Saturday, February 8, 2020

Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1, cara ini tidak harus besar dalam menggunakan modal serta fleksible untuk menjalankan usaha ini.

Seiring berjalannya waktu bisnis dengan konsep restoran berjalan ini baru-baru ini mulai menjamur disudut-sudut kota. Mengikuti perkembangan trend kota-kota besar di dunia, ternyata peluang bisnis food truck di Indonesia tak kalah menjanjikan. 

Hampir setiap harinya di sudut keramaian kota, sudah berjejer barisan mobil yang membuka lapak food truck berbagai menu makanan dan minuman. Dengan menggunakan mobil keliling, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. 

Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.



Baca juga : Artikel yang terkait

Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. 
Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.


Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau memberikan komentar di akhir artikel ini.



Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1
Bisnis food truck 1 || Perkembangan sangat pesat dan cocok untuk usaha kuliner saat ini



Perkembangan Bisnis food truck untuk saat ini


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1Perkembangan bisnis kuliner seperti food truck ini semakin banyak digemari, karena semua orang membutuhkan makan. Bisnis ini juga dapat menentukan konsumen yang sesuai dengan keberadaan mobil keliling. seperti dilingkungan kampus, pusat keramaian seperti pasar dan lainnya.

Sehingga bisnis dapat menjangkau konsumen dari berbagai kalangan masyarakat. Alasan lain yang menjadikan ide bisnis food truck ini ide usaha yang menarik untuk dicoba karena dengan sistem jemput bola maka akan dapat dipastikan target pasarnya lebih luas dan lebih banyak karena pelanggan berasal dari berbagai tempat.


1. Perkembangan bisnis kuliner saat ini


Saat ini sudah banyak jenis usaha yang mengadopsi ide dan kreatifitas yang terus berkembang dan digandrungi oleh masyarakat. 
Salah satunya adalah usaha kuliner, dimana bidang ini hampir selalu mengalami perubahan dan perkembangan dari satu masa ke masa.


Beragam inovasi dan terobosan dilakukan Pebisnis yang bergerak di bidang kuliner. Untuk mendapatkan tambahan pundi-pundinya dan peluang bisnis yang lebih luas dari sebelumnya. 
Hal ini cukup beralasan.


Hampir setiap orang mengalami perubahan dalam hidupnya termasuk masalah makanan. Kita memiliki sifat mudah bosan dan selalu ingin menikmati hal-hal baru. Khususnya yang berkaitan dengan makanan.


Selera makan dan gaya hidup yang di terapkan kedalam keseharian. Fakta bahwa hampir semua orang tak ingin menikmati jenis makanan dan suasana tempat makan yang sama setiap harinya.


Dan penghasilannya pun yang menjanjikan serta menarik. Sehingga membuat kita ingin mengetahui lebih jauh tentang bisnis food truck. 
Untuk menjalankan bisnis Food truck wajib mengetahui ketentuan dan perundang-undangan yang harus dipatuhi di dalam menjalankannya.


Sesuai dengan konsep yang diusungnya bisnis food truck menjual makanan atau minuman. 
Food truck dapat dikategorikan usaha restoran atau rumah makan yang ketentuannya telah diatur dalam peraturan pemerintah.



2. Regulasi bisnis kuliner dengan Food Truck


Secara Nasional Bisnis food truck dalam Operasionalnya diatur dalam Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (“Permen Pariwisata 18/2016”).


Selain diatur dengan Permen tersebut bisnis food truck juga diatur oleh masing-masing Perda setempat. 
Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 133 Tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (“Pergub DKI Jakarta 133/2012”).


Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 13 Tahun 2017 tentang Restoran Bergerak (“Pergub DKI Jakarta 13/2017”). 
Syaratan dalam ijin untuk bisnis food truck yaitu surat Permohonan Pendaftaran Usaha Pariwisata (TDUP).


Dalam pengurusan Surat Permohonan Pendaftaran dengan melampirkan beberapa dokumen antara lain:



  • Fotokopi akta pendirian badan usaha yang melampirkan usaha jasa makanan dan minuman sebagai maksud dan tujuannya untuk pengusaha yang berbentuk Badan Usaha atau fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pengusaha perorangan.
     
  • Fotokopi izin teknis dan dokumen lingkungan hidup sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
     
  • Keterangan tertulis dari pengusaha tentang perkiraan kapasitas jasa makanan dan minuman yang dinyatakan dalam jumlah kursi untuk restoran, rumah makan, bar atau rumah minum, kafe dan pusat makanan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis food truck food lebih mudah merintisnya dan simple dalam operasioannya. 
Disain trucknya pun sangat menarik dan inovatif sangat menarik sehingga memikat pembeli.


Pastinya bisnis ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Sehingga perlu mengetahui hal-hal penting agar dapat sukses membangun bisnis food truck :





Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1
Bisnis food truck 1 || cocok untuk menjalankan usaha kuliner saat ini


Menjalankan Bisnis food truck


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1Perkembangan food truck dan telah menjadi tren saat ini di berbagai kota besar, hal ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sudut kota Jakarta yang telah diramaikan dengan hadirnya food truck

Sebagai pilihan alternatif dalam menikmati kuliner. Setelah mengetahui bisnis food truck merupakan peluang bisnis baru.



1. Siap menghadapi Risiko bisnis


Setiap bisnis dalam perjalanannya pasti mempunyai macam resiko dan kendala yang bisa saja terjadi. hal itu juga berlaku di dalam bisnis food truck. 
Meski terlihat mudah untuk di jalankan, namun faktanya usaha food truck juga rentan terhadap risiko.


Kadang berakhir dengan kebangkrutan. Konsep bisnis food truck mempunyai prospek bagus, berdasarkan data dari Asosiasi food truck Indonesia (AFTI). Bisnis food truck untuk enam bulan memunculkan sebuah fakta di lapangan. 


Di mana 20%-30% dari bisnis food truck pada umumnya gugur di dua bulan pertama operasionalnya. Menurut data tersebut yang menjadi hambatan dan penyebab terjadinya kegagalan bisnis food truck. Sering terjadi perpecahan kongsi antara pemilik usaha dan juga bahan baku.



2. Memiliki Mental Kuat dalam bisnis


Modal awal yang dibutuhkan bisnis food truck tergolong cukup besar. Oleh sebab itu dibutuhkan mental yang kuat untuk menjalankan. Sesuai tantangan dan dengan modal besar.


Bisnis ini juga memiliki peluang yang besar mencetak omset yang menggiurkan. Hambatan yang sering terjadi pada bisnis ini adalah pengadaan suplai bahan baku.



3. Masalah Sumber Daya Manusia (SDM)


Kendala yang sering dan serius dalam pengembangan bisnis food truck. Adalah masalah sumber daya manusia (SDM), contohnya pada saat sebelu dan sesudah hari raya Idul Fitri.


Dalam kondisi tersebut food truck terpaksa tidak beroperasi. Kesulitan yang serius dalam bisnis ini adalah yang menyakut pegawai. 
Seperti dalam merekrut pegawai. Serta kurangnya kesiapan pegawai untuk menghadapi pekerjaan.



4. Bergabung di Asosiasi


Sebagai Pebisnis food truck ada baiknya bergabung di Asosiasi food truck Indonesia (AFTI). Dengan bergabungnya keorganisasi tersebut banyak manfaat yang bisa di dapat. 
Seperti saling bertukar pengalaman.


Dapat bertukar informasi dan dapat pula saling membatu sesama. Bergabung di dalam organisasi bisa pebisnis bisa mendapatkan arahan-arahan dari organisasi, Sehingga Pebisnis akan dapat keuntungan berupa pengetahuan yang lebih luas tentang bisnis food truck.



5. Memiliki Komitmen yang kuat


Bila ingin menjadi Pebisnis yang sukses harus memiliki komitmen kuat untuk mau bekerja keras. Dan komitmen yang kuat dalam menjalankan bisnis.

 
Dengan memiliki komitmen yang kuat juga harus memiliki syarat-syarat lainnya untuk menjadi Pebisnis yang sukses. Dengan demikian pebisnis dapat mengembangkan bisnis sesuai harapannya.


Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1
Bisnis food truck 1 || cocok untuk usaha kuliner saat ini karena sangat fliesibel
Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1


Lanjutkan ke Bagian 2 (terakhir).

Untuk menlengkapi pengetahuan tentang Bisnis food truck maka silahkan tonton video dibawah ini.

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Contact Us "





Tips Bisnis Food Truck



Baca juga : Merintis usaha menggunakan pinjaman dari bank || Bagian 2



Bisnis food truck cocok untuk usaha kuliner saat ini || Bagian 1
Bisnis food truck 1


2 comments:

  1. Replies
    1. Silahkan saja, bila hal-hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan di tombol KONTAK di atas, Terima kasih.

      Delete



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts