Tuesday, October 27, 2020

Bisnis food truck sangat menarik saat ini


Bisnis food truck sangat menarik saat ini, bisnis hanya menyulap mobilnya sebagai lapak usaha dan sebagai dapur untuk mengolah menu yang disajikan. 


Food truck merupakan jenis usaha yang menjual makanan / minuman dengan menggunakan mobil. Bisnis jenis ini tidak menetap disatu tempat saja, karena mobil bisa dibawa ke mana saja. Bisnis food truck ini diperkirakan akan terus bertahan dan berkembang


Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.


Baca juga : Artikel yang terkait


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.


Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.



Bisnis food truck sangat menarik saat ini
Bisnis food truck sangat menarik saat ini


Strategi bisnis kuliner dengan food truck


Bisnis food truck sangat menarik saat iniBisnis food truck menjadi pilihan para pengusaha kebanyakan saat ini. Bisnis ini ini merupakan salah satu inovasi yang menarik untuk berjualan. 


Bisnis yang sedang booming saat, selain praktis bisa pindah-pindah tempat berjualan, konsep ini cukup menarik dan unik. Fenomena restoran berjalan belakangan ini sedang ramai diperbincangkan, terutama dikalangan para anak muda milenal. 


Trend menjajakan aneka macam kuliner di atas mobil. Konsep restoran berjalan ini baru-baru ini mulai menjamur disudut-sudut kota-kota besar di dunia, ternyata peluang bisnis food truck di Indonesia tak kalah menjanjikan. 


Lalu bagaimana caranya membuka bisnis food truck, tak perlu khawatir yang perlu dilakukan adalah coba perhatikan poin-poin di bawah ini lalu mulai membuka bisnis food truck sendiri


Perkembangan bisnis Food Truck terjadi karena adanya tren yang berkembang di berbagai kota. Peluang bisnis Food Truck juga dapat dikatakan cukup menjanjikan, terlebih bagi para pebisnis kuliner.



1. Info bisnis


Umumnya food truck menjajakan makanan cepat saji, camilan, dan aneka jenis bisnis minuman. Pelaku bisnis food truck tidak hanya menyulap mobilnya sebagai lapak usaha namun juga sebagai dapur untuk mengolah menu yang akan disajikan. 


Usahakan pilih peralatan yang praktis dibawa, sehingga mobil cukup untuk menampung segala keperluan yang dibutuhkan. 


Menyiapkan semua peralatan yang berhubungan dengan makanan dan minuman, mulai dari sendok sampai meja dan kursi yang mudah dilipat atau mudah dimasukkan ke dalam mobil. 


 

2. Target Pasar


Alasan ide bisnis food truck ini usaha yang menarik, dengan sistem jemput bola maka akan dapat dipastikan target pasarnya lebih luas dan lebih banyak karena pelanggan berasal dari berbagai tempat, dan menjangkau konsumen dari berbagai kalangan masyarakat.  


Bisnis kuliner seperti food truck ini digemari banyak orang, alasannya karena semua orang membutuhkan makan. Menentukan konsumen dengan keberadaan mobil keliling. Misalnya saja di lingkungan kampus, sekolah, pusat keramaian dan tempat hiburan.



3. Keuntungan bisnis


Ada berbagai keuntungan dengan memilih bisnis makanan ataupun minuman dengan food truck ini. Jika tidak mau menyewa tempat untuk menjalankan bisnis, maka bisnis dengan mobil keliling dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan. 


Dengan kata lain misalnya, jika jualan di tempat A tidak begitu laris, maka dapat memindahkan food truck ketempat B yang lebih ramai, dan sebagainya. Alasan laiinnya adalah tempat yang di inginkan dapat ditentukan sesuai keinginan.



4. Kendala bisnis


Hambatan pada bisnis food truck adalah, jika musim penghujan datang maka sedikit menghambat kerja. Karena bila mobil dibuka, maka air akan masuk. Dan konsumen juga tidak nyaman jika makan di luar ruangan dalam keadaan hujan.


Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah Rasa, enak tidaknya jenis kuliner yang di jual kepada pelanggan. Maka usahakan untuk membuat menu makanan yang enak dan menarik, serta sesuai dengan konsep yang di usung pada food truck.



5. Strategi Pemasaran


Modifikasi mobil semenarik mungkin, sehingga konsumen tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu pasanglah baner di sekitar mobil, agar calon pembeli yang tidak sengaja melewati lokasi tersebut mengetahuinya.


Tawarkan menu yang unik dengan harga terjangkau, mulai mengenalkan konsep drive thru (layanan pesan yang di bawa pulang ). Sehingga orang yang lalu lalang didepannya dapat memesan makanan tanpa harus menunggu lama.



6. Kunci sukses


Kunci kesuksesan bisnis food truck terletak pada kenyamanan, kebersihan, dan cita rasa masakan. Perhatikan penampilan mobil yang dipakai untuk berjualan, sehingga konsumen merasa nyaman ketika makan di tempat. 


Sediakan juga beberapa meja dan kursi lipat sebagai tempat konsumen menikmati jajanan. Jaga kebersihan makanan, peralatan dan lingkungan sekitar lokasi usaha, pilih lingkungan yang jauh dari tempat sampah maupun selokan. 


Untuk menjaga cita rasa masakan, pilih juru masak yang benar – benar  berkualitas, jika perlu gunakan seleksi yang ketat saat merekrut karyawan.



Baca juga :  Proses membuat anggaran perusahaan secara komprehensif



Bisnis food truck sangat menarik saat ini
Bisnis food truck yang sedang trend / booming


Startegi memulai bisnis food truck


Bisnis food truck sangat menarik saat iniUntuk membuat bisnis food truck terlihat lebih menarik dibandingkan dengan para pesaing. Maka yang harus di lakukan adalah dengan memberikan strategi bisnis food truck yang unik tentunya.


Seiring berjalannya waktu, bisnis dengan mengikuti perkembangan jaman, hampir setiap harinya di sudut keramaian kota berjejer barisan mobil yang membuka lapak food truck berbagai menu makanan dan minuman.


Dengan menggunakan mobil keliling, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat untuk berjualan. 


Food Truck sendiri merupakan jenis bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang semua kegiatan operasionalnya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.



1. Modifikasi food truck


Modifikasi food truck menjadi lebih menarik dan unik. Ini bertujuan agar truck mudah diingat dan terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan food truck yang lainnya. Membuat food truck menjadi lebih menarik juga bertujuan sebagai media promosi.



2. Menu Menarik


Menu makanan yang di jual harus unik dan tentunya yang menarik. Menu makanan yang menarik tentu akan membuat pelanggan penasaran. Untuk itu coba jajakanan makanan yang menarik dan unik (yang tidak umum) namun sangat dibutuhkan pelanggan.



3. Konsep Menarik


Konsep yang menarik adalah kemasan yang menarik dan kekinian, hal ini akan menunjang tampilan dan untuk promosi. Buat kemasan makanan atau minuman yang di tawarkan agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan konsep food truck yang di usung. 



4. Aktif di sosial media


Aktif di sosial media menjadi salah satu cara untuk update informasi mengenai bisnis food truck. Konsep bisnis food truck adalah lapak jualan yang berpindah-pindah tempat mangkal. 


Maka usahakan untuk selalu aktif di media sosial agar para pelanggan tidak ketinggalan informasi dimana saat ini bermangkal, menu-menu yang disajikan dan promo yang sedang berlaku.



5. Ulasan Positif


Ulasan positif online sangat dibutuhkan bagi para pebisnis kuliner. Ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan pasalnya masyarakat kini lebih percaya dengan adanya ulasan atau testimoni menganai bisnis. 



6. Promo dan Diskon


Adakan promo dan beri diskon, hal ini  menjadi suatu momen yang sangat dinanti oleh masyarakat bila ada promo dan diskon. Maka untuk menarik para pelanggan tak ada salahnya jika diberi diskon atau promo pada hari-hari tertentu.



7. Kreativitas dan Inovasi


Teruslah berkreasi dan selalu berinovasi. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan melakukan inovasi untuk membuat tampilan bisnis dan sajian menu yang lebih menarik agar prlanggan tidak bosan.



8. Sampel Makanan


Sediakan sampel makanan di food truck Anda, tidak ada salahnya menyediakan sampel makanan. Untuk membuat pelanggan percaya dan yakin dengan cita rasa makanan yang ditawarkan, 



Baca juga :  Kiat memulai bisnis sendiri dan  menyusun rencana bisnis



Bisnis food truck sangat menarik saat ini
Bisnis food truck sangat flesibel mudah dipindah-pindahkan


Tempat-tempat untuk bisnis food truck


Bisnis food truck sangat menarik saat iniKonsep unik yang diusung oleh Food Truck merupakan hal positif yang membawa pengalaman kuliner baru bagi masyarakat. Respon konsumen juga cukup baik. 


Hal tersebut dapat dilihat dari ramainya jumlah pengunjung yang datang setiap harinya.  Membuka food truck tidak dapat sembarang tempat, ingat ungkapan bijak para jago pemasaran bahwa lokasi bisnis sangat menentukan.


Pusatkan pemikiran pada tempat untuk membuka food truck. Lalu, di mana lokasi yang paling strategis untuk membuka usaha ini,  berikut beberapa di antaranya



1. Dekat tempat orang sering belanja


Pastikan bahwa pengelola parkiran sudah memberikan izin untuk berjualan, Misalnya ditempat parkir di depan minimarket, kemungkinan ramainya mulai sore hari hingga malam hari. 


Untuk tempat seperti ini, pilih makanan yang cepat saji, seperti burger atau sosis, dari pada makanan menu lengkap. 



2. Festival atau pameran


Itulah mengapa harus menjadwalkan tanggal di mana ada event atau pameran sebagai tanggal penting untuk menyewa tempat berjualan di acara tersebut. Tempat semacam ini biasanya sangat padat. 


Jangan lupa untuk membawa stok produk lebih banyak, karena biasanya permintaan meningkat pada acara seperti ini. 



3. Area pendidikan


Biasanya banyak murid yang sering mencari makan di dekat sekolah atau kampus ketika jam istirahat. Sediakan menu yang sedang tren karena mereka umumnya menyukai makanan yang sedang tren. 


Penuhi kebutuhan mereka dengan membuka food truck di dekat sekolah / kampus mereka. Desain food truck yang menarik agar cocok untuk swafoto. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi siswa / mahasiswa. 



4. Gedung perkantoran


Pastikan tepat waktu yang ideal untuk buka jual makanan. Saat jam makan siang karyawan kantor juga sering mencari makan untuk dibawa atau disantap langsung di tempat yang biasanya tidak jauh dari kantor mereka.  



5. Gedung perkantoran


Taman kota adalah salah satu tempat yang bisa di piih, Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat joging dan juga rekreasi keluarga. 


Waktu terbaik untuk membuka food truck biasanya sore sehabis jam kantor atau akhir pekan mulai pagi hari hingga sore hari. Makanan yang disediakan makanan ringan, snack, atau sekadar minuman akan jadi pilihan favorit. 



Baca juga :  Analisa Strategis Bisnis Perusahaaan


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis food truck sangat menarik saat ini


Untuk melengkapi pengetahuan tentang food truck, maka silahkan tonton video dibawah ini.


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact "



Baca juga :  Langkah-langkah untuk membuka usaha sendiri



Berani sukses bisnis Food Truck









Bisnis food truck sangat menarik saat ini
Bisnis food truck




No comments:

Post a Comment



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts