Wednesday, November 18, 2020

Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1

Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1, Internet dapat membantu pebisnis memperoleh berbagai informasi menunjang aktivitas secara real-time.

Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun.

Untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. 

Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis,seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. 

Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.

Seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.

Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.

Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau meninggalkan komentar di akhir artikel ini.


Baca juga : Artikel yang terkait


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1
Perkebangan Bisnis secara online || Internet 1


Internet dalam perkembangannya


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global.

Jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah lokal ke lingkup global, dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi. 

Layanan informasi seperti media komunikasi tradisional, termasuk telepon, radio, televisi, surat kertas dan surat kabar dibentuk ulang, sehingga melahirkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video. 

Surat kabar, buku, dan penerbitan cetak lainnya beradaptasi dengan teknologi situs web, atau dibentuk kembali menjadi blogging, feed web, dan agregator berita online. 

Internet telah memungkinkan dan mempercepat bentuk interaksi pribadi baru melalui pesan instan. Forum Internet, dan jejaring sosial. 

Belanja online telah tumbuh pesat, memungkinkan perusahaan untuk memperluas kehadirannya untuk melayani pasar yang lebih besar atau bahkan menjual barang dan jasa sepenuhnya secara online. 


1. Pergi ke internet 


Istilah Internet dan World Wide Web sering digunakan "pergi ke Internet" ketika menggunakan peramban web untuk melihat halaman web. 

Istilah Internet (Net) digunakan untuk sistem global spesifik dari jaringan Internet Protocol (IP) yang saling berhubungan

Para perancang jaringan komputer yang menggunakan internet dalam bentuk singkatan dari internetwork atau internetworking, yang berarti interkoneksi jaringan komputer.

World Wide Web atau Web hanyalah salah satu dari layanan Internet. Web adalah dokumen yang saling berhubungan (halaman web) dan sumber daya web lainnya, dihubungkan oleh hyperlink dan URL.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah bahasa yang digunakan di Web untuk transfer informasi salah satu dari banyak bahasa atau protokol yang dapat digunakan untuk komunikasi di Internet.


2. Peran internet


Internet dilindungi oleh perjanjian bilateral (multilateral)  dan spesifikasi teknikal (protokol tentang perpindahan data antara rangkaian). 

Email/surat elektronik dan World Wide Web (www) lebih sering digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. 

Dengan Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antar pengguna atau lebih dengan pengirim pesan instan.


3. Mengakses internet


Akses Internet dan penetrasi PC sudah tinggi dengan didukung Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga.


Bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan perkantoran.


Disamping menggunakan PC (Personal Computer), dapat juga mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. 


GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). 


Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.



4. Peran internet


Jumlah pengguna Internet yang semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh besar atas ilmu pengetahuan, dan pandangan dunia. 


Hanya dengan mesin pencari di Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding buku dan perpustakaan, Internet dapat melakukan penyebaran informasi dan data secara ekstrem.


Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya yang dilakukan dengan cara tatap muka dan sangat kecil yang menggunakan pos / telepon.


Kini menjadi lebih mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.


kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet. Transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah tersebut sangat diuntungkan.


Pegawai negeri sipil dapat pula ditingkatkan kesejahteraannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.



5. Internet di tempat umum


Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). 


Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web. Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses Wi-Fi, seperti WiFi-cafe. 


Pengguna hanya perlu membawa ponsel cerdas (smartphone), komputer jinjing (laptop, notebook), atau asisten digital pribadi (PDA), yang mempunyai kemampuan WiFi untuk mendapatkan akses Internet.


Baca juga : Menangkap peluang bisnis dari pekarangan rumah yang sempit || Bagian 3


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1
Trend bisnis secara online || internet 1


Intenet dan trand bisnis


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1Dewasa ini bisnis online trend (kecenderungan) dengan menggunakan internet, berkembang internet sangat pesat dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. 


Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi internet di Indonesia dan seiring dengan pengguna internet yang dapat mengakses dari setiap gadgetnya. Perkembangan inilah yang membuat bisnis online ramai dilakukan di Indonesia. 


Dari menjual barang / jasa yang mereka tawarkan di internet. Toko online akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi, dan karakter pembeli juga lambat laun akan berubah karena kemudahan yang ditawarkan melalui internet dan smartphone. 


Yang ingin melakukan bisnis dengan internet, dan ada baiknya jika lebih dahulu mempelajari karakter pembeli yang ada di internet. Berdasarkan data yang ada, produk kecantikan dan fashion wanita merupakan produk yang paling banyak dijual dan dibeli melalui internet.


Perkembangan penggunaan Intenet dan trand bisnis semakin meningkat, terlihat banyak pengusaha maupun pelaku bisnis yang mengevaluasi dan memperbaiki operasional bisnisnya, 


Trend pemasaran bisnis online mulai mewabah di kalangan masyarakat, diprediksikan trend akan semakin meningkat pesat seiring dengan mudah dan murahnya akses internet dari berbagai tempat.


Trend Pemasaran Bisnis Online, Untuk menghadapi gempuran persaingan di bisnis online yang semakin ketat, lalu bagaimana caranya untuk memenangkan persaingan pasar ?



1. Pemasaran secara online


Mengganti website jadul dengan media promosi. Jika awalnya situs blog atau website hanya digunakan untuk curhat dan untuk berbagi cerita kepada konsumennya (membangun personal branding). 


Sekarang konsumen sudah cerdas, sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca informasi yang berguna dan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga ada baiknya bila tidak hanya menjadikan website sebagai lapak online saja.


Website dijadikan sebagai media promosi yang interaktif sehingga calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari website dan tertarik untuk memberikan respon positif tentang produk/jasa yang dijual.



2. Kuasai dan ikuti perubahan trend


Tidak hanya trend permintaan pasar saja yang mengalami perubahan, teknik SEO dalam mengembangkan bisnis online ternyata juga mengalami beberapa perubahan sesuai dengan algoritma pencarian Google. 


Agar bisa mengusai teknik SEO yang masih berfungsi, serta teknik apa saja sekarang ini yang sudah tidak efektif untuk digunakan. Ketahuilah bahwa teknik SEO yang lama bisa mematikan visibilitas website.



3. Mobile Friendly


Pemasaran bisnis online yang selanjutnya adalah mobile friendly. Seperti di ketahui bahwa lebih dari 62% masyarakat Indonesia mulai mengakses internet via gadjet (smartphone). 


Dengan perubahan-perubahan tersebut, ada baiknya bila website yang di miliki juga mulai dikemas mobile friendly agar konsumen tidak kesulitan untuk mengakses situs yang di miliki via mobile.


Sudah bukan rahasia lagi kalau tiap website yang mobile friendly. Selain dapat meningkatkan trafik, website yang teroptimasi ramah di perangkat mobile memberi peluang yang lebih baik untuk unggul di antara kompetitor.


Sejak kemunculan smartphone di era komunikasi yang terus berkembang ini, sebagian besar orang lebih sering mengakses internet melalui perangkat mobile. Alasannya sederhana, mereka bisa berinternet ria kapan saja dan di mana saja.



4. Video Marketing


Cara yang satu ini merupakan pemasaran bisnis online yang cukup ampuh digunakan. Di era modern ini banyak orang lebih menyukai pemasaran dalam bentuk video dibandingkan dalam bentuk tulisan. 


Dengan tulisan mereka akan mudah bosan untuk membaca apalgai konten terlalu panjang. Nah salah satu cara yang bisa di gunakan dengan mengandalkan video marketing. Dalam satu hari saja orang mampu menghabiskan beberapa jam untuk browshing.


Mencari informasi dan berita terupdate. Cobalah untuk memanfaatkan video sebagai media marketing. Anda bisa memasarkan lewat youtube maupun di media sosial. Mengapa harus menggunakan video. 


Karena orang cenderung lebih menyukai iklan dalam bentuk gambar karena mudah untuk divisualisasi. Maka upayakan untuk membuat video semanarik mungkin.



5. Gunakan Tools Untuk Analisis 


Untuk dapat meningkatkan penjualan maka di perlukan adanya riset. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Ada 2 tools yang bisa digunakan untuk melihat trend (Kecenderungan) masa kini. Yakni google analytic dan google trend. 


Trend (Kecenderungan) apa yang dibutuhkan? yakni melihat apa yang paling dibutuhkan dan dicari customer. Dapat melihat data konsumen secara lengkap mulai daerah, usia, jenis kelamin dan halaman yang banyak dikunjungi.


Bisa juga menganalisa trend apa yang sedang hangat dan berkaitan dengan produk. Dengan begitu bisa menggunakan trend (Kecenderungan) ini sebagai bahan untuk melakukan promosi.



6. Kelola konsumen dengan bijak


Meskipun di halaman website telah tersuguh beragam jenis informasi, namun tidak sedikit konsumen yang akhirnya masih membutuhkan pelayanan seperti halnya para pembeli di toko offline. Karena itu, kelola konsumen dengan bijak baik melalui sistem online maupun offline.


Dalam hal ini dapat memanfaatkan chating online, kolom komentar, fasilitas email, maupun sms dan telepon  marketing untuk mencarikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi konsumen. Semakin sering mereka terbantu, maka semakin besar pula loyalitas yang mereka berikan.


Baca juga : Strategi pemasaran yang efektif untuk menghadapi persaingan || Bagian 2


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1
Bisnis online || Internet 1



Menggunakan internet untuk bisnis online


Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1Bisnis Online adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan bisnis/urusan/kepentingan yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan utama adalah keuntungan (profit).


Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai perdagangan elektronik. Bila dihatikan di search engine dan situs direktori, ada jutaan situs yang berbeda, kecenderungannya pada bisnis online, yaitu upaya untuk mendapatkan keuntungan menggunakan internet. 


Secara logika, bila bisnis online tidak menguntungkan, maka tidak akan ada banyak situs-situs bisnis di internet, dan seorang pebisnis online tidak akan susah-susah membuat sebuah situs internet.



1. Internet dalam bisnis online


Hakekat bisnis online adalah memberi informasi pada calon konsumen tentang suatu produk/jasa dan mendapat keuntungan bila konsumen membeli produk/jasa tersebut. 


Menggunakan internet dirasa lebih efesien dan murah biayanya dibandingkan media lain seperti televisi, radio, koran, majalah, dsb. Bisnis di Internet memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain



2. Kelebihan & kekurangan menggunakan internet


a. Kelebihan menggunakan internet

  • Fasilitas Iklan dan Promosi yang Interaktif. Bila Media tv, radio dan media lainnya hanya memberikan/menyebarkan informasi saja.internet selain sebagai sarana menyebarkan/memberikan informasi tentang produk atau jasa, juga memungkinkan konsumen untuk memesan serta membeli produk langsung secara online.
  • Jangkauan luas dan mendunia
  • Relatif murah dan efisien.



b. Kekurangan menggunakan internet

  • Konsumen yang menggunakan internet masih terbatas, dan walaupun pengguna internet berkembang pesat, namun masih sedikit pengguna internet di Indonesia, yang menggunakan internet untuk keperluan bisnis (jual-beli).
  • Pebisnis online harus memiliki kemampuan untuk promosi yang efektif, dan memahami proses penyebaran informasi (promosi), hal ini membutuhkan proses dan waktu, serta tenaga/pikiran juga biaya yang tidak sedikit.



3. Macam-macam bisnis online


a. Affiliate


Program affiliate adalah program penawaran produk/jasa, seorang affiliate memperoleh keuntungan setiap berhasil menjual produk atau jasa. mudahnya program affiliate adalah sebagai sales/marketing.


Dalam program affiliate, bisa menjual barang/produk milik sendiri, atau menjualkan barang milik orang lain. Pada umumnya program affiliate gratisan, bila menggunakan fasilitas yang gratisan.


Contoh situs affiliate :

  • Clickbank.com
  • Affiliate-program.amazon.com



b. Forex


Pasar valuta asing (foreign exchange market) merupakan jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.



c. Publisher Iklan


Publisher iklan adalah seorang pemilik situs/blog yang menayangkan iklan di situs/blognya. Seorang publisher juga bisa disebut sebagai orang yang aktif dalam program jaringan iklan (ads Network).


Seorang publisher umumnya memiliki situs/blog, situsnya yang sebagai sarana untuk menayangkan iklan advertiser. Advertiser sebagai pemilik produk/jasa/situs yang program/iklannya yang ditampilkan/dipromosikan di situs publisher.  


Seorang publisher mendapatkan imbalan dari setiap iklan, advertiser mendapatkan imbalan dari respon berupa kunjungan/impresi dari pengunjung blog/situs milik publisher yang menampilkan iklan.



d. MLM / Program Referral


MLM (Multi Level Marketing) yaitu penjualan secara piramida atau secara berjenjang, pemasaran jaringan hingga pemasaran berantai. Namun pada intinya sama saja. Yang penting sebagai pekerja di MLM.


Harus bisa mencari bawahan sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pemasaran secara berjenjang (Multi Level Marketing) adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. 


Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi. 



e. Lain-lain


Sesungguhnya banyak program-program bisnis online lain di Internet yang tidak sebutkan di sini, yang di jelaskan di atas adalah program-program dasar yang lazim diterapkan oleh pebisnis online.


Setiap bisnis pasti memiliki resiko baik itu bisnis online maupun bisnis secara konvensonal., karena di bisnis online satu dengan lainnya tidak saling bertemu dalam berbisnis,


Salah satu kekurangan dalam bisnis online, penjual terandang tidak mengetahui dan tidak salang mengenal pembelinya atau sebaliknya, pembeli tidak mengenal penjualnya.


Memang Pebisnis Online banyak yang tidak jujur (scam). Oleh karena itu harus berhati-hati dalam bertransaksi dan tidak cepat percaya pada situs/program bisnis yang tidak jelas, apalagi bila tawaran bisnis tersebut melibatkan uang sebagai modal.



Berikut sedikit tips bila tertarik berbisnis online:


  • Pelajari program yang akan di ikuti, apakah memiliki program yang jelas ?, apakah programnya masuk akal ?, dan apakah programnya bisa di lakukan ?
  • Ketahui identitas pemilik program/situs, apakah memiliki alamat kantor/rumah yang nyata ?, apakah memiliki nomor telpon rumah/kantor yang bisa dihubungi ? (lebih baik berhati-hati bila kontak yang bisa dihubungi hanya berupa email atau nomor handphone).
  • Bila memungkinkan, anda sebaiknya bertemu muka dengan pemilik situs/program.
  • Jangan mengeluarkan uang/biaya kecuali anda benar-benar yakin dengan program/bisnis yang akan anda lakukan.



f. Apa Itu bisnis SCAM 


Bisnis scam (Penipuan) adalah program (bisnis) online yang bohong/tipu, sedangkan scammer adalah sebutan bagi penipu online. Scam atau Trik konfidensi adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu.


Pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering di temui adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius.


Baca juga : Cara mengelola cash flow yang efektif untuk bisnis


Sebagai penutup bagian artikel ini, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1


Lanjutkan ke bagian 2.


Untuk melengkapi pemahaman artikel tentang Bisnis dengan menggunakan internet, silahkan tonton video dibawah ini. 


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "




10 Ide Bisnis Online Kreatif Nyaris Tanpa Modal







Bisnis dengan menggunakan internet || Bagian 1
Internet 1


No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts