Friday, October 30, 2020

Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnis dari hobi


Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnis dari hobi selain dapat mendatangkan uang, bisnis yang didasari dari hobi akan membuat tidak pernah bosan.


Harus ada optimisme terhadap apa yang ingin dilakukan, rasa optimistis juga merupakan pemicu keyakinan untuk keberhasilan, walau pada awalnya masih kekurangan di sana sini, jika tidak segera dimulai, maka dapat dipastikan tidak akan pernah berjalan.


Untuk menjalan bisnis harus memiliki, niat yang kuat, kemauang yang kuat, kemampuan yang memadai dan memiliki keyakinan yang tinggi terhadap bisnis yang dijalankan 


Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.


Baca juga : Artikel yang terkait


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.


Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.


Baca juga : Hal yang mendasar untuk Pebisnis profesional



Tahapan praktis dalam menyusun anggaran perusahaan
Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnis dari hobi


Menjalankan peluang bisnis dari hobi


Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnisDi zaman seperti sekarang ini sudah serba internet, hampir semua orang menggunakan smartphone (gadjet) dan berselancar di internet, banyak peluang bisnis yang bisa dipelajari, sehingga apa saja bisa diubah menjadi uang asalkan mau berusaha. 


Mencari peluang bisnis yang sesuai dengan kesukaan (hobi) bukan hal yang sulit. Mengubah hobi menjadi hal yang menguntungkan. Maka dari itu, sekarang saatnya mengubah hobi menjadi peluang bisnis, Hobi yang dapat menguntungkan. 


Berbisnis dari hobi ? 


Selain dapat mendatangkan uang, bisnis yang didasari dari hobi akan membuat tidak pernah bosan karena sejak awal sudah menyukainya. Tidak dapat dipungkiri ternyata tidak semua orang bekerja sesuai passion dan keahliannya. 


Sehingga mereka menjadi pekerja yang asal-asalan dan tidak sepenuh hati melakukannya. Maka dari itu, jika ingin mengubah hobi menjadi uang, berikut ini adalah peluang bisnis yang bisa dicoba sesuai dengan hobi, 


Mulailah sekarang juga jangan di tunda-tunda lagi, karena setiap detik yang ditunda untuk memulai sesuatu berarti berarti menunda untuk lekas terwujud. 



1. Niat untuk menjalankan bisnis dari hobi


Mulailah melakukan sesuatun dengan niat, niat merupakan kunci sukses, yang pertama sebelum memulai menjalankan usaha. Kedudukan niat sangat menentukan kualitas suatu perbuatan dan hasil yang diperolehnya karena niat itu jiwa perbuatan, pedoman, dan kemudinya.


Asal usul kata (Etimologi) niat dalam arti ‘sengaja’. Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan sesuatu dan menjatuhkan pilihan dan bertekad bulat untuk mengerjakan sesuatu.  Selalu berniat baik berarti memberikan sugesti positif pada diri. 


Pengucapan niat untuk membantu kemantapan hati.  Segala perbuatan yang dilakukan tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan hasil sesuai niatnya. Pelaku bisnis mengawali pekerjaan dengan niat.


Untuk melakukan hal-hal yang baik menurut keyakinan, ada katabijak menyatakan bahwa “Niat yang baik dilakukan dengan, maka hasilnya pasti baik”. Niat dalam kontek ini adalah niat untuk memulai usaha 



2. Kemauan untuk menjalankan bisnis dari hobi


Predikat Pebisnis yang sukses bukan hal yang mudah disandangnya, dengan melalui ujian-ujian yang sangat berat, Pebinis harus memiliki 3 (tiga) faktor penting,  yaitu faktor “Kemauan, Kemampuan dan Keyakinan”. 


Sebagai Pebisnis tentunya siap untuk sukses, namun juga harus siap mau bekerja keras, ulet dalam bekerja, bermental baja dan memiliki semangat yang tinggi. 


Apapun namanya kegiatan dan istilahnya kemauan adalah kunci dari segalanya. Predikat yang disandang oleh seseorang sebagai Pebisnis sukses tidak mudah dan ringan, harus memiliki :


  • Mau untuk memulai
  • Mau mencintai produk 
  • Belajar dan menggali pengetahuan 
  • Berani mengambil resiko
  • Selalu mau belajar
  • Siap bekerja keras 
  • Mencari sebanyak mungkin teman
  • Siap dengan kegagalan (deal with failures) 
  • Lakukuanlah sekarang (Do it, now...!)  



3. Kemampuan untuk menjalankan bisnis dari hobi


Mampu dan memahami dunia bisnis yang digeluti, dan memiliki pengetahuan dan talenta di bidangnya, serta memiliki Keyakinan yang kuat bahwa bisnis yang d geluti akan sukses di kemudian hari. Selalu mau mempertajam keakhlian tentang bisnis yang akan diujudkan. 


  • Membuat rencana bisnis dengan konsep
  • Menciptakan Visi dan Misi bisnis
  • Penelitian pasar
  • Pemasaran
  • Membangun Jaringan
  • Membuat Situs



4. Keyakinan untuk menjalankan bisnis dari hobi


Rasa optimistis juga merupakan pemicu timbulnya keyakinan untuk keberhasilan, walau pada awalnya masih kekurangan di sana sini, namun jika tidak pernah untuk memulai, maka dapat dipastikan tidak akan pernah berjalan.


  • Keyakinan yang kuat dalam jiwa  
  • Menjadi Pebisnis yang handal
  • Berjiwa besar 



Baca juga :  Mengelola bisnis secara profesional 


Tahapan praktis dalam menyusun anggaran perusahaan
Langkah-langkah untuk menjalankan peluang bisnis dari hobi


Langkah-langkah untuk menjalankan peluang bisnis dari hobi

 

Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnisTanpa di sadari banyak bisnis yang bermunculan, ternyata tercipta dari hobi sang pemiliknya. Hal ini membuktikan bahwa hobi bisa menjadi peluang bisnis. Hobi yang di tekuni dengan serius ternyata bisa menjadi peluang bisnis dan dapat mendatangkan uang. 


Banyak dari mereka yang mampu memanfaatkan hobinya untuk menjadi sebuah bisnis. Banyak pula yang membuktikannya bahwa hobi dapat dijadi peluang bisnis. Jadi yang harus dilakukan agar hobi bisa menjadi sebuah bisnis ?



1. Pastikan hobi yang dimiliki


Untuk memulai berbisnis dengan modal pengetahuan dan pengalaman adalah hal yang biasa, yang tidsk biasa adalah ketika berniat membuka usaha dari hobi. Hobi yang selalu di lakukan dan nyaman melakukannya adalah kesenangan tersendiri. 


Telah banyak yang menyadari bahwa hobi sebagai sebuah peluang usaha. Pastikan hobi yang dimiliki dan apa yang membuat senang melakukukannya. Memiliki banyak hobi memang wajar, tetapi ada baiknya ketahuilah satu yang paling dominan. Ini akan membuat lebih mudah dalam menjalaninya.. 



2. Tekuni yang di sukai (hobi)


Memiliki banyak hobi memang cukup menyenangkan, tapi ketika menekuni semuanya, ini akan menjadi sedikit lebih berat. Cobalah untuk menekuni satu hobi saja, dan konsen dalam mengembangkan potensi yang ada, dan dalami serta jadikan peluang bisnis. 


Biasanya anak muda lebih memiliki semangat dan keinginan untuk bisa melakukan banyak hal di dalam hidupnya. Tapi jika tidak memilih dan menekuni salah satunya, itu akan merepotkan. Pastikan hobi yang Anda tekuni bisa menjadi sebuah peluang usaha.



3. Melihat peluang pasar


Peluang yang berasal dari hobi boleh saja dikembangkan sampai sehebat apapun itu, tetapi untuk menjadi sebuah peluang bisnis harus mampu melihat pasar yang ingin dituju. 


Tentukan pasar apa, mana dan bagaimana yang cocok untuk dijadikan peluang bisnis dari hobi. Jika hanya dilakukan yang disenangi, tanpa peduli apa yang di tuju, maka bisnis itu tidak akan berhasil.



4. Lebih peka terhadap peluang yang ada


Nah ini dia, hobi yang dimiliki bisa saja lebih dari satu, tetapi peluang bisnis yang sesuai dengan hobi bisa saja hanya ada satu dari sepuluh peluang bisnis yang datang. Namun jika tidak, bisa saja mengambil setiap kesempatan dan peluang yang datang untuk di jadikan bisnis. 


Kejelian dan kepekaan melihat peluang yang datang, haruslah terus diasah. dan harus melihat setiap peluang yang datang dengan bijak. 


Jika ingin berbisnis yang sesuai dengan hobi yang dimiliki, maka konsentrasilah dan terus kerja keras untuk mencapai peluang itu. Dan keahlian ini bukan tidak mungkin hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang saja. Namun jika yakin bisa dan tekun berusaha, maka Andapun bisa mendapatkannya.



5. Jangan menggebu


Anak muda biasanya memiliki jiwa yang terus menggebu dan ingin sukses dengan cara yang mudah dan cepat, tapi jika ingin sukses berbisnis dengan mengikuti hobi, janganlah terlalu menggebu. Sukses berbisnis tidak bisa didapatkan dengan mudah. 


Cobalah perlahan ikuti alur dan terus asah kemampuan melalui hobi. Begitupun yang sering dikatakan oleh banyak enterpreneur di luar sana. Maka tekuni dan asah hobi secara perlahan namun pasti.



6. Analisa plus minusnya


Jika serius ingin memulai bisnis dari hobi yang dimiliki, maka cobalah pelajari terlebih dahulu plus minus dari peluang dari hobi tersebut. Plus dari hobi yang dilakukan haruslah memiliki lebih banyak porsi dari minusnya. 


Dan ingat, jangan terlena dengan hobi dan meluapakan tujuan awal untuk mendapatkan keuntungan berbisnis dari hobi tersebut. Analisa apa yang membuat peluang bisnis dapat berkembang dan terhambat dengan hobi tersebut.



7. Mempunyai keberanian


Tidak jarang untuk calon pelaku bisnis muda, sulit melangkah karena mereka ragu dan takut gagal saat mendirikan bisnis yang dimulai dari hobi. Sesungguhnya calon pelaku bisnis muda harus memiliki sikap berani. 


Berani mengambil peluang, berani melangkah, berani menyampaikan ide, dan berani gagal adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap calon pelaku bisnis.



8. Bergabunglah dalam komunitas


Sebuah hobi apapun itu biasanya memiliki komunitas, baik di sosial media ataupun secara perkumpulan biasa. Komunitas hobi memiliki peran yang penting, 


dari mana dia menjadi penting ? 


Dari sini bisa mulai menggali ilmu dan mencari pengalaman untuk mengembangkan bisnis. Ikutilah komunitas bisnis, agar mendapatkan ilmu bisnis dari mereka yang lebih dulu sudah berpengalaman. 


Di dalam komunitas hobi yang di ikuti, tentu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama, mulai dari yang baru sampai yang paling ahli. 


Mencari dan menambah relasi untuk bisnis. Jika keduanya sudah dimiliki, yakinlah dengan mudah akan meraih sukses yang diimpikan.



9. Buat perencanaan yang matang


Bagaimanapun sebuah bisnis harus memiliki perencanaan yang matang. Tidak harus rumit, tapi harus jelas dan mudah untuk dilakukan. Berbisnis bukan hanya masalah menciptakan, menjual dan mendapatkan keuntungan. 


Terlihat mudah memang, terlebih ketika melakukan bisnis yang berasal dari hobi yang ditekuni. Jika bekerjasama dengan beberapa orang dalam menjalankan bisnis ini, cobalah untuk membentuk management yang jelas dan pasti. 



10. Membutuhkan Konsistensi


Konsistensi sangat dibutuhkan, terlebih saat bisnsi mulai berjalan dan banyak pelanggan yang menyukai bisnis tersebut. Ketika memutuskan untuk berbisnis dengan 1 hobi yang ditekuni, cobalah untuk konsisten dengan apa yang dipilih dan lakukan. 


Fokuslah mengembangkan bisnis tersebut. Setiap orang bisa saja memiliki banya hobi, dan mungkin juga mereka bisa melakukan semuanya dengan baik. Tapi apa mudah ketika harus berbisnis dengan banyak hobi yang ditekuni. 


Jangan tergoda untuk melakukan hobi lainnya dalam satu bisnis yang merupakan bisnis dari hobi awal. Nah, bagi yang ingin sukses membangun bisnis, bisa belajar dari pakarnya. 


Dengan mengikuti seminar Diskusitokoonline,  disana akan mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan serta relasi yang bisa membantu sukses membangun bisnis di usia yang masih muda.


Di seminar-seminar bisa mendapatkan ilmu seputar strategi marketing yang bisa diterapkan bila masih merasa awam dalam bisnis dan juga media online. Akan diberi banyak keuntungan ketika mengikuti seminarseminar.


Baca juga :  Sukses memulai usaha sendiri dari Nol


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Langkah tepat untuk menangkap peluang bisnis dari hobi


Untuk melengkapi pemahaman tentang bisnis dari hobi, maka silahkan tonton video dibawah ini.


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us"



Baca juga :  Rahasia buka usaha yang belum diketahui



6 Tips Untuk Memilih Peluang Terbaik dari Beberapa Peluang yang Baik

 






Tahapan praktis dalam menyusun anggaran perusahaan
Bisnis dari hobi


No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts