Saturday, November 21, 2020

Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2

Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2, Pemasaran internet sama dengan direct marketing, konsumen dapat berhubungan langsung dengan penjual.


Internet akan sangat membantu pebisnis memperoleh dan berbagi informasi apapun, yang dapat menunjang aktivitas bisnis secara real-time. Pebisnis telah menyadari besarnya manfaat Internet bagi kelangsungan bisnisnya, internet telah menjadi suatu kebutuhan. 


Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri. 


Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. 


Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis,seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. 


Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.


Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.


Baca juga : Artikel yang terkait


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2
Pengaruhnya terhadap Bisnis || internet 2


Perkembangan bisnis online di Indonesia


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2, Perkembangan bisnis online di Indonesia dewasa ini berkembang semakin pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya yang berbisnis online, dari  jual beli online sampai jualan konten. Perkembangan ini seiring dengan pengaruh teknologi.


Toko online menjadi salah satu dari jenis model bisnis yang paling diminati saat ini. Dengan kelebihan toko online dalam jual beli barang dengan internet. Toko online (e-commerce atau electronic commerce) adalah industri penjualan dan pembelian produk / jasa melalui internet. 


perkembangan bisnis online bukan hanya di Indonesia saja, juga berevolusi hingga hampir ke seluruh dunia. Penggunaan internet dan pelaku toko online terus meningkat seiring perkembangan sistem keamanan dan kenyamanan yang semakin ditingkatkan.


Membuat toko online tidak terlampau sulit dan murah. Tampilannya yang lebih profesional dengan dilengkapi oleh fitur shopping chart, Potensi berbisnis secara online semakin terbuka. Pada umumnya masyarakat yang tidak mau bertele-tele untuk mendapatkan barang. 


Pada dasarnya bisnis online meliputi beberapa macam usaha. Usaha-usaha tersebut relatif mudah membuat dan menjalankannya, untuk menjalankannya tidak membutuhkan modal besar. Inilah bisnis yang sedang diminati :



1. Dropshipper


Salah satu jenis bisnis online yang sangat diminati oleh banyak orang, khususnya para milenial karena tanpa modal, yang diperlukan hanyalah cara pemasaran dan pemilihan channel marketing yang tepat.


Umumnya penjual selayaknya online shop, hanya penjual tidak harus menyimpan barang yang di jual. Penjual akan memesankan barangnya kepada vendor untuk dikirimkan kepada pembeli dari dropshipper.


Dropship memiliki banyak peminatnya di e-commerce, beberapa e-commerce juga telah menyediakan transaksi khusus untuk para dropshipper.


Kekurangannya dari bisnis online ini adalah tidak dapat memonitor kualitas produk yang dijual. Karena dropshipper hanya pihak ketiga lalu menawarkan produk-produknya kepada yang berminat.



2. Reseller


Bisnis online ini hampir sama dengan dropship, reseller memiliki wujud dari produk yang dijual. Sehingga, kualitas produk terjamin dan dapat terus dipantau kualitasnya. bisnis Reseller juga banyak digandrungi oleh generasi milenial, pada umumnya reseller menjual barang-barang seperti pakaian, sepatu, kosmetik dan lain-lain.


Menjadi reseller cukup mudah, penjual hanya memerlukan modal untuk membeli barangnya yang kemudian untuk dijual kembali (sama dengan vendor) 


Kekurangan dari reseller adalah ketika tidak dapat memenuhi target penjualan maka produknya akan tersimpan, sehingga modalnya tidak dapat berputar untuk membeli barang yang lainnya



3. Online Shop


Jika bisnis dropship dan bisnis reseller masih sangat bergantung pada pihak lain. Bisnis online shop adalah penjual yang sebagai pembuat produknya sendiri lalu untuk dijual melalui marketplace ataupun di e-commerce atau dijual sendiri dengan cara online.


Bisnis ini lebih efektif karena dapat memonitor segalanya secara real time baik itu dari segi kualitas, jumlah produk, dan lain-lain.


Penjualan dilakukan melalui marketplace atau e-commerce, karena dirasa memiliki pasar yang lebih banyak dan siapapun dapat melihat produk yang dijual.


Penjualan menggunakan sosial media yang akan sangat memerlukan effort (upaya) lebih untuk mencari peminatnya, karena sosial media didesain untuk terhubung dan untuk berkomunikasi.



4. Content Creator


Di era digital ini, konten dapat dijadikan sebagai suatu produk yang dijual, melalui konten dapat mengedukasi, memberikan informasi, untuk promosi bahkan juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk personal branding.


Konten dapat dibisniskan, kini telah banyak bermunculan bisnis yang menjual konten sebagai produknya, seperti Makna Creative, Rectmedia dan masih banyak lagi 


Umumnya perkembangan bisnis online dipengaruhi oleh penggunaan internet, saat penggunaan internet semakin banyak, maka prospek bisnis ini pun semakin baik. Bisnis ini sangat bergantung pada koneksi internet untuk bisa eksis dan berkembang.




Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2
Meningkatkan kedekatan dengan klien / customer || Internet 2


Pengaruh internet dalam mengembangkan bisnis


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2, Di era sekarang ini yang sudah serba digital, tak heran jika segala sesuatu bisa dilakukan secara Online dengan internet dan tak bisa dipungkiri, pengaruh dan perkembangan internet pun semakin masif dari tahun ketahun. 


Fakta ini semakin bagaimana habit & behavior (perilaku dan kebiasaan) dari pengguna internet di Indonesia. Banyak sekali pihak yang memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk di dunia bisnis. 


Menjadi kebutuhan mutlak jika menginginkan adanya perubahan dan dampak positif terhadap perkembangan bisnis. Banyak hal yang dilakukan untuk kolaborasi, mendapatkan dan berbagi informasi, yang berhubungan dengan team maupun klien. 


Penyimpan beragam file secara online. Namun tak sekedar itu, Internet juga dapat memberikan manfaat lebih untuk berlangsungnya bisnis Anda seperti:



1. Efisiensi waktu dan biaya

Tidak ada lagi time-wasted (buang waktu) yang biasa terjadi sebelum era internet. Sebelum era internet, untuk mengirimkan sebuah file atau dokumen harus melalui proses yang panjang karena harus dikirim melalui kurir dan lainnya.


Semakin panjang proses, maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Kini cukup melalui fitur email, dokumen dan file apapun dapat dikirim tanpa harus melalui proses yang panjang.



2. Meningkatkan kedekatan dengan klien / customer


Feedback dari klien/ kustomer merupakan hal yang sangat penting dan membangun bagi kelangsungan bisnis Anda. Saat ini, banyak fitur yang memungkinkan klien/ kustomer dapat berkomunikasi dengan team Anda yang bertugas menerima kritik dan saran secara langsung bahkan hingga 24 jam.



3. Mengikuti trend globalisasi


Dunia digital menjadi pilihan utama bagi masyarakat modern, untuk mendapatkan informasi, berbelanja, hiburan hingga kehidupan bersosial. Behavior inilah yang harus di manfaatkan untuk bisa mengenalkan dan menguasai usaha yang sedang digeluti.


Bahkan bisa memasarkan langsung pada target yang dituju dari sisi kriteria hingga behavior (tingkah laku) customer.



4. Menigkatkan kualitas kerja tim 


Akses cepat dan lancar tentu dapat dijadikan sarana untuk mempererat hubungan antar sesama karyawan disaat hal tersebut sudah sulit dilakukan akibat kesibukan masing-masing. 


Bisa membuat grup obrolan di berbagai platform yang memungkinkan seluruh team untuk menuangkan ide, berdiskusi, atau saling menyemangati kapanpun dan dimanapun dengan mudah. 


Dengan semakin kuatnya chemistry diantara rekan satu tim, tentu akan meningkat pula produktivitas dan ke solidan kerja tim. 


Tadak ada salahnya untuk mengikuti trend kekinian, agar tidak tertinggal dibelakang. Dengan adanya Internet tentu akan membuka peluang baru untuk mengembangkan bisnis lebih maksimal. 


Tidak ada salahnya untuk mengadopsi teknologi internet ke dalam perusahaan atau usaha yang di miliki.



Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2
Pemasaran / promosi menjadi lebih mudah dan murah || Internet 2


Peran internet dalam mengembangkan sebuah bisnis


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2, Perkembangan teknologi informasi dan internet sangat cepat. Kemajuan teknologi dan internet mempunyai peran penting dalam kemajuan jaman perkembangannya semakin modern dan kompleks. 


Bagaimana menggunakan internet untuk meningkatkan peluang bisnis ?


Seperti halnya dunia bisnis yang sangat cepat / banyak perubahan seiring dengan serba internet yang semakin pesat perkembangannya. 


Perkembangan ini tidak hanya bagi perusahaan saja, sudah banyak orang yang mampu dan melirik peluang lebih besar dengan memperluas bisnis dengan adanya berbagai kemudahan akibat kemajuan teknologi di bidang internet.


Berawal dari yang sederhana, pebisnis memiliki akses yang terbatas dalam memperkenalkan produk/jasanya. Namun dengan kemajuan internet, banyak pebisnis merasa lebih mudah dalam memperkenalkan produk atau jasanya, lebih cepat diterima konsumennya. 


Dengan kecanggihan smartphone dapat melakukan promosi atau pemasaran dengan lebih mudah, cepat dan murah. Pemilik bisnis online yang hampir seluruh kegiatan bisnisnya dilakukan secara online atau daring dengan memanfaatkan kelancaran internet. 


Internet juga mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi para pebisnis. Berawal dari menyiapkan produk/jasanya secara online atau secara digital, kemudian melakukan kegiatan promosi.


Dilanjutkan dengan membuat website sampai proses penjualan otomatis dengan menggunakan fitur di dalam website. Istilah keren untuk bisnis yang menggunakan kecanggihan komunikasi dan internet dikenal dengan sebutan e-commerce. 


E-commerce adalah salah satu dari sekian bukti nyata yang membuka mata bahwa internet mampu mengubah bisnis dari skala apapun menjadi lebih baik dan maju. Kegiatan yang ada di dalam e-commerce.


Kegiatan e-commerce beragam seperti transfer pembelian, sistem uang elektronik, sistem pengumpulan data konsumen secara otomatis dan pertukaran data. 



1. Menambah informasi terkait tentang bisnis   


Ilmu pengetahuan dapat membuat seseorang memiliki pemikiran lebih cerdas dan pemilikiran maju. Hal tersebut seiring dalam dunia bisnis butuh ilmu pengetahuan dan kecerdasan dalam menangkap peluang-peluang untuk meningkatkan bisnisnya. 


Saat ini salah satu sumber ilmu pengetahuan yang sangat mudah didapatkan adalah melalui internet. Dengan pemanfaatan internet, bisa mendapatkan banyak informasi dan ilmu pengetahuan dengan lebih cepat, mudah dan murah.


Mendapat ilmu dan informasi dengan satu klik saja. Semakin sering berselancar untuk menggali pengetahuan tentang bisnis banyak ilmu yang didapatkan berkaitan dengan bisnis atau strategi pemasaran dan lain-lainnya.



2. Pemasaran / promosi menjadi lebih mudah dan murah


Seperti yang di tahu pemasaran dan promosi merupakan hal wajib dilakukan kepada setiap pelaku usaha. Tanpa adanya kegiatan pemasaran / promosi, maka produk atau jasa yang ditawarkan sulit dikenal oleh masyarakat. 


Bisnis  yang tidak mampu mencapai target yang ditetapkan, sudah pasti usaha akan mengalami kerugian. Untuk menghidari hal tersebut, maka Pebisnis / pelaku usaha selalu berusaha semaksimal untuk melakukan pemasaran / promosi


Dulu, mungkin kegiatan promosi dilakukan dengan cara mulut ke mulut, namun sekarang seiring berkembangnya teknik pemasaran dan promosi dengan internet, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan efisien, mudah dan murah



3. Lakukan branding dengan mudah


Branding berasal dari kata brand yang mempunyai arti merek. Maksud dari branding adalah melakukan berbagai kegiatan promosi, komunikasi atau pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.


Tujuan branding adalah membangun dan membesarkan sebuah merek dan brand agar dapat dikenal oleh banyak orang. Dengan melakukan branding, maka bisa membuat produk atau jasa menjadi lebih terkenal dan lebih berpotensi serta mampu mendapatkan repeat order. 


Dengan branding pelanggan akan selalu mengingat merk yang di tawarkan. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, bisa menggunakan internet untuk membantu kegiatan branding baik secara personal maupun untuk produk / jasa yang ingin di tawarkan.



4. Mempererat  hubungan penjual dengan pembeli  


Proses pembelian bisa dengan COD (cash other delivery) untuk menumbuhkan rasa percaya antara penjual dan pembeli. Hal ini dapat dilakukan bila rasa jika lokasinya terbilang tidak berjauhan dan biaya pengirimannya murah dan lebih cepat. 


Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media dengan melalui chat secara langsung. Atau dapat juga menggunakan jasa bank (ebanking) agar keamanan transaksi dan meminimalisir risiko penipuan online.


Bahkan setiap proses transaksi juga lebih mudah dan efisien, bila dilakukan dengan internet banking yang bisa dilakukan hanya dari smartphone dan proses lebih mudah, maka akan membantu proses transaksi.



Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2
Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 || Internet 2


Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2, Dampak era revolusi industri 4.0 ini tentu sengat besar bagi dunia industri juga perilaku di masyarakat. Revolusi Industri 4.0 merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat.

Revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya. 

Saat ini barang dibuat secara masal dengan menggunakan mesin dan berteknologi canggih. Keadaan seperti ini dikenal sebagai revolusi industri 4.0. Dalam bidang industri, yang sebelumnya masih mengandalkan tenaga manusia dalam proses produksi barang. 

Tidak dapat dipungkiri, perlahan semua sudah beralih ke arah digital. Sehingga interaksi antara manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi. Semua pemenuhan kebutuhan kini sudah tersedia secara digital, mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran. 


Perkembangan teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.


Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan.


Internet juga akan mendukung komunikasi dan kerja sama global antara karyawan, konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lainnya. 



1. Revolusi Industri


Revolusi industri 4.0 merupakan suatu pengaplikasian kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang berpotensi untuk meningkatkan pendapatan global dan kualitas hidup bagi masyarakat dunia. 


Selain itu, AI juga akan menghasilkan harga yang murah dan kompetitif, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, menurunkan biaya transportasi dan komunikasi. Meningkatkan efektivitas logistik dan rantai pasokan global. 


Biaya perdagangan akan berkurang, membuka pasar baru, serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Perubahan dan peluang bisnis yang baru didorong dengan perkembangan penggunaan internet. 


Dimana peluang ini juga disadari oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan internet dalam proses berbisnis. Penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan. 


Mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga pelayanan pelanggan. 



2. Faktor Pendorong Revolusi Industri 4.0


Revolusi industri 4.0 ditandai dengan peningkatan digitalisasi manufaktur yang didorong oleh beberapa faktor di bawah ini:

  • Peningkatan volume data, kekuatan komputasi, dan konektivitas.
  • Munculnya analisis, kemampuan, dan kecerdasan bisnis.
  • Terjadinya bentuk interaksi baru antara manusia dengan mesin.
  • Perbaikan instruksi transfer digital ke dalam dunia fisik, seperti robotika dan 3D printing.
  • Aktivitas serba internet atau internet of things.
  • Mengandalkan keterbukaan informasi dan aksesibilitas.



3. Menghadapi Perubahan di Era 4.0


Revolusi industri 4.0 terlihat melalui digitalisasi di berbagai bidang yang akan menghubungkan jutaan manusia melalui web, sehingga akan meningkatkan peluang bisnis, efisiensi bisnis dan organisasi.


Serta memperbarui lingkungan hidup melalui manajemen aset yang lebih baik. Teknologi akan mempermudah manusia untuk mengakses suatu informasi melalui teknologi digital secara bebas dan terkendali. 


Perkembangan teknologi akan membentuk masyarakat dunia baru, yaitu masyarakat era digital. Untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin. 


Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk memecahkan masalah atau kreativitas, dimana soft skill merupakan kunci utamanya. Agar dapat menghadapi perubahan pada tahun-tahun mendatang.


Dibutuhkan para pekerja yang memiliki soft skill seperti pemecahan masalah yang kompleks, pikiran yang kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif. 


Soft skill menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk dimiliki oleh para pekerja di masa depan. Seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memecahkan masalah, serta aspek kecerdasan emosional lainnya.



4. Peluang Bisnis di Era 4.0


Peluang bisnis yang ditawarkan dari industri di era 4.0, dan apakah dapat memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat Indonesia ? 


Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:



a. Fintech (Finance Technology)


Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 yang pertama adalah Fintech. Istilah fintech pasti sudah sering terdengar di telinga, termasuk Indonesia. Khususnya di kalangan menengah ke atas yang melihat berbagai peluang bisnis dari urusan finansial. 


Para generasi milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fintech. Hal tersebut dikarenakan ada banyak perusahaan fintech yang memberikan kemudahan dalam kelola keuangan, salah satu hal yang sebenarnya sulit untuk dilakukan oleh generasi milenial. 


Fintech memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran di dalam transaksi jual-beli. Hal inilah yang membuat fintech menjadi salah satu bisnis yang sangat sukses di era revolusi industri 4.0.



b. Software As a Service (SaaS)


Pada era industri 4.0 nanti, peluang bisnis yang akan banyak digunakan digunakan adalah bisnis pengembangan software as a service. 


Membuat dan mengembangkan sebuah software sebagai pihak ketiga yang dapat membantu segala aktivitas usaha lain. bentuk penjaulannya berupa business-to-business artinya klien utama adalah sama-sama pebisnis. 


Contoh bisnis software as a service adalah aplikasi absensi, software payroll, software akuntasi, atau software retensi konsumen atau CRM.



c. Cloud hosting


Cloud adalah salah satu teknik penyimpanan database yang ringan dan sangat mudah diakses. 


Masyarakat pasti sudah pernah menggunakan cloud tetapi tidak tahu kalau itu adalah cloud. Sebut saja Google Drive dan Dropbox, kedua cloud yang paling sering digunakan di dalam industri saat ini. 


Itulah yang membuat cloud hosting sangat laku di era industri 4.0 saat ini karena sangat berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.



d. Bisnis jual-beli online semakin menjanjikan


Promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis jual-beli secara online semakin besar. Bisnis jual-beli secara online semakin menjanjikan di era revolusi industri 4.0. 


Namun sistem pembayaran Cash on Delivery, virtual account hingga berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech telah membuat bisnis jual-beli online terus berkembang. 


Cara pembayaran yang lebih mudah pun banyak ditawarkan pada saat ini. Tidak harus selalu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. 



e. On-Demand service


Pada dasarnya on-demand service merupakan sebuah layanan jasa yang hanya muncul di sekitar kita, jika menginginkannya. Bisnis yang fleksibel inilah yang membuat on-demand service semakin digemari di era industri 4.0.


Peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 yang selanjutnya adalah on-demand service. Sebenarnya, on-demand service sering digunakan oleh masyarakat, seperti aplikasi transportasi online. 



f. Online Marketing


Online marketing telah dianggap begitu krusial sebagai bagian dari pemasaran sebuah bisnis. Seiring dengan perubahan kiblat bisnis ke dunia maya, industri pemasaran pun bergeser dari cara-cara yang konvensional ke arah digital. 


Visibilitas di internet memberikan potensi yang begitu luas kepada calon konsumen sehingga sebuah bisnis akan lebih mudah memasarkan produk mereka. Peluang tersebut membuat kesempatan untuk pemasaran digital online marketing terlihat begitu menggiurkan. 


Apalagi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari strategi terbaik untuk kampanye digital mereka. Dengan kolaborasi bersama ahensi (Tagalog) yang ahli, maka sebuah bisnis akan meraup berbagai keuntungan yang baik untuk pertumbuhan bisnis mereka.


Saat ini dunia sudah memasuki suatu era dimana terjadi otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala hal, komputasi awan, hingga komputasi kognitif. 


Dunia industri Indonesia harus mempersiapkan SDM,  infrastruktur, teknologi media telekomunikasi, regulasi dari pemerintah yang dapat melindungi industri dalam negeri, serta menggeser orientasi industri dari manufaktur ke sektor jasa. 


Beberapa hal penting tersebut wajib dipersiapkan secara matang, karena peluang bisnis di era revolusi industri 4.0 sangat besar. Revolusi ini akan membuka peluang bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk meraih keuntungan yang nilainya dapat mencapai miliaran dolar.


Sebagai salah satu pelaku bisnis, persiapkan bisnis agar mampu bersaing dan berkembang. Jangan lupa untuk memanfaatkan software akuntansi online untuk memudahkan pengelolaan laporan keuangan bisnis. 


Saat laporan keuangan bisnis terkelola dengan baik dan benar, maka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk urusan keuangan. Dengan begitu, akan lebih fokus pada rencana pengembangan bisnis. 




Sebagai penutup bagian artikel ini, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2.

Lanjutkan ke bagian 3.

Untuk melengkapi pemahaman tentang Bisnis dengan menggunakan internet silahkan tonton video dibawah ini. 

Semoga artikel Bisnis dengan menggunakan internet ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "




Bisnis wifi cuma modal hp omset jutaan rupiah






Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 2
Internet 2



No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts