Monday, November 16, 2020

Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2

Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2 agar jadi lebih efisien, melakukan perbaikan akan lebih baik dari pada tidak sama sekali.


Dengan tingkat persaingan yang ketat, diperlukan strategi bisnis dan taktik yang tepat, dengan membuat perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan.


Untuk mencapai tujuan adalah merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh Pebisnis untuk mencapai tujuan dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar. 


Tujuan yang diharapkan harus diselaraskan dengan strategi dan taktik bisnis yang tepat serta efisien, Usaha yang bangun tidak akan bertahan lama tanpa strategi dan taktik bisnis yang tepat serta terencana dengan baik dan tepat sasaran. 


Baca juga : Artikel yang terkait


Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2
Menentukan strategi dan taktik bisnis 2 yang tepat



Strategi dan taktik bisnis dalam pelaksanaanya


Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2. Cara menjadi Pebisnis yang sukses seperti yang telah diuraikan diatas bahwa mampu dan mencapai sukses. 


Untuk mencapai sukses harus memiliki Niat, Kemauan, Kemampuan dan keyakinan yang kuat,  selain harus memiliki unsur permodalan. Kesukses adalah suatu keniscayaan, dan merupakan tantangan yang harus dihadapi bukan untuk dihindari. 


Diera ini unsur permodalan sudah tidak lagi menjadi peran yang paling utama. Pentingnya strategi dalam bisnis dalam pelaksanaannya. Presepsi yang orang atau masyarakat bahwa hambatan/penghalang dalam bisnis adalah Permodalan. 


Peranan utama dari modal atau perlunya banyak uang dalam memulai sebuah usaha, presepsi tersebut tidak sepenuhnya salah. Pergeseran ini diakibatkan oleh perkembangan tehnologi. 


Yang awalnya sulit dan berat kini menjadi mudah dan ini terpulang kepada pelakunya :


1. Strategi bisnis untuk memulai


Awal membuka bisnis biasanya banyak hal yang ingin dipasarkan dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih dengan cepat. Padahal semua butuh proses dan tidak ada yang instan. 


Untuk itu, saat memulai bisnis usahakan fokus terhadap satu produk saja yang ingin dipasarkan. Jika produk yang pertama laris dipasaran, boleh mencoba memasarkan produk berikutnya dengan harapan mendapat hasil yang sama seperti sebelumnya.



a. Menetapkan Ide atau Jenis Usaha


Menetapkan ide adalah merupakan hal yang penting dan wajib dimiliki maka hendaknya disesuaikan dengan keahlian dan hal yang diminati.



b. Tentukan Tujuan, Visi beserta Misi


Memiliki tujuan yang konkrit dan memiliki visi serta misi yang jelas juga merupakan hal wajib. Karena wajib sehinga menjadi sangat penting untuk menjalakan bisnis. Dengan demikian akan menjadi focus dan tepat sasaran.



c. Lakukan Survei Tingkat Persaingan


Setelah memiliki ke dua point diata maka perlu melakukan survey pasar, survey tersebut menyangkut produk dan kompetiter yang ada di pasaran. Sehingga dapat memetakan dan dapat menentukan strateginya dan untuk mulai masuk kedalam persaingan pasar.



d. Penentuan Lokasi


Menentukan lokasi bisnis sangat penting karena dapat menetukan keberhasilan atau kegagalan dalam memasarkan produk. Selain itu perlu juga dipertimbangkan kemampuan dalan hal pendanaannya serta unsur-unsur kepraktisan dan ke ekonomisannya.



e. Perhatikan Perilaku dari Konsumen


Survey perilaku konsuman menjadi penting mengingat produk yang ingin memasuki pasar harus benar-benar memperhatikan dan memperhitungkan.


Apakah produk yang akan dipasarkan diminati oleh masyarakat dan diperlukan. Sehingga ketertarikan konsumen terhadap produk yang dipasarkan menjadi hal yang menarik.



f. Take An Action


Setelah memahami dan yakini maka langkah selanjutnya adalah  “ambil Tindakan” sekarang juga, jangan lagi di tunda-tunda. Memulai membangun bisnis dengan mempersiapkan semua hal-hal yang diperlukan dan di butuhkan dengan sebaik-baiknya.



g. Persiapan


Melakukan persiapan yang focus dan matang adalah penentu keberhasilan dalam dalam bisnis. Persiapan yang matang serta focus adalah suatu keharusan.


Strategi bisnis, kesiapan alat, serangkaian proses produksi hingga perhitungan-perhitungannya serta keperluan dalam hal permodalan.



h. Terus Melakukan Pemantauan dan Belajar


Dengan memahami dan menguasai seluk beluk dalam bisnis, secara terus menerus belajar juga suatu keharusan. Diera ini dimana perkembangan tehnologi begitu cepatnya berkembang yang menuntut kita agar terus menerus untuk belajar.



i. Tunjukan Keunikan


Keunikan produk yang ingin dipasarkan adalah hal yang penting. Perbedaan-perbedaan produk yang ingin dipasarkan adalah suatu keunggulan karena tidak meniru produk yang sudah ada. Perbedaan-perbedaan dalam hal harga, kualitas dan pelayanan.



k. Promosi


Seperti yang telah di kupas  di awal artikel ini, bahwa networking adalah kunci sukses dalam dalam bisnis. Melakukan promosi secara optimal dengan memanfaatkan berbagai media.


Untuk melakukan promosi langsung. Upayakan promosi dengan biaya serendah-rendahnya, karena banyak sekali diluar sana pilihan-pilihan.



l. Siap menghadapi Kegagalan


Pengalaman telah banyak member pelajaran bahan tak selamanya dalam bisnis itu selalu berjalan lancar dan sukses. Walau telah berkorban dan berjuang dengan segala upaya.


Keberuntungan yang belum juga berpihak, tetap bersemangat adalah solusi yang jangan pernah takut gagal.



2. Mengelola keuangan bisnis


Kelola keuangan dalam dalam bisnis adalah suatu hal penting yang harus dipikirkan pada saat ingin memulai bisnis maupun menjalankan dan mengembangkan bisnis.


Banyak pebisnis di luar sana yang mengalami kerugian hanya karena tidak mampu mengelola keuangan bisnis dengan baik.



a. Menentukan Persentase dalam Pengelolaan Keuangan


Memanage keuangan bisnis dengan baik, hal penting. Sehinga perlu dilakukan dan menentukan berapa jumlah yang ingin di investasikan dan yang akan dialokasikan untuk operasional bisnis.


Berapa persen target laba yang ingin dicapai, berapa persen uang untuk cadangan kas bisnis, serta berapa persen uang untuk pengembangan bisnis.



b. Bernegosiasi Sebelum Menandatangani Kontrak


Sebelum bernegosiasi sebaiknya perdalam dan gali semua informasi sehingga  menjadi punya daya tawaran yang bagus. Pembelian-pembelian dari vendor atau kontrak dengan supplier, upayakan bernegosiasi dengan supplier kesepakatan yang lebih menguntungkan.


Memahami dan memeriksa syarat pembelian seperti denda dan masa tenggang saat membuat keputusan. Upayakan mendapatkan penawaran terbaik dan menguntungkan sehingga lebih menghemat dan menjaga kestabilan keuangan bisnis.



c. Melakan Putaraukn Pada Kas


Jangan hanya berpusat dan focus pada keuntungan, mengelola keuangan bisnis juga bagaimana mengelola utang, piutang, hingga persediaan, tidak sedikit. Pelaku bisnis mengalami kesulitan kas meski catatan akuntansi mereka menunjukkan angka yang baik. 


Hal yang krusial adalah bagaimana cara mengelola arus kas (cash flow) bisnis. Mengelola arus kas hendaknya secara terus-menerus menjadi perhatian secara penuh agar setiap waktu dapat  mendeksi dan mengatasinya.



d. Membayar Tagihan Tepat Waktu


Dengan pengelolaan arus kas secara baik maka tagihan-tagihan yang segera jatuh waktu akan dapat terinformasi didalamnya. Sehingga untuk membayar semua tagihan bisnis.


Tagihan bisnis yang jatuh waktu dapat dipersiapkan sebelumnya. Dengan kesiapan  ini dapat menghindari keterlambatan pembayaran biaya dapat menjaga keuangan bisnis dengan baik.



e. Mengurangi Risiko Utang


Utang dalam bisnis sangat sulit untuk dihindari walau telah memaksimalkan pengelolaan Arus kas. Karena dalam bisnis banyak hal-hal yang diluar kemampuan dan sulit untuk diprediksikan. Walau demikian upaya untuk tetap mengurangi timbulnya utang. 


Kehati hatian dalam membuat hutang juga suatu keharusan. Yang perlu diwaspadai adalah dengan bertambahnya hutang. Atau beban cicilan utang dalam kondisi keuangan yang kurang baik hanya akan memperburuk keadaan bisnis.



f. Merencanakan Pengembangan Bisnis


Menikmati keuntungan dari buah keberhasilan  atas kerja yang optimal  adalah suatu kebahagian tersendiri karena hasil yang diperoleh dari hasil keras.


Namun demikian harus juga menyisihkannya sebagian keuntungan untuk pengembangan usaha agar dapat dirasakan perkembangan bisnisnya.



h. Membuat Pembukuan Keuangan


Mengelolaan keuangan atau pembukuan juga wajib diselenggarakan. Agar dapat segera mengetahui posisi keuangan bisnis pada saat itu atau pada saat periode tertentu. Semakin lengkap catatan atau pembukuan bisnis akan menjadi lebih baik. 


Serta mempermudah untuk mengevaluasi perjalanan bisnis yang Di kelola. Terselenggaranya pembukuan maka informasi yang diperlukan akan segera dapat memenuhinya. Begitu juga sangat membantu dalam pengawasan dan mengontrol semua transaksi yang ada.


Memiliki pembukuan atau akuntansi yang baik  akan lebih membantu membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan realtime, hal yang terpenting dari pengelolaan keuangan yang baik.


Agar terhindar atau setidaknya meminimalisir risiko yang berpotensi merugikan bisnis sehingga Pentingnya strategi bisnis dalam pelaksanaannya.





Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2
Strategi dan taktik bisnis untuk memenangkan persaingan bisnis


Strategi dan taktik bisnis berdasarkan Laporan keuangan


Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2. Dengan terselenggaraannya pembukuan atau akuntansi maka semua laporan tentang keuangan bisnis dapat terinformasi dengan akurat dan actual. 

Karena begitu pentingnya laporan keuangan maka pelaku bisnis harus dan wajib menyelenggarakan pembukuan atau akuntansi. Dengan terselenggaranya akuntansi dengan baik dan benar. Dimana dalam akuntansi dapat memberikan informasi. 

Informasi tentang kekayaan, hutang, modal dan keuntungan dapat pada saat diperlukan atau pada saat tertentu secara akurat dan actual. Maka pemilik bisnis mudah mengambil keputusan dengan segera karena telah didukung dengan informasi yang akurat.


1. Evaluasi Bisnis


Dengan menerapkan strategi bisnis dalam berbisnis, maka strategi bisnis tersebut dalam perjalanannya harus dievaluasi.


Mengapa demikian...?


Pentingnya strategi berbisnis dalam pelaksanaannya. Merupakan faktor-faktor kunci eksternal dan internal sering berubah dengan cepat dan drastis. Keberhasilan hari ini tidak menjamin keberhasilan di akan datang.


Melakukan evaluasi pun makin rumit dan tidak mudah. Semakin kompleksnya masalah lingkungan bisnis maka akan semakin sulitnya memprediksi masa depan dengan tepat. Strategi untuk mengevaluasi strategi bisnis meliputi :


  •  Konsistensi   :  Sasaran dan kebijakan saling konsisten.
  •  Kesesuaian   :  Mudah menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan.
  •  Keunggulan  :  Memberikan keunggulan kompetitif.
  •  Kelayakan    :  Memungkinkan dengan sumber daya yang ada.


2. Evaluasi Konsistensi


Strategi atau kebijakan tidak boleh saling bertentangan antara sasaran dan kebijakan.Untuk mengevaluasi konsistensi dari strategi. Apakah operasi internal bisnis (misal: pembelian, operasi, pemasaran, penjualan dan pelayanan).

Serta proses alokasi sumber daya konsisten satu sama lain ?

Apakah operasi internal bisnis konsisten dengan sasaran bisnis dan ekonomi pasar ?



3. Evaluasi Kesesuaian


Strategi bisnis harus menyesuaikan dan mengadaptasikan bisnis terhadap lingkungannya. Atau baik lingkungan pasarnya maupun lingkungan non-pasarnya yang lebih luas.


Untuk mengevaluasi kesesuaian strategi sekarang dengan lingkungan pasarnya. Evaluasi atas mengapa bisnis berada dalam bentuknya sekarang :


  • Siapa dan di mana pelanggan dan potensial pelanggan kita ?
  • Berapa pelanggan yang ada ?
  • Adakah kendala penyesuaian bisnis ?
  • Apa kekuatan ekonomi pokok yang bekerja di pasar kita ?
  • Bagaimana unit bisnis menciptakan nilai ekonomis ?
  • Apa pedoman nilai ciptaannya ?
  • Apa pemicu kesediaan konsumen untuk membayar ?
  • Apa pemicu biaya ?
  • Apa perbedaan segmen pelanggan yang di layani ?
  • Apa pemicu manfaat dan biaya dalam tiap segmen ?
  • Aktivitas mana yang menciptakan uang untuk bisnis ?

Evaluasi kesesuaian adalah penting karena kerap tidak dalam jangkauan pemikiran. Dan tidak dalam prioritas sebab pada umumnya terfokus pada kompetitor.


Pentingnya strategi bisnis dalam pelaksanaannya dapat mewaspadai ancaman. Ancaman terhadap cara melakukan bisnis yang sudah sering datang dari luar lingkaran dekat pesaing bisnis tersebut.



4. Keunggulan


Suatu strategi bisnis yang baik harus mampu menciptakan dan berkelanjutan dari suatu keunggulan kompetitif. Untuk menilai apakah suatu strategi bisnis mengarah ke suatu keunggulan kompetitif.


Sebuah bisnis dengan keunggulan kompetitif akan selalu menangkap sebagian nilai ekonomis yang ia ciptakan. Strategi dan taktik bisnis yang Cantik dengan Keunggulan Kompetitif



5. Kelayakan


Strategi harus tidak melemahkan sumber daya yang ada pada unit bisnis, evaluasi kelayakan seperti. Apakah bisnis mempunyai akses ke sumber daya finansial yang dibutuhkan.


Untuk menyelesaikan aktivitasnya. Apakah bisnis mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah untuk menjalankan strategi


Apakah bisnis mengintegrasikan dan mengkoordinasikan aktivitas yang berlainan yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi. strategi yang menantang dan mendorong personil dalam bisnis.





Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel, Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2. 

Kembali ke Bagian 1.

Untuk menlengkapi pengetahuan tentang Menentukan strategi dan taktik bisnis maka silahkan tonton video dibawah ini. 

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "






SWOT Analysis untuk menentukan Strategi Bisnis Anda.





Menentukan strategi dan taktik bisnis yang tepat || Bagian 2
Taktik bisnis 2

No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts