Monday, November 16, 2020

Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2

Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2Konsep bisnis ini ialah jual makanan menggunakan kedaraan yang telah di modifikasi. 

Konsep bisnis dengan pemesanan makan, pelayanannya dan semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis kuliner. penjualan dilakukan di dalam kendaraan yang telah di desain sedemikian rupa agar dapat menarik minat para konsumen mereka.

Untuk memulai bisnis food truck, perlu adanya konsep yang menarik dan kompetitif, uji kelayakan bisnis dan perencanaan keuangan, serta strategi pemasaran yang solid untuk membangun basis pelanggan. Bila berhasil, model bisnis ini memang sangat menjanjikan.


Baca juga : Artikel yang terkait

Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2
Bisnis food truck 2 || cocok untuk usaha kuliner saat ini



Langkah-langkah untuk Memulai Bisnis Food Truck


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2Munculnya bisnis food truck yang terus berkembang di kota-kota besar di Indonesia. Konsep bisnis food truck sangat menarik dan menjadi pembelajaran cara baru dalam bisnis kuliner.

Perkembangannya  yang cepat, bentuk terobosan dan kreatifitas yang dimunculkan oleh para pebisnisnya, membuat berdecak kagum atas inovasi-inovasi barunya. 

Food truck merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang makanan atau minuman yang semua kegiatan operasionalnya. 
Meliputi penyiapan.atau memasak, penyajian, dan penjualannya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.

Bisnis Food Truck umumnya bisnis kuliner, bisnis yang selalu menarik untuk di cermati, bisnis kuliner yang saat ini telah menjadi trend dalam dunia bisnis. Peluang yang sangat mungkin di wujudkan oleh para pelaku bisnisnya yaitu mendapatkan omzet yang besar serta sangatlah menjanjikan. 
 


1. Langkah Pertama Miliki Mobil atau Truk


Membuka bisnis food truck tentunya harus mempunyai mobil untuk berjualan. Mobil di modifikasi sedemikian rupa hingga sesuai yang di inginkan. 
Modifikasi mobil harus sesuai dengan tema brand dan sesuai dengan yang akan dijual. 


Pilihan mobil yang akan digunakan untuk berjualan, ada dua pilihan, apakah menggunakan mobil baru. Pembeliannya secara kredit (leasing) serta perhitungkan biaya modifikasi. agar saat mengasurnya tidak terasa berat.


Pilihan lain yang menggunakan mobil bekas karena alasan keuangan belum memadai untuk membeli mobil baru. 
Pertimbangkan dengan cermat biaya modifikasinya. Agar jangan sampai modal untuk keperluan lainnya banyak tersedot di biaya modifikasi.



2. Langkah Kedua Buat Rencana Bisnis


Membuat rencana bisnis harus akurat dan realitis. Dalam artian rencana yang disusun harus benar-benar dapat direalisasikan. 
Menyusun rencana bisnis hendaknya sampai perhitungan detail. Rencana bisnis juga di sesuaikan dengan apa yang akan dijual.


Rencana bisnis harus memperhitungkan kebutuhan modal investasi, modal kerjanya, biaya-biaya perijinan, dan cadangan dana untuk menutupi biaya yang tidak terduga.


Di dalam menyusun rencana bisnis buatlah istimasi pendapatan serta rencana manajemen sederhana.


Jika untuk menjalakan bisnis food truck menggunakan kredit (pinjaman Bank), hendaknya diperhitungkan secara akurat.


Besarnya angsuran harus memperhitungkan besarnya keuntungan bisnis. Jangan sampai angsuran pinjaman lebih besar dari hasil keuntungan. 



3. Langkah Ketiga Produk yang akan dijual


Produk yang akan di jual agar laku terjual dan dapat memberi keuntungan besar. Kualitas rasa tetap menjadi penentu apakah bisnis kuliner. 
Apakah yang akan dijual bisa diterima di tengah persaingan yang ketat. 


Konsumen akan menyeleksi apa yang menjadi favorit mereka dari segi rasa. Bisnis food truck rasa haruslah menjadi perhatian utama. Sebaiknya banyak melakukan survey.  Eksperimen dan menambah pengetahuan tentang kuliner.


Untuk mengembangkan produk makanan yang akan jual. Pelayanan juga sangat menentukan agar pembeli merasa senang dan puas. pelayanan juga menjadi salah satu penilaian konsumen. perlakukan dan melayani konsumen dengan baik, ramah, dan tentunya cepat



4. Langkah Keempat Mengelola Anggaran


Mengelola anggaran bisnis harus benar-benar ketat, buatlah anggaran yang realistis dan buatlah sistim prioritas. 
Sehingga dapat menyeleksi pengeluar untuk biaya. Prioritaskan pengeluaran untuk biaya-biaya yang sangat dibutuh dan mendesak. 


Serta menunda pengeluaran-pengeluar yang belum mendesak. Pada prinsipnya mengelola anggaran dalam bisnis adalah memperpendek waktu untuk penerimaan dan memperpanjang waktu untuk pengeluar uang.


Semakin singkat waktu untuk menerima uang masuk akan lebih mengutungkan sedang semakin panjang waktu untuk mengeluarkan uang semakin bagus. 



5. Langkah Kelima Cari Tempat Usaha


Tempat untuk sebelum membuka usaha food truck, hendaknya pertimbangkan tempat untuk lokasi yang strategis dan menjadi prioritas bisnis.


Carilah tempat yang idial untuk menjalankan bisnis food truck, seperti. Dekat tempat orang sering belanja, Festival atau pameran, Area pendidikan, Gedung perkantoran, Tempat olahraga dan rekreasi.



6. Langkah Keenam Urus Lisensi


Agar Bisnis food truck dapat berjalan dan selalu aman sesuai harapan. Maka perlu mengurus lisensi atau surat perizinan tepat di lokasi yang akan dijadikan lapak berjualan. 
Pengurus lisensi bisnis ini lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus lisensi restoran.


Pengurusan perijinan bisnis food truck dengan meminta persetujuan RT/RW setempat dan surat-surat lainya yang diperlukan. Baca uraian diatas mengenai perijinan untuk bisnis food truck.



7. Langkah Ketujuh Beli Asuransi


Dalam menjalankan bisnis food truck tentunya mempekerjakan tenaga kerja berarti wajib hukumnya bagi pemberi kerja dengan membeli asuransi yang sesuai. 
Mendapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja. 


Selain asuransi bagi tenaga kerja, mengasuransi usaha. Misalnya saja asuransi kendaraan (truk). Untuk melindungi aset kendaraan untuk berbisnis. Sebelum bisnis berjalan dan dapat mengembalikan modal yang digunakan sebaiknya lebih berhati-hati mengatur keuangan.





Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2
Bisnis food truck 2 || cocok untuk usaha kuliner saat ini


Tips Sukses untuk membuka Bisnis Food Truck


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2Masyarakat merespon terhadap bisnis Food truck cukup baik. Omzet penjualannya pun berbanding lurus dengan kegiatan operasionalnya 


Bisnis ini lebih flesible dan agresif dalam operasionalnya dibandingkan operasional bisnis kuliner cara konvensonal. Dibawah ini di sampaikan langkah-langkah untuk memulai bisnis food truck :



1. Sebelum terjun ke bisnis food truck


Sebelum terjun untuk memulai bisnis food truck, sebaiknya pelajari terlebih dahulu seluk beluknya bisnis food truck. 
Food truck adalah bisnis kuliner yang seluruh proses penjualan dilakukan di dalam sebuah kendaraan bermotor. 


Mobil yang akan digunakan Bisnis food truck bisa berupa minibus atau truk. Kemudian mobil tersebut dimodifikasi sesuai disain rencana bisnis food truck. Lengkapilah dengan perlengkapan memasak, Dari kompor, gas, penggorengan, dan lain sebagainya.


Sebuah food truck juga harus dilengkapi dengan etalase, papan menu, dan mesin kasir. Karena proses transaksi juga terjadi di atas Mobil. 
akan menjadi lengkap bila disiapkan standing banner di sekeliling food truck untuk bantu menarik perhatian orang. 


Berbisnis food truck sering terkedala dengan ketersediaan listrik dan air bersih. Solusinya adalah harus menyediakan Accu (Battre) dan Galon air untuk kebutuhan memasak dan mencuci bila diperlukan.



2. Memiliki mental Pebisnis


Terjun ke bisnis food truck harus memiliki mental pejuang dalam artian memiliki mental tak kenal menyerah walau hambatan (kendala) memang tidak ringan. 
Menjadi Pebisnis memang harus melalui proses yang panjang. 


Berbinis food truck harus mau menjadi supir, chef, pramusaji, dan cleaning service (all in). Banyak orang ingin pindah jalur ke bisnis ini berharap menjadi bos dengan modal minim. Berbisnis apa pun harus memiliki mental pejuang, yaitu mental pantang menyerah.


Jadi seoprang Pebisnis pastinya memiliki mental pekerja keras dan siap mengerjakan semua yang menjadi tanggung jawabnya. 
Mungkin ada baiknya untuk bekerja pada salah satu food truck milik orang lain. 


Terlebih dahulu supaya mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang operasional sebuah food truck. Setelah bekerja dan memiliki pengalaman yang cukup serta memiliki inspirasi tentang. Inovasi apa yang bisa terapkan pada food truck milik sendiri.



3. Pahami peraturan yang berlaku untuk bisnis food truck


Berbisnis food truck sama halnya dengan bisnis restoran. Harus memperhatikan bagaimana aspek legalitas dari food truck yang ingin di jalankan. 
Bisnis food truck disamakan dengan restoran yang bergerak. Sehingga harus sudah memiliki payung hukumnya sendiri.


Hal yang terpenting dari bisnis food truck di perhatikan adalah masalah perizinan. Baik dari izin untuk membuka usaha hingga izin berjualan di lokasi tertentu. 
Tentunya setiap daerah atau wilayah memiliki aturan-aturan yang berbeda dengan daerah lainnya. 


Bila ingin menjalankan bisnis ini dan masih terkendala atau masih ragu-ragu (bingung). Maka segeralah mencari informasi yang diperlukan. Atau bisa berkonsultasi pada senior-senior yang telah tergabung dalam Asosiasi Food Truck Indonesia.



4. Menentukan mobil yang sesuai dengan bisnis Food truck


Untuk memulai berbisnis food truck terlebih dahulu menentukan mobil sebagai food truck. Untuk berjualan makanan, snack, minuman ringan dan sebagainya. 
Bila saja memiliki modal awal yang cukup sebaiknya menggunakan mobil mobil baru yang sudah dimodifikasi.


Saat ini udah banyak pabrikan karoseri yang menawarkan jasa modifikasi untuk bisnis food truck. 
Bahkan pabrikan otomotif  yang sudah terkenal juga sudah menawarkan kendaraan yang langsung siap pakai untuk bisnis food truck.


Bila bisnis food truck yang dijalankan tidak terlalu variatif dan tidak membutuhkan pengolahan yang rumit. 
Ada baiknya menggunakan food truck berukuran kecil saja cukup. Sebaiknya bila menu yang ingin dijual banyak, maka carilah food truck yang besar.



5. Pilih produk yang jadi andalan


Berbisnis food truck menjadi suatu keharusan memiliki satu jenis hidangan yang menjadi andalan (produk Primadona) adalah kunci sukses dari bisnis food truck. 
Sudah banyak bisnis food truck yang memiliki masing menu andalan sebagai pembeda .


Berbagai kompetitor. Kini telah banyak bisnis food truck menyajikan menu-menu kilat seperti kebab, sandwich, dan menu-menu khas luar negeri lainnya. Sebagai pembeda produk. Mungkin bisa menciptakan menu lokal dengan sedikit twist. 


Ciptakan dan beranikan diri untuk bereksperimen menu-menu lokal. Yang biasanya membutuhkan persiapan panjang, lalu buat dengan lebih sederhana lagi. Atau dapat juga dengan mengadopsi pendekatan makanan (kuliner) yang sudah ada.



6. Promosi dengan media sosial


Bisnis food truck sebaiknya menggunakan jejaring media sosial sebagai strategi pemasarannya. Media sosial dapat di gunakan untuk memberitahukan lokasi tempat food truck pada saat ini.


Dengan menggunakan Facebook, Instagram, Twitter sebagai media untuk memperkenalkan dan mempromosikan. 
Dengan berbagai keuntungan, bisnis food truck dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.


Selain itu melakukan riset pasar dan terus berinovasi produk juga akan membantu bisnis food truck berjalan dengan lancar. 
Food truck tidak memiliki lokasi yang tetap dan cenderung berpindah-pindah lokasi setiap hari. 


Sehingga pelanggan setia mendapatkan informasi lokasi food truck setiap hari. JIka dilihat dari rata-rata usia penikmat sajian Food Truck adalah kaum urban yang berjiwa muda, yang aktif di media sosial. Oleh sebab itu food truck harus aktif di media sosial.


Jadi sebaiknya manfaatkan media sosial untuk mempromosikan brand dan produk yang dijual. 
Pastikan di banner dan mobil Food Truck tercantum alamat media sosial guna memudahkan konsumen untuk melihat. 


Berbagi info dan menentukan order saat ingin membeli. Tak jarang banyak konsumen yang rela datang jauh-jauh hanya khusus mencoba dan menikmati menu makanan atau minuman yang ditawarkan.



7. Buat hubungan yang kuat dengan para pembeli


Bisnis food truck membutuhkan dukungan dari pelanggan tetap. Sebab mereka adalah media promosi yang paling murah dan paling efektif. 
Yang harus menjadi fokus adalah bagaimana menciptakan hubungan kuat dengan pembeli. 


Dengan adanya hubungan kuat dan personal dengan para pembeli akan lebih mudah di ingat. Kemungkinan mereka untuk datang lagi pun semakin tinggi. Bisnis semakin luas jaringan akan semakin banyak hal yang bisa meringankan.


Bukan hal tidak mungkin dengan kenalan-kenalan dan pertemanan ini akan mendapatkan banyak referensi konsumen. 
Bergabung dengan asosiasi food truck juga menjalin hubugan baik dengan asosiasi pedagang makanan lainnya.


Dari mereka banyak mendapatkan masukan dan info yang tentunya akan sangat bermanfaat. Merupakan hal penting dalam menjalin hubungan sosial. 
Banyak manfaat yang didapat pada umumnya mereka saling memberi saran dan masukan seputar bisnis yang dikelola. 


Di mana dapat membeli bahan baku yang murah dan lain-lain. Saling bertukar info tentang lokasi-lokasi strategis dan potensial untuk berjualan. Tentang distributor atau supplier bahan baku atau bahan olahan makanan.




Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2, 


Kembali ke Bagian 1 ( Awal ).

Untuk menlengkapi pengetahuan tentang Bisnis food truck maka silahkan tonton video dibawah ini.

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "





Kelebihan Bisnis Foodtruck



Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 2
Bisnis food truck 2

No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts