Saturday, November 21, 2020

Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3Pemasaran di Internet cederung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan yang baku.


Pemasaran dengan internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri.Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran dengan internet. 


Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importir, dan lembaga bank.


Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. 


Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis. Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.


Baca juga : Artikel yang terkait 


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3
Menfaatkan internet untuk Bisnis || internet 3



Memanfaatkan Internet untuk Bisnis


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3Internet terobosan terhebat banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan murah. Komunikasi jadi lebih mudah, dengan internet komunikasi dapat dilakukan secara real time walaun dilakukan dengan jaraknya saling berjauhan bahkan beda negara.


Internet juga mendukung adanya berjejaring sosial. Bagi mereka yang senang menggunakan  media sosial pasti merasakan manfaat ini. Media sosial dapat menyatukan dalam pertemanan, antar rekan kerja atau sesama pelaku bisnis dan lain-lain


Berikut, manfaat internet untuk bisnis selengkapnya.



1. Komunikasi dengan lancar


Di era internet seperti sekarang, komunikasi dapat berjalan lancar antara pemilik usaha dengan calon pembeli (pelanggan) adalah sebuah keniscayaan. Hal ini tidak dapat diabaikan karena bisa berdampak buruk pada usaha.


Dengan layanan internet ini komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan bisa berjalan dengan lancar. Hal ini baik dilakukan untuk penetrasi pasar dengan baik. Bila terjadi salah paham bisa minimalikan bahkan bisa diatasi dengan cepat dan mudah. 


Komunikasi yang lancar juga membentuk kredibilitas dari usaha yang sedang dibangun. Kalau target pasar sudah tercapai maka promosi akan mudah diterima.



2. Promosi lebih murah


Coba bayangkan dan bandingkan saja, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan berupa baliho di pinggir jalan, diatas badan jalan, atau lokasi strategis ? 


Pastinya tidah murah, untuk durasi beberapa minggu hingga satu bulan. Sekarang di bandingkan bila saja melakukan promosi di media sosial atau dengan media internet, bahkan ada untuk promosi yang gratis.


Dengan anggaran yang terbatas, target pasar yang diinginkan langsung tersasar dengan tepat. Selain itu juga bisa memilih kota, usia, jenis kelamin, hingga jarak dari tempat usaha.



3. Promosi lebih inovatif


Melakukan promosi dengan internet akan membuat lebih cepat, mudah dan murah, sekali melakukan promosi lebih inovatif. Promosi bisa dilakukan dalam bentuk konten bermanfaat yang disisipi dengan promosi ringan. 


Konten ini bisa disebar di media sosial atau ditaruh di website. Selanjutnya, juga bisa membuat gambar atau video yang kreatif.


Mengapa harus membuat konten? 


Karena konten lebih menarik calon pelanggan. Masyarakat saat ini sudah tidak senang promosi dengan cara hard selling. Mereka ingin sesuatu yang beda, unik, dan mudah diingat. Konten yang bermanfaat akan membuat orang lain lebih percaya.


4. Bisnis berjalan 24 Jam


Jika kalau memiliki bisnis di pusat perbelanjaan atau pusat pasar, kira-kira buka dan tutupnya sesuai dengan keinginan atau mengikuti jam operasional ? 


Jawabannya tentu mengikuti jam operasional 


Karena waktu tersebut, waktu untuk mendulang keuntungan, keuntungan dapat dimaksimalkan.


Dengan menggunakan internet, bisnis yang dilakukan bisa berjalan selama 24 jam. Misal, menjual barang-barang distro (distribution store atau distribution outlet) dan kalau memanfaatkan web, penjualan bisa dilakukan kapan saja dan berjualan tanpa henti. 


Yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan rutin setiap pagi atau siang untuk menanggapi transaksi yang terjadi.



5. Keberhasilan bisa diukur


Salah satu manfaat langsung dari internet untuk bisnis adalah sangat mudahnya untuk melakukan pengukuran keberhasilan. Contoh melakukan promosi selama satu bulan penuh, dari data yang terlihat dari aplikasi, efektivitas atau keberhasilan bisa dilihat. 


Dengan data tersebut bisa dilakukan analisis,dan  yang baik untuk strategi promosi selanjutnya. Selain itu, data yang ditampilkan juga otomatis dan tidak perlu diolah lagi. 


Dapat langsung diamati perkembangannya dari bisnis dan promosi yang dilakukan setiap harinya secara langsung sehingga pengubahan di tengah jalan bisa dilakukan. Bila terjadi peturunan penjualan, maka dapat segera dilakukan evaluasi.


Baca juga : Langkah-langkah penyehatan usaha yang terpuruk


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3
Strategi pemasaran omline || Internet 3



Strategi Pemasaran Online menggunakan internet   


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3Terbukti hasilnya nyata, bahwa pebisnis pemula banyak yang berhasil dalam berbisnis, yang awalnya tidak mengerti apa-apa, lalu menerapkan strategi pemasaran online yang tepat, dan selalu muncul di halaman admin websitenya dan terus bertambah.


Di era ini peranan internet ternyata mampu membawa perubahan besar pada bisnis di skala apapun. Banyak keuntungan yang bisa di dapat ketika internet sudah menjadi bagian penting dalam setiap kegiatan bisnis atau bisnis jasa yang ditawarkan. 



1. Strategi Pemasaran Online yang Tepat


Hampir semua masyarakat memiliki gadget atau smartphoneari, sehingga dipastikan mereka internet, apakah itu untuk bersomed atau untuk berselancar di internet. Dulu, bila mau membeli atau hanya sekedar melihat-lihat tas model baru, maka harus datang ke toko atau mall. 


Tapi saat ini kemudahan belanja atau hanya sekedar melihat-lihat tas model baru ada dalam dalam genggaman. Ini semua dampak dari semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis mereka.


Penggunaan internet harian juga meningkat pesat, pertumbuhan ekonomi internet di Indonesia meningkat tajam. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran melalui media internet juga mengalami pertumbuhan signifikan.


Untuk mencari atau membandingkan tas yang diinginkan, maka hanya mengklik di mesin pencari/marketplace seperti Tokopedia/BukaLapak/OLX, membandingkan harga, kualitas dan review orang lain, bayar dan terima barang. 


Dengan duduk manis di rumah. Ini dinamakan ZMOT (Zero Moment of Truth), siapa yang paling mudah ditemukan di internet, berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.


Internet & teknologi sudah mengubah perilaku manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Mengubah cara belajar, mendapatkan informasi hingga belanja. Jumlah pengguna internet dan teknologi semakin meningkat.



2. Strategi Pemasaran Online Terbaik


Strategi marketing yang tepat dan terbaik dapat memberikan hasil yang maksimal dengan menggunakan biaya se-efektif mungkin. Berikut adalah beberapa cara pemasaran online yang dapat digunakan.



a. SEO (Search Engine Optimization)


SEO adalah salah satu strategi marketing yang dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau. 


Dengan melakukan optimasi pada website memungkinkan website muncul dihalaman pencarian search engine dan mendapatkan pengunjung yang kemungkinan besar menginginkan produk. 


Mempelajari dan mempraktekan konsep dasar SEO lebih mendalam, maka awebsite akan dibanjiri Visitor atau Pengunjung



b. SEM (Search Engine Marketing)


SEM memiliki media yang sama dengan SEO yaitu search engine. Namun bedanya adalah ketika menggunakan SEM sebagai strategi pemasaran online, posisi iklan website berada paling atas sehingga kemungkinan seseorang untuk melihat iklan jauh lebih besar. 


Akan tetapi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran tergantung kata kunci yang di targetkan.



c. Social Media Marketing


Jangan diragukan lagi sosial media memiliki dampak yang signifikan jika digunakan untuk melakukan pemasaran. sehingga harus mengetahui sosial media mana yang tepat untuk memasarkan produk.


Dengan membuat content marketing yang tepat, maka akan mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.



d. Affiliate Marketing


Affiliate Marketing adalah strategi pemasaran online yang saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan akan berbagi keuntungan dengan pebisnis lain untuk setiap produk yang terjual.


Pada umumnya seseorang akan bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog untuk melakukan pemasarannya. Iklan bisa berupa banner atau artikel review. 


Ketika pengunjung blog tertarik dengan produk /jasa dan melakukan pemesanan, maka hasil dari penjualan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.



3. Menciptakan strategi pemasaran online


a. 7 hari, 24 jam bekerja untuk Anda 


Mari kita anggap biaya untuk menggaji tenaga pemasar (marketing) adalah sekitar UMR per bulan, bekerja hanya 8 jam per hari. Dengan memiliki website bisnis online, Artinya punya tenaga pemasar yang bersedia bekerja selama 24 jam, dengan biaya yang jauh lebih murah.


Anda juga mungkin juga setuju, bahwa tidak ada orang yang mau bekerja selama 24 jam, apalagi dengan biaya yang lebih murah



b. Jarak tidak lagi menjadi hambatan


Bayangkan, jika menjual tas kulit harus berkeliling kota mempromosikan produk tas kulit. Berapa besar biaya pemasaran yang harus dikeluarkan ? tentunya akan menambah harga tas, kan ?


Dengan online, bisa menggunakan Google AdWords/Facebook untuk menampilkan iklan tas kulit, kepada ribuan orang yang tertarik pada tas, di kota yang diinginkan. Promosi dengan internet maka hal ini dapat lebih efisien dan murah.



c. Modal lebih hemat


d. Bayangkan


Banyangkan dengan menyewa ruko/toko, maka akan membutuhkan biaya sewa untuk pertahun, dimana biayanya yang cukup mahal. Sementara itu, jika dimulai bisnis online bermodalkan website, tentunya biayanya jauh lebih murah. 


Apa lagi mau belajar membuat website sendiri (membayar dengan tenaga & waktu belajar), tentu biayanya masih jauh lebih hemat. Jika menjual jasa, calon konsumen bisa menghubungi langsung dari website dan bisa berdiskusi via telepon.



e. Bisnis dari mana saja


Mungkin pernah mendengar cerita, banyak pebisnis yang menghasilkan omzet ratusan juta hingga milyaran per bulan hanya dengan bekerja dari rumah saja.


Modalnya hanya smartphone, laptop & internet !


Ada yang single fighter (seorang diri), ada juga yang dengan tim (customer service, dll). Bekerja dimanapun, kapanpun dan hanya bekerja dimeja saja.


Sebagai penutup bagian artikel ini, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Memiliki strategi jitu dan taktik untuk memenangkan persaingan bisnis || Bagian 3. 


Jika ingin melihat bagian 2 (sebelumnya). Untuk melengkapi pengetahuan tentang Memiliki strategi jitu, maka silahkan tonton video dibawah ini. 


Semoga artikel Memiliki strategi jitu 3 ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "



4. Bisnis Offline                               


Dengan perubahan jaman dan perkembangan tehnologi, perilaku orang juga berubah. Mereka yang mau mencari informasi atau mau membeli apapun, maka mereka akan mencarinya melalui internet. 


Pemasaran secara online adalah cara yang tepat. Perubahan dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan. Pebisnis  harus mampu beradaptasi dengan cepat, atau akan tertinggal.


Akan lebih buruk lagi bila kompetitor mengetahui bahwa lawannya masih belum online dengan benar. Hal ini tak peduli walaupun kualitas produknya jauh lebih baik.



5. Strategi pemasaran online 


Bila hanya berpikir takut rugi, maka tidak akan pernah maju dan berhasil. Jadi, bila tertarik untuk berbisnis online, rajin-rajinlah mencari informasi tentang suatu program bisnis online di internet.


Maksud tersebut diatas agar bisa mendapatkan sedikit gambaran dan dapat menilai program apa dan jenis bisnis online yang bagaimana yang benar-benar menguntungkan.


Yang ingin melakukan bisnis dengan internet, dan ada baiknya jika lebih dahulu mempelajari karakter pembeli yang ada di internet. Inti bisnis adalah menjual barang / jasa untuk mendapatkan keuntungan. 


Bila sampai bagian ini masih belum mendapatkan pemahaman mengenai bagaimana internet bisa membantu untuk naik kelas dalam bisnis, izinkan saya menceritakan macam-macam bisnis online beserta studi kasusnya.



a. Penjual Tas Kulit


Apa bila penjual tas kulit dan sejenisnya, dan dapat menjual minimal 2x lebih banyak tas kepada lebih banyak orang di kota dan negara lain. Strategi pemasaran online yang dilakukan adalah:


  • Tampilkan produk tas di website.
  • Pastikan nomor kontak/formulir kontak/keranjang belanja bekerja dengan baik.
  • Gunakan iklan Facebook untuk mengiklankan ke jutaan orang yang menyukai tas kulit atau letak produk di marketplace seperti Bukalapak/Tokopedia/dll.
  • Bersiaplah menerima order.

Ingat dan pastikan menggunakan iklan, agar iklan menjadi lebih efektif untuk jangka panjang.



b. Dokter


Apa bila memiliki klinik spesialist/kesehatan, ilmu yang dimiliki tentang penyakit, berikan informasi tentang penyakit, maka akan menjadi gerbang masuk para calon pasien yang sedang membutuhkan solusi penyakitnya. (content marketing). 


Orang yang sakit tentunya memcari informasi tentang penyakit serta obatnya di Google. Di momen tersebutlah solusi hadir di internet.


Bila menyediakan konten yang berisi penjelasan penyakit serta solusinya di website, yang mungkin dibaca oleh lebih dari 5000 visitor per bulan, dan mereka tahu bahwa artikel tersebut bermanfaat dan bisa membantu mereka, maka di sanalah harta karunnya.


Selain melakukan content marketing, mengoptimalkan website sebaik mungkin, agar bisa tampil responsif/mobile-friendly (tampil dengan baik di ukuran layar laptop & smartphone), sehingga calon pasien tidak akan terhambat saat ini membuat janji untuk berkunjung.


Website Anda juga harus terdaftar di Google Place, agar mudah direkomendasikan oleh Google kapan pun pencarian dilakukan. 



c. Kontraktor


Apa bila seorang kontraktor, sebaiknya websitenya harus mobile-friendly, pastikan website mampu menjelaskan dengan rinci profil bisnis, proyek yang pernah dikerjakan, akan lebih baik bila disertai komentar kepuasan pelanggan (testimoni), serta memiliki nomor kontak aktif yang jelas terlihat.


Ada jutaan bisnis di internet, yang memiliki website namun sulit sekali menemukan kontaknya. Setelah website siap, dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari) dan iklan PPC (pay-per-click/bayar-per-klik) seperti Google AdWords akan sangat efektif.



d. Restoran


Bila berbisnis restoran, jangan lupa tampilkan menu & foto-foto makanan secara profesional pada website. Sewa fotografer makanan professional sebagai investasi jangka panjang.


Bila menyediakan program diskon, berikan pada calon pelanggan dengan cara menukarkan email mereka dengan kupon diskon. Ini salah satu cara membangun database pelanggan (list building).


Pastikan website dan bisnis sudah terverifikasi di Google Maps & My Business. Ingin hasil lebih cepat ?


Bisa juga menggunakan iklan berbayar Google AdWords/Facebook Ads. Dengan biaya seminimal mungkin, sudah bisa mempromosikan restoran dan menu pada orang-orang di sekitar restoran.


Itulah strategi pemasaran online yang tepat untuk bisnis restoran. Tentu senang bila Google merekomendasikan restoran kepada orang-orang di kota Anda, bukan ? 



e. Sekolah/Lembaga Kursus


Sekolah/lembaga kursus, sangat disarankan untuk tampil dengan baik di direktori Google Places. (hal ini berlaku untuk semua bisnis online). Bayangkan jika lembaga bisa direkomendasikan oleh Google, hal ini sangat menarik.


Website akan tampil lebih kredibel, apalagi bila website juga didesain dengan profesional. Setelah website selesai dan dapat tampil dengan baik di Google Places, Anda dapat menggunakan iklan Facebook untuk menjangkau target di dalam kota.


Iklankan website bisnis dengan menargetkan kepada orang-orang berumur 18 – 30 tahun atau 31 – 45 tahun, yang mungkin akan belajar mobil. Targetkan agar iklan hanya muncul di dalam kota dan sekitarnya saja.


Pastikan website bisa diakses dengan baik dan lancar & kontak cukup jelas dan dapat dihubungi.



6. Data dan fakta


Pernahkah mendengar dan mengetahui istilah “Pasar Bebas ASEAN” yang sudah diberlakukan beberapa waktu belakangan ini. Saat memutuskan untuk online, mulai  untuk terbiasa dengan sebuah istilah yang bernama “data”.


Dengan adanya data, akan sangat terbantu sekali dalam mengambil segala keputusan dalam cara pemasaran online. Dengan data juga dapat bermanuver dan tumbuh besar. Sebab, data adalah fakta persaingan bisnis.


Marketing tanpa data adalah seperti berkendara dengan mata tertutup. Mengendarai motor dengan mata terbuka saja masih berpotensi kecelakaan, apalagi dengan mata tertutup.


Misalnya Anda ingin memanfaatkan momentum pokemon (merupakan permainan video tersukses) untuk menjual barang-barang terkait Pokemon secara dropship internasional, perlu memahami data, dimana saja Pokemon menjadi trend.


Dapatkan data seperti ini dari Google Trends. Data seperti ini, bila memahaminya, maka bisa menentukan kemana target promosi iklan akan dilakukan. Saat memilih media apa yang tepat digunakan untuk pemasaran online, setelah memiliki website, setidaknya harus memiliki data.


Siapa target konsumen yang akan membeli produk, berapa umurnya, apa kebiasan mereka, serta dimana mereka berada. Untuk memutuskan kapan harus menambah budget iklan, perlu membandingkan jenis iklan seperti apa yang memiliki performa paling bagus.


Apa hubungannya?


Sederhananya begini, setelah diberlakukannya kesepakatan pasar bebas antara negara-negara ASEAN, dapat menjual produk ke Vietnam tanpa pajak dan biaya-biaya yang dapat menyulitkan.


Begitu juga dengan negara-negara ASEAN lainnya, mereka dapat “mengambil pasar di Indonesia”. kompetitor tidak hanya dari Indonesia saja, namun juga dari negara lainnya.


Bila tidak online, bagaimana mungkin produk yang sangat bagus itu bisa diketahui oleh calon konsumen dari Indonesia? Terlebih dari negara ASEAN.



7. Terbukti banyak yang berhasil


Kalau yang memiliki skill khusus, lalu pernah dengar “Kampung Designer” di Magelang ?


Dari Magelang ke luar negeri ?


Ini adalah fakta menarik, bagaimana akhirnya pemuda desa bisa menjadi produktif dengan belajar desain dan memasarkan jasanya di luar negeri. hingga bisa menjual 3.156 order hijab, hanya dalam 5 menit.



8. Tips Pemasaran Online


a. Amankan nama domain bisnis


Domain adalah identitas di internet. Bila nama bisnis sampai diambil orang lain. Buat website, lebih awal, lebih baik. Website adalah kantor/toko di internet.


Sebelum melakukan promosi, buat website sesederhana mungkin, seinformatif mungkin, namun tetap semenarik. Hal-hal teknis yang di sebutkan di atas, akan menjadi sangat mungkin memiliki website dan sangat mudah. Bila sudah memiliki website.



b. Mulai berpromosi dari yang bisa


Dalam pemasaran online, bisa memilih. Melakukan semuanya sendiri (membayar dengan tenaga dan waktu) Atau menyewa orang lain untuk memasarkan produk / jasa. Jika memiliki budget, dapat mulai dari iklan Facebook/Google AdWords.


Bila minim budget, dapat mulai dengan mempelajari cara mendatangkan pengunjung tanpa berbayar untuk website.



c. Keranjang belanja atau profile biasa


Apa bila jenis produk yang di jual sudah banyak, boleh menggunakan fitur keranjang belanja. Namun jika kesulitan untuk mengaturnya, dapat jadikan website untuk menampilkan katalog produk-produk, tanpa keranjang belanja.



d. Dapatkan kontak calon pelanggan


Sesungguhnya tidak benar-benar gratis, namun Anda menukar ebook dengan alamat email, agar dapat dihubungi sewaktu-waktu. mengenai email marketing di artikel lainnya.



9. Mulailah sekarang juga


Segera mulai Setelah rencana usaha telah matang. menjalankannya usaha dengan penuh keyakinan, Keyakinan bahwa usaha yang akan dijalankan pasti sukses. 


Dalam menjalankan usaha tidak dengan keraguan dan kekhawatiran gagal yang berkelebihan, Yang akan menjadi momok yang menakutkan untuk menjalankan usaha baru. 



Baca juga : Peluang usaha sampingan yang menjanjikan


Sebagai penutup bagian artikel ini, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3


Ke bagian 1 (awal) 


Untuk melengkapi pemahaman bisnis dengan menggunakan internet silahkan tonton video dibawah ini. 


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "



Bisnis online tanpa modal






Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 3
Internet 3



No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts