Modal tipis mau sukses di bisnis - Strategi Bisnis yang Cantik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modal tipis mau sukses di bisnis


" Modal tipis mau sukses di bisnis, banyak sekali peluang usaha, walau modal yang pas-pasan, tidak berarti, tidak memiliki peluang untuk sukses "

Jeli melihat peluang pasar dan kreatif dalam membangun usaha membuka ide peluang bisnis yang baru. Ternyata modal tipis bisa membuka usaha. 

Peluang usaha yang paling menjanjikan, pada artikel ini akan berbagai contoh peluang usaha 

Peluang usaha terbaik berdasarkan tipe bisnisnya, jenis bisnisnya dan modal yang diperlukan (kecil atau menengah).

Salah satunya dengan usaha jus buah di rumah. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran. 

Melihat peminat masyarakat yang semakin banyak menyukai jus buah maka membuat peluang bisnis jus buah sangat menguntungkan untuk dijalani. 

Menjalankan bisnis jus buah sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses membuatnya. 

Melihat masyarakat yang sering membeli jus buah tentunya akan tertarik untuk menjalankan bisnis jus buah. 

Bisnis jus buah memang bukan sebagai bisnis yang baru namun yang belum memiliki usaha potensi usaha jus buah.

Selain itu juga tidak perlu menyediakan tempat usaha yang luas karena bisnis jus buah tidak sama dengan bisnis makanan yang membutuhkan lahan luas. 

Memulai suatu bisnis tentunya di perlu menyiapkan modal untuk membeli segala keperluan bahan yang digunakan. 

Kebutuhan bahan yang tidak terlalu banyak membuat modal yang perlu dipersiapkan tidak terlalu besar sehingga tidak perlu takut untuk memulai menjalankan bisnis jus buah. 

Dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. 


Baca juga : Artikel yang terkait

Silahkan gunakan fungsi Google Search Engine  untuk mendapatkan informasi website lainnya yang lebih luas dan lengkap tentang bahasan ini


https://www.gankoko.com/2020/05/modal-tipis-mau-sukses.html
Gambar - Modal tipis mau sukses di bisnis


Modal tipis mau sukses yang diawali dengan mau tahu tentang pasar


Modal tipis mau sukses, masih sangat terbuka lebar untuk semua kalangan masyarakat luas. Menjalankan bisnis jus buah tidak perlu membutuhkan modal yang besar.

Bahan baku pembuatan produk ini adalah buah berupa Jambu biji merah segar. Untuk memulai bisnis modal tipis dengan usaha minuman.

Cari lokasi yang strategis dan potensial. Usaha ini hanya membutuhkan tempat kira-kira 2×2 meter saja, namun bila lahan lebih luas dari itu akan lebih baik.

Lokasi yang strategis dan potensial seperti di depan supermarket, di kantin sekolah, kantin kampus, kantin rumah sakit. 

Bahkan di pinggir jalan yang ramai dan banyak dilalui orang. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha jus Jambu biji merah. 

Adalah hanya alat pembuat jus atau blender saja, yang harganya tidak sampai jutaan rupiah. Umumnya jus buah cepat laku jika dijual di pagi hari sampai sore hari. 

Kunci kesuksesan bisnis minuman jus buah bisa diperoleh dengan menjaga kesegaran bahan baku yang di gunakan. 

Karena kualitas kesegaran buah juga akan mempengaruhi cita rasa jus yang di prosesnya. 


a. Produk


Jeli melihat peluang pasar dan kreatif dalam membangun usaha membuka. Ide peluang bisnis yang menggunakan modal tipis. 

Ternyata dengan modal tipis sudah bisa membuka usaha. Salah satunya dengan usaha jus buah di rumah. Rata- rata harga jus buah yang beredar di pasaran. 

Harganya bekisar Rp 5.000,00 per gelas. Ada juga menu jus buah lainnya yang terbuat dari campuran beberapa buah. Biasanya dihargai lebih mahal. 

Berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 7.000,00. Bahan baku usaha minuman jus buah sangat mudah di temukan di pasaran dengan harga relatif sangat murah. 

Tapi jangan salah, keuntungan yang didapat mencapai 150% sampai 300%. Jenis minuman ini sangat membumi, banyak yang menyukai jenis minuman ini. 

Dari mulai anak kecil sampai orang tua. Selain harganya dapat terjangkau, minuman ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Informasikan juga kepada konsumen mengenai manfaat mengkonsumsi jus buah bagi kesehatan tubuh. 

Sehingga minat konsumen semakin besar, dan dapat meningkatkan penjualan.


b. Target pasar


Membuka usaha jus buah Jambu biji merah menggunakan modal tipis tidak besar. Besar kecilnya modal berpulang dengan keinginan.

Usaha dapat disesuaikan dengan modal tipis. Usaha ini bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah setiap harinya. Ramainya pembeli menjadikan usaha ini menjadi hal yang menjanjikan. 

Konsumen meliputi segala usia, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Baik pria maupun wanita, bisa dijadikan sebagai target pasar. Orang menyukai produk ini, karena.

Banyaknya manfaat minuman aneka jus. Untuk menjaga loyalitas konsumen, sebaiknya jaga cita rasa jus buah yang di proses untuk menjadi jus. 

Karena sebagian besar konsumen akan pindah ke penjual jus buah lainnya. jika mereka kecewa dengan rasa jus yang dibelinya


c. Memulai usaha


Peluang usaha makanan dan minuman, semakin terbuka lebar. Berbagai menu makanan dan minuman ditawarkan.

Salah satu menu minuman yang ditawarkan. Banyak dijual di pasaran adalah minuman aneka jus. Bisnis yang untungnya tidak bisa diremehkan. 

Memulai menjalankan bisnis jus buah berarti sudah dapat menjalankan bisnis rumah rumah tangga. Jenis minuman seperti ini.

Untuk memulai bisnis ini bisa memanfaatkan halaman rumah. Halaman rumah dijadikan tempat usaha.

Minuman segar yang telah diolah sedemikian rupa menggunakan juice atau blender. Sekarang banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan.

Di berbagai café dan restoran. Apalagi jika lokasi rumah dekat dengan kampus, sekolah, perkantoran, alun-alun dan lain-lain. Untuk tempat usaha jus buah.

Usaha jus buah tidak membutuhkan ruang yang luas. Cukup dengan lokasi yang berukuran 2 x 2 meter, sudah bisa digunakan sebagai memulai usaha ini. 

Belilah blender beserta perlengkapan lainnya seperti gelas, meja dan kursi, termos es, serta etalase atau gerobak. Sediakan pula berbagai macam buah.

Buah yang dapat dijadikan jus, karena konsumen menyukai outlet jus yang menyediakan berbagai macam rasa jus. Pembelian buah bisa langsung di pasar tradisional.

Usahakan buah yang dibeli buah yang baik dan buah yang masih segar, agar menarik bagi pembeli. Usahakan juga mendapatkan potongan harga dari para pedagang buah.


d. Strategi pemasaran


Strategi pemasaran usaha ini dapat dilakukan dengan memasang spanduk atau banner.

Tulis nama usaha dan menu jus yang ditawarkan. di sekitar lokasi usaha. Selanjutnya juga bisa membagikan brosur kepada masyarakat sekitar. 

Strategi pemasaran usaha ini dapat dilakukan dengan secara pemasaran Online maupun cara pemasaran Offline. 

Pemasaran secara online yaitu dengan mendaftarkan usaha ke Sofee, bukalapak dan media sosial. Pemasaran sangatlah penting, memperkenalkan jus buah kepada konsumen. 

Secara offline, dengan display buah-buahan segar di gerobak. Untuk menarik konsumen. Sehingga orang yang melihat akan tertarik untuk mampir dan membeli aneka.

Dapat melakukan berbagai hal untuk promosikan. Mencetak brosur atau banner, bahkan bisa promosi dari mulut ke mulut. 

Semakin gencar memasarkan maka semakin besar pula konsumen berdatangan.


e. Kelebihan bisnis


Minuman jus sudah sangat popular di kalangan masyarakat. Memulai usaha ini tidak terlalu sulit.

Usaha ini tidak sulit untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Saat ini peminatnya juga sudah sangat banyak, sehingga peluang pasar juga semakin luas. 

Disamping itu untuk menjalankan usaha ini juga tidak dibutuhkan modal besar. Peralatan yang dibutuhkan juga bisa menggunakan perlengkapan rumah tangga yang ada di rumah.


f. Kekurangan bisnis


Resiko yang ditanggung pengusaha jus buah dengan modal tipis. Resiko yang sering muncul antara lain kualitas bahan baku yang cepat menurun. 

Pandai memperkirakan jumlah buah yang harus dibeli setiap harinya. Dan buah yang tersisa karena tidak terjual, sebaiknya disimpan di lemari es agar tetap segar. 

Resiko yang lainnya yaitu menurunnya penjualan saat musim hujan. Karena pada musim hujan, minat konsumen akan minuman dingin sedikit menurun. 


Modal tipis mau sukses yang diawali dengan bisnis rumah tangga 


Modal tipis mau sukses. banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri. Sering terhalang oleh modal yang dibutuhkan. 

Sebaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumah tangga. Memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis. 

Dengan memanfaatkan rumah, dapat menghemat biaya modal yang cukup besar. Modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

Berikut adalah beberapa cara yang harus lakukan ketika ingin sukses memulai bisnis rumah tangga.


a. Meminta dukungan keluarga


Keluarga menjadi unsur terpenting sebelum memulai bisnis, apa lagi jika baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi penting untuk pendukung dari sisi material dan non material. 

Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang di jalani akan semakin sulit berkembang. 

Ketidak ada dukungan keluarga bisa gagal dalam berbisnis, Dukungan keluarga sangat dibutuhkan. Mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti.


b. Catat-mencatat


Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumah tangga saja. Perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. 

Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib. Salah satu dasar utama untuk kelangsungan bisnis yang akan di jalani agar sukses adalah masalah administrasi. 

Walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. 


c. Jangan takut gagal


Hanya ada 2 pilihan menjalankan setiap bisnis, yaitu sukses atau gagal. Pebisnis tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih pemula. 

Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani. Dapat dipastikan ke depannya bisnis akan mengalami kegagalan. 

Mental Pebisnis biasanya kuat, butuh proses panjang agar dapat meraih kesuksesan. Seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi. 

Tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.


d. Tentukan visi dan misi bisnis


Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis ke depannya, Walaupun bisnis hanya sekelas rumah tangga. 

Harus menentukannya dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, ada tujuan jelas yang dicapai ke depannya. Tidak asal hanya berjalan tetapi harus mempunyai target. 

Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk di capai.


e. Hitung kebutuhan modal


Tidak akan menjalankan bisnis jika modal yang dimiliki belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan.

Apa saja yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu, dapat memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah. 

Mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.


f. Sesuai passion


Hal terpenting untuk memulai bisnis adalah sesuai dengan passion yang di miliki. Harus sesuai dengan passion yang dimiliki

Jika dilandasi dengan passion. Apa yang di lakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Bisnis akan dijalankan dengan penuh semangat. 

Bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. 

Jika menyukai bidang fotografer, dapat membuka jasa foto di rumah. Jika suka desain bisa membuka jasa graphic design


g. Pilih waktu untuk memulai


Membangun bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, walau dengan modal tipis. 

Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat. Salah sedikit saja bisa mengalami kerugian. 

Jika salah memilih waktu, maka bisnis akan mengalami kegagalan. Contoh, saat mendekati bulan Ramadan, bisnis paling tepat yaitu berjualan busana muslim dan kue lebaran.


h. Keunikan produk


Ketika sudah memulai bisnis, produk yang di miliki dapat diterima baik oleh konsumen.

Memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. menggunakan produk yang unik. Persaingan semakin ketat. 

Setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Brand akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.


i. Promosi secara tepat


Promosi adalah salah hal wajib yang harus di lakukan. Mengenalkan produk ke calon konsumen.

Semakin sering melakukan promosi. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang dimiliki.

Dalam hal promosi jangan terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. 

Mempromosikan produk melalui medsos atau bisnis online dengan menggunakan sofee, buka lapak dan lain-lainnya.


j. Berikan yang terbaik


Ada pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Sudah sepantasnya memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. 

Jika pembeli merasa puas maka mereka akan datang kembali. Dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang di miliki. 

Hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat.

Dengan pengelolaan keuangan secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses. 

Melakukan pencatatan setiap transaksi bisnis di mana pun, tidak perlu menggunakan buku akuntansi yang tebal dan berat. Bisa menggunakan smartphone yang di miliki. 


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel " Modal tipis mau sukses "

Untuk mendapat informasi lebih luas dan lengkap tentang topik ini, silahkan menggunakan Google Search Engine

Semoga artikel ini memberi manfaat serta inspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa klik " Contact Us "


Untuk melengkapi pemahaman tentang Modal tipis mau sukses
silahkan tonton video dibawah ini


https://www.gankoko.com/2020/05/modal-tipis-mau-sukses.html
Video - Modal tipis mau sukses - 
Tips Berbisnis walaupun Tidak punya Modal


Post a Comment for "Modal tipis mau sukses di bisnis"