk memperbanyak pelanggan baiknya membuat website/blog sendiri dengan tema menerima jasa penulisan artikel.



11. Bisnis afiliasi


Bisnis menggunakan gadjet. Bisnis ini memang belum populer khususnya di indonesia. 

Namun, diluar negeri, afiliasi sudah populer dijalankan dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet. 

Bisnis afiliasi dapat menjadi alternatif peluang bisnis online lainnya. Jika tidak berkenan menggunakan jasa periklanan di website dan malas untuk mengurus toko online. 

Selanjutnya anda mendaftar ke pihak yang membutuhkan jasa afiliasi. Setelah diterima maka pemilik jasa akan memberikan sebuah kode yang harus di sematkan di blog.

Cara kerja bisnis ini cukup simple, sebelum melakukan bisnis afiliasi harus terlebih dahulu memiliki blog dengan pengunjung yang cukup banyak. 

Penghasilan yang akan didapat dari komisi jika ada orang yang membeli. Mereka memberikan nomer kode yang ada di blog.

perusahaan yang menawarkan program afiliasi adalah :

  • Ratakan.com dengan komisi hingga 75%
  • AsianBrian.com dengan komisi hingga 25%
  • Nusantara Host.co.id dengan komisi hingga 70%


12. Menjual ebook


Bisnis menggunakan gadjet. Umumnya memiliki karya dalam bentuk tulisan berharap tulisannya diterima penerbit sehingga bisa dijual dalam bentuk buku. 

Tentu saja menginginkan dapat penghasilan dengan karya sendiri. Untuk dapat diterima oleh para penerbit tentu butuh perjuangan keras karena harus bersaing dengan banyak orang. 

Jika ingin menjualnya secara mandiri. maka solusinya adalah dengan menjual tulisan dalam bentuk ebook.

Buku digital. karya tersebut dapat dipasarkan melalui beberapa situs seperti nulisbuku.com untuk Indonesia dan kdp.amazon.com. 

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah membuat website. Dengan memulainya dengan menulis blog terlebih dahulu. 

Bila blog telah ramai pengunjung maka saatnya mulai memperkenalkan ebook. Menggunakan strategi awal agar dapat memberikan ebook gratis terlebih dahulu. 

Bila ada yang berminat maka barulah menjual ebook secara komersil.

Blog yang membahas tentang keuangan maka ebook yang akan di jual juga membahas hal yang sama yaitu hal keuangan.


13. Jasa konsultasi oline


Bisnis menggunakan gadjet. Dan kebanyakan bisnis yang dijalankan secara online tidak membutuhkan biaya yang besar dan bisa dikerjakan. 

Bisnis online berpeluang untuk menambah penghasilan. Sebenarnya masih banyak bisnis online yang bisa dijalankan.

Namun semua terpulang pada minat dan keahlian yang dimiliki. Sambil membuka jasa konsultasi secara offline. 

Tidak ada salahnya mencoba untuk mengembangkan usaha lainnya via online. Menjadi seorang konsultasi dunia maya pun dapat dijalankan via online.

Memberikan materi konsultasi pada klien. Bisa memanfaatkan aplikasi telegram, whatsapp dan skype untuk video call. 

Agar mempermudah berkonsultasi dan akan lebih cepat dimengerti oleh para klien. Aktiflah di media sosial sebagai ajang promosi.


14. Menjual plugin dan templete blog


Bisnis menggunakan gadjet. Baik plugin dan tema blog memang ada yang gratisan, Plugin maupun templete blog adalah salah satu alat untuk menunjang kesuksesan. 

Dalam mengembangkan sebuah website. tidak akan terlalu puas dengan kinerja yang tidak berbayar. 

Plugin bisa membuat kinerja blog anda lebih optimal sementara templete yang bagus. Akan membuat blog anda lebih seo friendly dan disukai para pengunjung. 

 Menjual plugin dan templet blog dapat menjadi peluang bisnis online modal kecil yang menguntungkan.


15. Jasa web development


Bisnis menggunakan gadjet. Semakin banyak orang yang ingin berbisnis via online. 

Namun tidak tahu atau malas dalam membuat website. bisnis jasa web development begitu sangat menjanjikan

Peluang bisnis online terbaru yang semakin berkembang pesat akhir-akhir ini adalah jasa pembuatan website atau Web Development. 

Banyak yang lebih memilih menyewa jasa pembuatan website. Jasa pembuatan website juga dapat ditawarkan kepada orang-orang yang ingin buka toko online. 

Penghasilan yang dapat diperoleh tergantung perjanjian diantara mereka. Jasa pembuatan website banyak diperlukan oleh perusahaan, lembaga dan instansi. 

Stategi promosi lain yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial. Dengan bergabung ke grup yang berhubungan dengan blog atau toko online. 

Mempermudah bertemu pelanggan masuk ke beberapa situs seperti upwork.com, projects.co.id atau sribulancer.com.




Sebagai penutup bagian artikel ini, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | bagian 2.
 

Kembali kebagian 1


Untuk melengkapi pemahaman tentang Bisnis menggunakan gadjet, maka silahkan tonton video dibawah ini. 


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "




7 Aplikasi Menghasilkan Uang Modal Smartphone HP






Bisnis menggunakan gadjet – untuk tambahan penghasilan | Bagian 2
Bisnis menggunakan gadjet

Comments

gankoko

Kas Kecil – Pengelolaan yang baik | Bagian 1

Diversifikasi produk - Kapan waktunya yang tepat | Bagian 1

Menghadapi persaingan – strategi yang efektif | Bagian 1

Penyehatan usaha - yang sedang terpuruk | Bagian 1

Keberhasilan berbisnis - Faktor kegagalan | Bagian 1

Strategi bisnis yang cantik

Menciptakan bisnis - peluang usaha baru | Bagian 1

Taktik bisnis - Strategi yang tepat | Bagian 1

Penyusunan anggaran – Penting untuk perusahaan

Studi kelayakan - Penting untuk bisnis | Bagian 1