Monday, November 2, 2020

Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3


Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3, bila sikap baik sudah diwujudkan dan mengimplementasikan sudah menjadi model.

Hal-hal yang manis tentang tantangan pahit adalah bahwa mereka yang diberi peluang. Tantangan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. menjalankan usaha (bisnis) adalah hal yang sulit. Keberhasilan hidup adalah suatu keniscayaan.


Baca juga : Artikel yang terkait


Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3
Hambatan menjadi peluang 3 || Sikap baik harus diwujudkan dan mengimplementasikan


Kemampuan untuk dapat membalikan hambatan menjadi peluang


Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3Memahami apa yang telah di wujudkan dalam kegiatan sehari-hari. Orang sering menilai bukan hanya sekedar memahami apa yang di yakini. contohnya, datang terlambat dalam suatu kegiatan apapun, hal itu merupakan budaya karet yang kurang baik.


Sekarang coba bagaimana menurut Anda tentang sikap tersebut diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Bila sudah dapat diwujudkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan, maka Anda sudah menjadi seorang model.


Apa yang dimaksud Model ?


Model yang dimaksud adalah, dengan contoh modelnya orang pinter fisika (Einstein) dengan Binaragawan (Ade Rai).


Itulah model.


Einstein itu adalah model dari orang pinter, Sedangkan Ade Rai adalah model dari binaragawan. 


Selanjutnya bagaimana dengan anda ?.

Anda juga bisa menjadi model


Namun model yang dimaksud,  bukan model untuk iklan, menjadi model yang telah diyakini. Lalu bagaimana untuk menjadi model ?



1. Karakter 


Karakter adalah yang berhubungan dengan diri anda, karakter tumbuh sebagai hasil dari kebiasaan, kebiasaan hasil dari perbuatan dan perbuatan adalah hasil pemikiran.


Jika anda ingin memiliki karakter, maka harus dimulai dari pikiran anda sendiri, hal tersebut seVariatif mungkin tentang semua aspek yang dapat menunjang kesuksesan, sehingga dapat melihat dengan mata yang lebih lebar dan lebih luas.


Jangan berfikir ikut-ikutan orang, sesungguhnya anda sendiri tidak yakin, bahkan tidak paham dengan apa yang di lakukan. Apabila hal itu terjadi maka hal itu adalah sesuatu yang semu & tabu.


Lalu bagaimana bisa jadi model ?.


Sesungguhnya karakter dibangun dengan pendekatan yang mengandung unsur :


  • Percaya diri
  • Melebihi rata-rata
  • Punya daya tahan yang tinggi
  • Tidak mudah mengeluh.



2. Kompetensi


Kompetensi hampir sama artinya dengan kemampuan. Sedangkan kompetensi adalah apa yang bisa di lakukan, seperti ungkapan kalimat di bawah ini :


  • Dari pemikiran akan menghasilkan perbuatan
  • Dari perbuatan akan menghasilkan kebiasaan
  • Dari kebiasaan akan menghasilkan karakter 


Kemampuan yang baik adalah sebagai berikut :



a. Manajemen Pribadi. 


Kemampuan mengelola kehidupan, dari merancang tujuan, merubah hambatan menjadi peluang, menghadapi tekanan, mengantisipasi kebutuhan dan bertanggung jawab.



b.  Pemahaman Emosional. 


Kemampuan untuk menyadari emosi yang dirasakan, kemampuan dalam memahami emosi orang lain dan kemampuan mengelola serta bekerja sama dengan orang lain yang memiliki secara emosional.



c. Kemampuan Bersosialisasi. 


Kemampuan untuk mengerti, memahami dan berkomunikasi dengan orang lain. Pastinya selalu berinteraksi dengan orang yang serta melihat keadaan dan kondisi lingkungan dengan cara yang berbeda. 



d. Pengetahuan Teknis. 


Kemampuan dalam keterampilan teknis, seperti menulis, melobi atau keterampilan lainnya yang berhubungan dengan profesi.



e. Kecakapan Intuisi. 


Kemampuan untuk memperoleh pengetahuan baru tanpa harus belajar. Intuisi mengutamakan kecepatan dalam merespon dan keberanian untuk mengambil resiko.



f. Kemampuan Belajar. 


Kemampuan belajar untuk menghadapi suatu kesulitan maupun kemudahan.

Rumus menjadi model sudah di ketahui, yaitu mempunyai karakter dan kompetensi. Sehingga hanya mengaplikasikannya secara praktis di berbagai peluang dan kesempatan yang ada. Suatu bentuk pemikiran untuk menjadi model dari apa yang di yakini. 


Sebab orang sukses bukan hal yang kebetulan, tetapi merupakan rangkaian keputusan yang terus-menerus. Bukan kondisi atau keadaan yang menentukan kualitas hidup seseorang, melainkan kemampuan dalam menghadapi kondisi tersebut. 


Perjalanan panjang menuju sukses bukanlah sekedar memenuhi deadline rutinitas, Solusi terbaiknya adalah kembali pada optimisme yang baik secara pribadi maupun kolektif.


Diharapkan komunitas inilah yang akan dapat menanggung beban masa depan, kelompok secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum.



Baca juga : Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun



Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3
Hambatan menjadi peluang 3 || Keberania dalam melakukan lompatan-lompatan yang masih harus diuji


Cara membalikan hambatan menjadi peluang bagi Pebisnis


Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3, Hal-hal yang manis tentang tantangan pahit, adalah bahwa mereka yang diberi peluang.  Tantangan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. 


Fakta bahwa sukses tidak dapat menghentikan tantangan baru yang akan datang dan akan dapat menyulitkan.Menjadi seorang Pebisnis dan menjalankan usaha (bisnis) adalah hal yang sulit. 


Pebisnis akan mendapatkan saat-saat yang sulit dan tidak tahu kapan dan bagaimana untuk selanjutnya. Jangan biarkan momen-momen itu menjebak dan merusak seluruh kerja keras dalam hidup. Ada beberapa cara untuk mengatasi rintangan itu, berikut :



1. Jangan membuang hal-hal yang telah komit


Tahukah ketika suatu pasangan bertengkar dalam suatu hubungan, lalu membuangnya pasangan, putus adalah mudah. Yang sulit adalah menyelesaikan dan melewatinya dan melanjutkannya dengan bahagia.


Sama halnya dengan bisnis, jangan dibuang ketika hal itu bermasalah atau ada hal-hal yang tidak sejalan seperti yang telah di rencanakan. Berikan komitmen dan bertahan sampai hal-hal tersebut dapat diselesaikan.


Komitmen yang teguh di pasar saat ini sudah terlihat sangat langka. ketika menjadi  pemimpin dan ketika menunjukkan keragu-raguan dan sifat takut terhadap komitmen, maka seluruh tim akan mengikutinya. 


Dengan sedikit waktu dan dengan segala upaya dapat memperbaikinya. Namun, dalam hal apapun, meninggalkannya dengan alasan kesulitan bukanlah solusi.



2. Minta bantuan


Dengan Mendelegasikan otoritas, tanggung jawab dengan bawahan, berkonsultasi, atau merekrut ahli untuk dapat menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi. Pastinya karena membutuhkan bantuan.


Menjadi Pebisnis bukan hal yang kebetulan, untuk melengkapi kekuatan dalam menangani semua masalah sendirian. untuk dapat bantuan dapat memilih sumbernya dari internal untuk membantu atau dapat juga mencari dari eksternal.Jika situasinya menuntut demikian. 


Atau dapat juga meminta bantuan dari anggota keluarga untuk mendukung jika dianggap cocok. Jangan mengambil semuanya dari pundak, bersikaplah adil dan berbagi.



3. Evaluasi ulang rencana


Hal itu harus dievaluasi kembali untuk memastikan tidak akan berakhir dengan kegagalan atau membuat semua yang telah direncakan berantakan, karena tidak dapat disimpan.


Bagus untuk merencanakan sesuatu di depan. Pebisnis memiliki kecenderungan untuk merencanakan dan kemudian bekerja menuju pelaksanaannya. Masalahnya adalah ketika rencana tersebut tidak bekerja pada arah yang benar. 



4. Tanya mengapa


Tantangan akan memberi alasan untuk berusaha lebih keras dan ini mengapa akan menjadi sistem pendukung yang hebat dalam prosesnya. Ketika hampir berhenti karena tantangan, tanyakan pada diri sendiri, mengapa memulainya dari awal. 


hal tersebut akan memberi penjelasan dalam pikiran dan memotivasi untuk dapat menyelesaikan apa yang mulai terlepas dari serangkaian tantangan yang dihadapi. 


Walau dengan beban yang berat membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata



Baca juga : Kiat untuk memiliki bisnis sendiri



Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3
Hambatan menjadi peluang 3 || Saling bantu sesama adalah karakter dan budaya masyarakat Indonesia



Hambatan-hambatan yang sering dialami bagi Pebisnis


Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3,  Perkembangan zaman yang diawali dengan membaca peluang. Peluang tidak akan pernah mati. Pilihan pekerjaan atau peluang bisnis di era sekarang ini semakin variatif.


Sukses tidak akan pernah terlepas dari hambatan dan rintangan yang selalu menghadang dan berhasil dilalui. Jatuh bangun merupakan proses untuk mencapai sukses. Perlu disadari bahwa peluang dan hambatan adalah suatu pasangan yang tak terpisahkan.


Berikut rintangan atau hambatan yang sering timbul :



1. Kurangnya dukungan 


Dalam hal apapun setiap individu membutuhkan dukungan dari individu lainnya, setidaknya mendapatkan dukungan emosional dari orang lain. harapan dari mendapatkan dukungan dari orang lain untuk menghalau rasa frustasi saat menghadapi rintangan / hambatan. 


Carilah mentor atau bergabung dengan kelompok yang selaras dan sejalan, untuk mendapat dukungan dan bantuan setidaknya dalam bentuk support. Support dari pasangan juga dapat membantu dalam mencari solusi.



2. Keinginan untuk melakukan sesuatu yang baik 


Pebisnis lebih cenderung menginginkan semua yang direncananya dapat berjalan sempurna. Hal ini justru sering menimbulkan perasaan tertekan saat bisnisnya tidak berjalan sesuai rencana. 


Di balik bisnis yang baru berdiri, tidak jarang ada sosok pebisnis yang melakukan semuanya sendiri. Ada baiknya untuk tidak terlalu menekan diri sendiri dengan target-target yang mencekik. 


Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Selain meringankan pekerjaan, meminta bantuan dengan orang lain menandakan sudah mengetahui keterbatasannya.



3. Mendapatkan dan mempertahankan model 


Tantangan yang harus dilalui pebisnis adalah mencari model atau brand ambassador. Posisi seorang model dalam dunia bisnis sangat diperlukan dan penting. Semakin menjual model yang dipakai, semakin tinggi permintaan konsumen terhadap produk. 


Seorang model yang ternama selalu memiliki tarif yang cukup tinggi. menghemat pengeluaran dengan meminta pertolongan saudara atau teman untuk mengatasi masalah ini. 


Selain meminimalisir pengeluaran, akan lebih mudah untuk mempertahankan model jika berangkat atau bermula dari saudara atau teman. Hal yang penting dan dapat dilakukan adalah membuat konsep iklan yang menarik. 


Tidak semua iklan membutuhkan model, tetapi sebuah iklan selalu memiliki konsep. Konsep iklan yang menarik mampu menggiring pelanggan untuk menggunakan produk. dengan demikian harus memiliki ide-ide kreatif di saat pengeluaran bisnis mulai meninggi. 



4. Menemukan pelanggan pertama 


Tidaklah mudah untuk membuat konsumen mempercayai produk yang baru buat.  Konsumen selalu mempertanyakan apakah produk cukup enak, memuaskan, atau setidaknya menarik. 


Berapa cara yang bisa di lakukan. yaitu dengan mengatasi hambatan ini dengan memberikan sampel kepada calon konsumen. dapat juga dengan memberikan promo di awal, seperti beli dua gratis satu. 


Promo dan diskon menjadi bagian yang sangat menarik untuk meraup konsumen. Yang terpenting adalah dapat beri kesan pelayanan yang memuaskan. 



5. Ditolak investor 


Membangun kepercayaan konsumen, membuat investor percaya terhadap bisnis adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Terlebih bisnis baru dibangun. Seringnya penolakan demi penolakan dan tak jarang membuat tertekan dan ingin menyerah. 


Kesuksesan menggaet investor juga berangkat dari bagaimana cara meyakinkan mereka. Perlu untuk mengetahui apa yang diinginkan investor, pilihlah investor yang relevan dengan bisnis. Penting untuk memetakan target calon investor beserta karakteristiknya. 


Bagaimana orang lain akan percaya jika menampilkan sesuatu yang tidak meyakinkan. Sehingga butuh sikap percaya diri atas apa yang akan di bangun. 



6. Menyadari langkah yang salah 


Dengan pengorbanan yang besar di lakukan, tak jarang bukan dari hasil yang baik untuk dapat diterima. Di satu sisi merasa bahwa apa yang sudah dijalankan dan harus dipertahankan. 


Di sisi lain disadari bahwa sangat tersiksa dengan keadaan ini. Dalam hal ini tidak perlu dirisaukan, mungkin hanya caranya yang kurang tepat. Ibarat memiliki daging, tidak bisa memotongnya dengan menggunakan pisau roti. 


Daging membutuhkan pisau daging. Roti membutuhkan pisau roti. Sadarilah bahwa cara yang kurang tepat. Lalu cobalah cara lain dalam mengurus bisnis. dalam hal ini bukan berarti gagal, tapi hanya caranya saja yang kurang tepat.



7. Menutup bisnis 


Keputusan untuk menutup bisnis merupakan keputusan yang sangat berat, yang mungkin terjadi pada semua bisnis. Tidak hanya terjadi pada pebisnis pemula. Pebisnis yang sudah mapan pun mungkin bisa mengalaminya.


Keputusan ini merupakan keputusan yang sangat berat untuk diambil, terutama setelah banyaknya pengorbanan yang sudah lakukan, sangat menyakitkan untuk menutup bisnis begitu saja. 


Namun hal ini harus dilakukan jika semua cara yang dicoba nyatanya tidak berhasil.  Menutup bisnis bukan berarti gagal. Mungkin saja ini terjadi karena pilihan bisnis yang kurang tepat.


Setelah menyadari cara membangun bisnis yang kurang tepat, maka dapat mencoba cara lain. setelah berulang kali mencoba dengan cara lain dan ternyata tetap tidak berhasil. sehingga hanya satu-satunya jalan adalah menutup bisnis. 


Baca juga :  Strategi marketing yang digunakan saat ini


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3

 

Silahkan lanjutkan ke bagian 2 ( sebelumnya  ). Untuk melengkapi pengetahuan tentang Hambatan menjadi peluang, maka silahkan tonton video dibawah ini. 


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "



Baca juga :  Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini



Modal 20Ribu Bisa Jadi 15Juta, Peluang Usaha Tanam ini Segera.!









Membalikan hambatan menjadi peluang yang ada didepan mata || Bagian 3
Hambatan menjadi peluang 3


No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts