Monday, November 2, 2020

Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2

Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2, Dropship adalah berjualan secara online menggunakan internet saat ini berkembang. 


Penjualan secara ONLINE dengan bisnis sistem dropship. Dropship dapat juga dilakukan sebagai bisnis rumahan dan bisnis sampingan dengan modal kecil. 


Penjualan secara OFFLINE lebih sederhana hanya saja, untuk menjalankannya membutuhkan modal. Cara offline lebih banyak untuk mendapatkan keuntungan di banding dengan menjalankan sistim dropship. 



Baca juga :  Bisnis online tanpa modal saat ini



Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2
Dropship bisnis 2 || online rumahan terpercaya



Dropship bisnis online terbaru


Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2. Bisnis dropship sebagai bisnis tanpa modal. Untuk memasarkan barang dagangan bisa melaui, toko online, blog pribadi. Sebagai Dropshipper tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman.


Pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Dropship adalah sistem penjualan produk secara online dimana dropshipper tidak harus memiliki modal besar atau produk sendiri. Sistem dropship berbeda dengan sistem Reseller.


Sistem Reseller yang mengharuskan penjual/pengecer. Membeli produk dari supplier/pemilik barang untuk dijadikan barang jualannya dengan menambah keuntungan yang diharapkan.


Media sosial (Facebook, Twitter), lewat aplikasi messenger smartphone (BBM, Whatsapp, dll), dan media lainnya. Nama pengirim pada kemasan/bungkus barang yang dikirim tercantum nama penjual (Dropshipper). 


Jadi kredibilitas sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik. Sistem dropshipping sesungguhnya sederhana. Penjual/pengecer memilih beberapa produk dari supplier yang akan dijual.


Dengan foto produk, foto diupload ke media untuk di promosikan disertai dengan keterangan singkat. Bila terjadi penutupan atau pembelian maka si konsumen mengirimkan uang sesuai dengan harga barang yang telah disetujui.


Sebagai dropship kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang. Dropshipper memberikan informasi barang yang dibeli beserta data konsumen. Supplier setelah menerima pembayaran.


Maka suplier mengemas barang dan mengirimkan barang kepada konsumen atas nama Dropshipper sebagai pengirimnya.



1. Kelebihan Bisnis Dropship


Sebagai Dropshipper (penjual) memasarkan produk milik supplier, dropship melakukan pemasaran baik secara online. Dengan memasarkan bisnis cara online dapat lebih efektif. Bisnis dropship yang terlihat sangat mudah dikerjakan.


Bahkan si suplier dapat menjalankan usahanya dari mana saja, yang penting ada koneksi internet dan gadget yang mendukung.



a. Tanpa Modal Besar


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisnis dropship bisa dijalankan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Sebagai Dropshipper hanya mengeluarkan modal untuk biaya internet. 


Dropship (Pengecer) bisa menjual produk secara online melalui situs media sosial. Seperti Twitter, Facebook, blog gratis, melalui aplikasi messenger smartphone, dan melalui forum-forum jual beli misalnya seperti kaskus.



b. Sangat Praktis


Sebagai dropshipper tidak perlu susah-susah mengurusi proses pengadaan barang, proses pengemasan. Proses pengiriman barang ke konsumen.


Karena semua proses tersebut sudah menjadi tanggungjawab si supplier. Dropshipper tidak perlu pusing dengan proses perencanaan bisnis yang cukup kompleks yang dilakukan oleh supplier.



c. Dapat Dikerjakan Dari Mana Saja


Bisnis dropship bisa kerjakan dari mana saja, asalkan punya koneksi internet dan juga gadget yang memadai.


Dengab email, chating, dan media sosial. untuk berhubungan dengan pihak supplier atau konsumen tetap bisa terjalin dengan baik yang bisa dilakukan secara online.



d. Tidak Ada Biaya Operasional


Bisnis dropship tidak seperti bisnis konvesional yang memerlukan biaya operasional yang cukup besar. Bisnis dropship bisa dijalankan dengan biaya operasional yang sangat kecil, Atau bahkan tanpa biaya operasional. 


Bisnis dropship yang biasa dikeluarkan oleh perusahaan seperti untuk biaya listrik, gaji pegawai, dan biaya sewa tempat. Dropship hanya mengeluarkan biaya yang relatif kecil, seperti biaya koneksi internet dan modem.



2. Kekurangan Bisnis Dropship


Keuntungan yang diperoleh dari reseller umumnya lebih besar dibanding dengan sistem dropship. Hal ini karena selisih harga yang lebih besar, dan di beberapa kondisi menjual barang dengan harga yang ditawarkan.



a. Keuntungan Kecil


Keuntungan yang bisa diambil oleh dropshipper biasanya kecil. Dropshipper bisa saja menaikkan harga jual yang lebih tinggi. Namun sangat beresiko karena akan merusak kepercayaan konsumen.


Dropshipper tidak akan menetapkan harga jual dari harga yang sudah ditetapkan oleh supplier. Bisnis dropship yaitu peluang bisnis online tanpa modal yang dapat di jalankan dari mana saja.



b. Info Stok Barang yang Tidak Up to Date


Bisa saja sebuah produk yang akan dibeli melalui dropshipper ternyata telah habis dan informasinya belum terupdate di website si supplier barang. Info tentang ketersediaan barang tidak bisa diketahui langsung oleh dropshipper karena data tersebut ada pada supplier.



c. Sulit Menjual Barang Yang Belum dikenal


Barang yang kurang dikenal konsumen, umumnya dropshipper kurang bisa menjelaskan. Tentang detail barang tersebut karena memang dia kurang memahami produk tersebut. Hal ini tentunya akan mempengaruhi niat konsumen untuk membeli produk tersebut. 


Dan biasanya memang konsumen tidak jadi membeli barang tersebut. Kebanyakan dropshipper hanya fokus pada pemasaran tanpa mengetahui detail dan spesifikasi barang yang dijual.



d. Mendapat Komplain 


Si pembeli tidak akan komplain pada si supplier tapi ke dropshipper/ pengecer. Setiap kali si pembeli kecewa/tidak puas dengan barang yang dikirim atau proses pengiriman terlambat dari supplier. Maka dropshipperlah yang akan selalu menerima keluhan dari pelanggan. 


Dan ketika hal itu terjadi, tentunya konsumen tersebut akan komplain. Kemungkinan supplier mengirimkan barang yang kualitasnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau proses pengiriman terlambat.



3. Tips Singkat Memilih Supplier Untuk Bisnis Dropship


Bisnis dropship bisa berjalan dengan baik bila dropshipper bekerjasama dengan supplier agar dapat menjamin kualitas pelayanannya.


Dropshipper harus selektif dalam bekerjasama dengan supplier (penyedia barang). Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.


  • Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper. 
  • Ini diperlukan untuk data pengirim barang ke si pembeli, supplier akan menuliskan nama atau toko online si dropshipper di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.
  • Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi pada banyaknya jumlah barang yang dijual.
  • Pilihlah supplier yang mudah dihubungi. 
  • Namun harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untut menerima telepon atau chating, mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya.
  • Pilih supplier yang sudah memiliki sistem yang sudah jelas, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang.
  • Proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen. 


Baca juga : Bisnis online berbiaya murah untuk jadi usaha baru


Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2
Dropship 2 || bisnis online rumahan tanpa modal


Dropship bisnis online tanpa modal


Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2. Bisnis online adalah jenis bisnis yang mnggunakan internet, saat ini internet sedang diminati oleh banyak orang. Bukan saja para pengusaha tapi masyarakat umumpun sangat menenangi. 


Berbagai macam soft ware dan berbagai macam sistem pun diciptakan yang mendukung ide kreatif. Di dalam bisnis di dunia online shop dikenal dengan cara dropship dan reseller. Bisnis secara online dengan sistem dropship tidak perlu modal besar.


Dan menyimpan atau menyediakan stock. barang di gudang untuk dijual. Akan tetapi, pelaku bisnis hanya perlu menyediakan sarana yang dibutuhkan untuk pemasaran produk. Misal melalui sosial media seperti twitter, facebook, ebay dan lain sebagainya.



1. Memilih Supplier yang Tepat


Memilih supplier yang tepat adalah hal yang utama, karena menjalankan bisnis online. Mempertaruhkan brand serta nama baik sebagai dropshipper. Memilih supplier yang tepat adalah untuk menghindari dari penilaian negatif. 


Yang dapat merusak reputasi sesuai penilaian oleh customer bila terjadi dalam penjualan barang. Sesungguhnya menjadi dropshipper memiliki banyak kemudahan, manfaat dan keuntungan yang bisa didapat.


Dropshipper tidak ikut serta dalam pengecekan kualitas barang yang di kirim. Dan juga tidak ikut andil dalam proses pengiriman barangnya. Dropshipper harus siap bila ada keterlambatan serta hambatan pada proses pengiriman barang. 


Dropshiper akan meminta pertanggungjawaban dari supplier atas pemesan barang. Bila produk tidak sesuai dengan harapan costomer. Dropshipper mendapat keluhan dan dapat penilaian negatif dari pihak costomer.


Tentunya semua hal ini jika dropshipper tidak pandai menangani hal-hal seperti ini dan akan menjadi rumit, bahkan bisa berujung ke jalur hokum. Dropshipper harus teliti memilih supplier yang terpercaya dan dapat diandalkan.


Serta sudah terbukti kualitas serta ketepatan rincian produknya. Sehingga dapat terhindar dari penilaian negatif dan  akan merusak reputasi sesuai penilaian oleh customer.


Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu untuk menentukan supplier yang tepat ;


  • Apa saja barang yang disediakan supplier
  • Berapa harganya
  • Apa ada biaya tambahan
  • Bagaimana opsi pembayarannya
  • Sudah berapa lama supplier berkecimpung di bisnis ini
  • Bagaimana dengan pengiriman barang
  • Apakah sudah terbukti bisa supplier dapat ke costomer
  • Apa kemasan bisa dikustomisasi
  • Bagaimana kebijakan pengembalian supplier
  • Bagaimana rating dan ulasan pelanggan supplier di internet (forum, media sosial)



Dropshipper bisa mendapatkan supplier yang sudah memiliki brand terpecaya. Seperti Kaskus, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan bahkan media sosial. Informasi tentan profil supplier bisa didapat dari mesin penelusuran Google


Aktifkan filter “Gold Merchant” di bagian kolom pencari, untuk mendapat supplier yang telah memiliki brand ternama. Dapat juga aktifkan filter “Top Seller” dan “Premium Seller”. Untuk memastikan dan menghindari dari supplier yang tidak jelas rating atau kualitasnya.



2. Kerjasama dengan supplier


Melakukan seleksi yang ketat dan menemukan supplier yang memiliki brand bagus. Sebaiknya supplier diuji terlebih dahulu dengan cara melakukan booking produk. Bila memang telah teruji dan hasil dan prosesnya sesuai yang diharapkan.


Maka dapat menjalin hubungan dengan baik. Ada beberapa supplier yang mewajibkan dropshipper untuk menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan. Sehingga perlu kepastian tentang harga jual barang.


Supplier melakukan hal ini agar para dropshipper tidak merusak harga pasar yang sudah ada. Pada umumnya keuntungan yang bisa didapat oleh dropshipper berkisar 10-20% dari harga jual dari supplier.


Besaran penghasilan dari penjualan terpulang dari kerajinan serta kecerdasan serta memiliki  strategi bisnisnya. Sehingga jangan heran bila melihat kompetitor menjual dengan harga yang luar biasa sehingga menjadi pesaing.



3. Menentukan Brand dan Mengkampanyekan Produk


Untuk dropship yang baru melakukan bisnis ini dan target yang pilih adalah berskala kecil. Hingga menengah, sebaiknya fokus pada satu sektor bisnis saja. Umumnya costomer selalu memilih brand awareness yang bagus. 


Dan dapat secara maksimal membeli layanan kepada costomer atau kepada calon customer. Semakin banyak variasi barang jual, maka akan memiliki lebih banyak kompetitor bisnis. 


Hal ini tentunya dapat  mempersulit dalam memenangkan persaingan bisnis dropship. Sebaiknya berkosentrasi pada layanan kepada costomer serta ketahanan dan kualitas barang yang di jual. Hal ini sangat penting jika Anda ingin menghasilkan loyal-customer. 


Pastikan apakah barang yang dijual mampu bertahan dengan kondisi pengiriman jauh. Dan dengan transportasi seperti yang telah ditawarkan supplier. Hindari menjual barang yang trennya bersifat sementara.


Dan pastikan dan hindari menjual barang yang sifatnya sensitif atau masih belum jelas secara regulasi hukumnya. Setiap negara, termasuk Indonesia pasti punya regulasi hukum terkait pengiriman barang dan lain-lain. 


Harus segera mencari tahu mana yang aman dan yang tidak. Kampanye produk sebaiknya menggunakan gambar yang menarik dani terlihat real-pict. Costomer pada umumnya tergolong smart-buyer, yaitu bersikap lebih rasional dalam berbelanja secara online.


Berikan informasi serta spesifikasi produk yang lengkap, berikut ukuran dan golongan serta warnanya



4. Layanan kepada Customer


Merupakan syarat mutlak menjadi dropshipper dalam memberi layanan yang baik kepada costomer dan bersikap ramah serta tegas. Memberi layanan yang baik serta memberikan penjelasan secara rinci khususnya mengenai barang yang akan dibeli oleh costomer.


Berikan syarat dan ketentuan dalam transaksi bisnis online. Serta mengimbau agar terlebih dahulu untuk membaca rincian tentang produk yang dijual. Bila diperlukan komunikasilah melalui telpon dalam menutup transaksi serta pasca jual tidak ada sengketa.


Perlu juga dilakukan menawarkan ulang tentang transaksi yang belum terrealisir untuk mengingatkan calon customer.


Baca juga : Manfaatnya menulis bagi kesehatan dan jadi penghasilan tambahan


Dropship 2 || bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal


Dropship bisnis online terpercaya


Saat ini di zaman Now lagi dengan cara Belajar Bisnis Online yang sedang viral hingga menjadi inspirasi banyak dan membuka Peluang. Bisnis Online yang bisa dikerjakan hanya dengan modal HP dan kuota internet yang pasti dipunyai. 


Bisnis online dapat dikerjakan dimana saja berada dan juga kapanpun disukai. Peluang bisnis online satu ini adalah peluang bisnis yang paling banyak diminati para pebisnis online. Bisnis online yang dapat dikerjakan seperti ;



1. Dropship, Reseller dan Affiliate


Bisnis online yang paling menjanjikan dan sangat menguntungkan saat ini. Bisnis ini menjadi bisnis yang paling banyak diminati para pebisnis online terutama bagi Pebisnis pemula yang baru mulai belajar bisnis online.


Pertama tanpa modal stok barang dan tanpa harus mengeluarkan uang untuk bisnis. Banyak sudah bisnis online shop yang menyediakan dan melayani dropship seperti ini.


Dalam bisnis online tidak perlu repot mengurusi packing, pengiriman barang dan harus mengurusi jasa pengiriman.



2. Menjual Jasa Menulis atau Membuat Konten Website


Saat ini jasa menulis artikel ini adalah bisnis online yang laris di Indonesia dengan banyaknya blog atau website baru yang bermunculan. Bisnis online ini sangat cocok bagi yang hobi menulis.


Atau membuat artikel sehingga hobi yang dimiliki bukan hanya sekedar hobi namun dapat juga menjadi sumber penghasilan.



3. Membuat Jasa Pembuatan Website atau Blog


Bagi yang pernah mempelajari atau bahkan kuliah bagaimana cara membuat program atau website, ini bisa jadi pilihan bisnis online pertama. Bila sekarang masih bekerja mulailah dengan berbisnis online.


Seperti ini untuk cash cow (Uang tunai sapi) adalah jargon bisnis untuk menghasilkan laba. Laba yang diharapkan tetap jauh melebihi pengeluaran yang diperlukan untuk memulai dan untuk memperoleh penghasilan.



4. Menjadi Makelar Online

Untuk bagi yang mempunyai percaya diri dan memiliki banyak jaringan, channel atau kenalan. Bisnis ini bisa dijadikan untuk memulai bisnis online pertama dengan menjadi makelar online.



5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu di Online

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang mempunyai keahlian tertentu. Atau konsultan dan bahkan expert dibidang konsultan, bisnis ini dapat untuk mulai dengan bisnis ini.



6. Menjadi Seorang Blogger Yang Profesional

Bisnis ini memang harus punya minat kuat dalam menulis, kelebihan dalam nge-blog adalah menulis artikel. Harus mengetahui juga layout atau penempatan yang baik dan bagus untuk sebuah konten.



7. Toko Offline Ga Online

Bagi mereka yang telah memiliki bisnis Offline dapat dijalankan secara online untuk meningkatkan brand dan meningkatkan penjualan. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan atau keuntungan.





Sebagai penutup bab ini, silahkan membuka bab selanjutnya Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 3  

Untuk melengkapi pengetahuan tentang Dropship, maka silahkan tonton video dibawah ini.

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "





Zaman Gini Masih Mau Dropshipping ? 

Cara Sukses Bisnis Dropship








Dropship bisnis online rumahan terpercaya tanpa modal || Bagian 2
Dropship 2





No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts