Thursday, January 23, 2020

Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun


Bisnis yang cocok untuk di masa pensiun, kondisi keuangan ketika pensiun mengharuskan tetap produktif finansial, tetap bekerja juga bukan hal buruk.


Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.




Baca juga : Artikel yang terkait


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.


Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.


Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau menshare dan meninggalkan komentar di akhir artikel ini.








Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun


Walau bagaimanapun kondisi seseorang ketika sudah memasuki masa pensiun sedikit banyak berbeda dengan kondisi ketika dia masih berada di usia produktif dari sisi kesehatan fisik.


Topik ini mengupas lebih jauh tentang berbagai pilihan usaha atau bisnis yang banyak diminati para pensiunan. Masa pensiun identik dengan kegiatan yang lebih santai dan juga banyak waktu, mengingat berbagai rutinitas harian di kantor sudah tidak lagi perlu dilakukan.


Masa pensiun identik dengan kegiatan yang lebih santai dan juga banyak waktu, mengingat berbagai rutinitas harian di kantor sudah tidak lagi perlu dilakukan. Sekalipun seorang yang rajin berolahraga sejak muda, menjaga pola makan, dan bergaya hidup sehat.


Namun kondisi fisik ketika pensiun dan memasuki usia senja umumnya ada saja masalah kesehatannya. Nah, menimbang kondisi fisik yang semakin menua, memilih jenis usaha tidak terlalu menguras energi dan menuntut mobilitas tinggi.


Dan tak dimungkiri, masa pensiun jadi momok bagi sebagian pekerja, kekhawatiran kondisi keuangan yang tak memadai untuk bisa menikmati masa pensiun yang menyenangkan. Masa pensiun berbagai kebutuhan tentu masih harus dipenuhi dengan baik. 


Saat sudah tidak memiliki gaji tetap setiap bulannya. Menjalankan bisnis setelah pensiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu yang rumit dan dalam skala besar. Menjalankan bisnis kecil dan mudah dilakukan juga bisa jadi pertimbangan. 

Saat ini banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah. Pastikan buat memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat, sehingga bisnis ini akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.






Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Kegiatan mengisi masa pensiun dengan berbisnis di masa pensiun



Untuk bisnis di masa pensiun


Memasuki usia pensiun pastinya memikirkan apa yang harus di lakukan setelah tidak lagi bekerja di kantor. Banyak nilai plusnya ketika pensiun dari pekerjaan, diantaranya bisa menjalankan bisnis yang sebelumnya belum pernah dilakukan.


Dengan demikian akan sangat menikmati masa pensiun dengan lebih nyaman. Namun ada juga yang khawatir menghadapi masa pensiun. Memasuki usia pensiun tentunya penghasilan akan berkurang, sehingga sangat menyulitkan keluarga.


Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa mengisi waktu pensiun dengan mendirikan sebuah bisnis untuk mengatasi masalah finansial keluarga. Bisnis yang tepat pastinya akan menghasilkan sejumlah keuntungan yang jauh lebih besar dari penghasilan sebelumnya.


Pilih bisnis yang paling tepat untuk mengisi masa pensiun, bagi mereka yang akan merealisasikan bisnis mungkin merupakan pengalaman pertama, tapi jangan terlalu khawatir akan kegagalan. 


Selama bisnis tersebut direncanakan dengan matang dan realistis maka peluang untuk mencapai kesuksesan itu sudah ada di depan mata. Untuk bisa memulai sebuah bisnis itu tidak perlu dengan skala yang besar.

Bisnis besar tentunya modalnya pun harus di persiapkan dengan besar juga. Dalam menjalankan bisnis bisa memulainya dengan bisnis rumahan yang mudah dan murah. Setiap orang tentunya ingin hidup di usia pensiun dengan keadaan sudah mapan.

Artinya, saat usia pensiun itu tiba, sudah memiliki segalanya dan tinggal menikmati indahnya hidup bersama keluarga, anak dan cucu.


Namun, bukan berarti usia pensiun itu berhenti total dari aktifitas produktif, lalu bisnis apa yang cocok di usia pensiun ?


Tentunya, masa pensiun akan semakin indah jika keadaan rumah tidak sepi. Biasanya, di usia pensiun, anak-anak sudah memiliki keluarga masing-masing dan rumah juga sepi karena anak-anak sudah tidak bersama lagi.




1. Usaha menurut hobi


Menjalankan bisnis hendaknya sesuai dengan hobi, akan menjadi hal yang menyenangkan karena hobi tersalurkan dan tentunya akan semakin menikmati usia pensiun.


Nah, menjalankan bisnis sesuai dengan hobi maka menjadi nilai plus karena tidak hanya melakukan hobi yang di suka melainkan juga mendatangkan banyak peluang. Salah satu contoh, Jika hobi memancing, maka bisa membuka kolam pemancingan.




2. Usaha menurut keahlian


Selain menurut hobi, ada juga bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan keahlian. Tentu ini menarik. Jika memiliki keahlian mengajar, maka bisa membuka tempat bimbingan belajar. Dalam mengajar tidak perlu terjun langsung untuk mengajar.


Hal itu bisa saja membayar guru privat atau staff yang bisa menjalankan bisnis bimbel ini. Dengan sistem manajemen yang baik, bukan mustahil jika kemudian bisnis ini bisa menjadi besar. 

Contoh lain, jika memiliki keahlian bidang seni, maka jadikan seni tersebut sebagai ladang bisnis. Jika tidak, maka mulailah bisnis dari yang kecil dengan dana seadanya agar bisa melihat perkembangannya dengan baik serta mengetahui bisnis berjalan baik atau tidak.






Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Bisnis di masa pensiun | Kegiatan mengisi masa pensiun dengan berbisnis


Usaha yang Cocok untuk bisnis di masa pensiun 


Masa pensiun adalah masa yang sudah tidak produktif lagi di dalam bekerja, dari sisi penghasilan bulanan tidak lagi sebanyak saat masih bekerja.  Selain itu, hari-hari terasa membosankan.


Biasanya ada pekerjaan yang harus dilakukan, namun setelah pensiun malah menganggur tidak ada pekerjaan. Hal ini tentu menjadi masalah bagi sebagian orang yang sudah pensiun, mereka biasanya mencari kegiatan dengan berbisnis untuk mengisi waktu luang.

Selain alasan tersebut diatas bisa juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya. Sayangnya tidak semua bisnis cocok untuk pensiunan, terutama bisnis yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran yang berat. 

Masa pensiun dengan waktu luang melimpah mungkin menjadi hal yang dinanti-nanti banyak karyawan atau pekerja berusia lanjut. Akan tetapi, memiliki banyak waktu luang melimpah tak selamanya terasa menyenangkan. 


Salah satu masalah yang kerap menghantui saat memiliki banyak waktu luang adalah rasa bosan. Rasa bosan bagi pensiunan sebaiknya tidak dianggap sepele karena rasa bosan dapat memicu timbulnya perasaan depresi. 

Pensiunan memiliki kecenderungan 40 persen lebih besar untuk mengalami depresi dibandingkan pekerja aktif. Salah satu cara menghindari kebosanan di masa pensiun adalah dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. 



1. Mulai Berbisnis


Jika memiliki jiwa berbisnis, tak ada salahnya jika pensiunan mulai merintis bisnis. Sebagai pemilik bisnis, pensiunan memiliki waktu yang sangat banyak untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Saat bisnis mulai berjalan baik, pensiunan bisa mempekerjakan orang baru untuk membantunya agar tidak kewalahan.

2. Jadikan Hobi peluang bisnis


Jika tak memiliki jiwa berbisnis, pensiunan tetap memiliki peluang untuk melakukan kegiatan bermanfaat dan menguntungkan. Salah satunya dengan menekuni hobi yang selama ini mungkin terabaikan karena pekerjaan. 

Beragam hobi lain yang bisa ditekuni semasa pensiun adalah fotografi hingga memasak. Menekuni hobi selama masa pensiun tak hanya akan terasa menyenangkan tetapi dapat membuka peluang terciptanya pemasukan baru. 

Sebagai contoh, pensiunan yang menggemari kerajinan tangan bisa menjual karya-karyanya secara online atau di pasar-pasar tradisional. Sebagian pensiunan mungkin memiliki dana lebih untuk membeli tanah dan rumah. 

Pensiunan bisa menyulap rumah ini menjadi kos-kosan atau rumah kontrakan. Selain tetap memiliki kesibukan mengurus kos-kosan atau rumah kontrakan, pensiunan juga bisa mendapatkan pemasukan rutin dari orang-orang yang menyewa rumah tersebut.


3. Menjadi Pekerja Paruh Waktu


Pensiunan yang tidak suka bekerja sendirian masih memiliki opsi lain untuk tetap sibuk selama masa pensiun. Ada kemungkinan perusahaan membuka peluang bagi pensiunan untuk bekerja paruh waktu.

Salah satunya dengan menghubungi perusahaan tempat pensiunan dulu bekerja dan bertanya mengenai kemungkinan menjadi pekerja paruh waktu.

Sekalipun tidak diterima, bukan berarti tidak ada kemungkinan di masa mendatang perusahaan akan menghubungi pensiunan untuk mengisi posisi pekerja paruh waktu.





Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Mengisi waktu dengan bisnis di masa pensiun



Strategi bisnis di masa pensiun


Berbisnis tidak hanya untuk mereka yang muda melainkan juga bagi Anda yang sudah bersiap untuk menghadapi masa pensiun. Umumnya, di masa pensiun orang akan lebih suka menghabiskan waktu bersama anak cucu dan istirahat dirumah secara total. 

Namun, jika melihat bagaimana strategi investasi dari para ahli bekerja, maka sungguh disayangkan jika masa pensiun tiba kemudian tiba-tiba off bekerja begitu saja. Memang awalnya bisa saja menghibur, namun beberapa bulan akan terasa membosankan. 

Selain itu, jika di usia pensiun tidak melakukan apapun selain berada di rumah. Sangat disayangkan karena semua usaha yang pernah dilakukan dari mulai relasi bisnis, pengalaman.

Pengaruh dan bahkan gelar yang diperjuangkan dari dulu akan hilang begitu saja. Benar-benar menjadi nol saat itu. Maka, keputusan berbisnis di usia pensiun adalah hal yang sangat tepat. Hanya saja tidak boleh memaksakan diri.


Cobalah beberapa strategi bisnis untuk usia pensiun berikut ini ;



1. Mulailah dengan apa yang di sukai


Masa pensiun sangat rawan dengan post-power syndrome yaitu dimana pensiunan merasa insecure atau tidak aman, gelisah, bimbang, bingung, takut, khawatir dan berbagai bentuk lainnya. Hal itu akan berpengaruh pada kesehatan.

Untuk menghindarinya sebaiknya pensiunan membuat kesibukan dengan berbisnis. Jika suka memancing, maka buatlah kolam pemancingan ikan dan lain sebagainya. Manfaatkan relasi. 

Tentunya setiap jenis usaha memiliki kesempatan untuk ditingkatkan melalui jaringan relasi. Pada saat di usia produktif tentunya memiliki banyak relasi atau kenalan. Manfaatkan relasi untuk membantu bisnis. Jika memiliki kolam pemancingan.

Ajaklah relasi untuk datang ke kolam pemancingan saat waktu mereka sedang senggang atau saat libur. Bisa bersantai bersama dan ajak ia untuk mengiklankan kolam pemancingan ini kepada temannya atau bahkan ajak untuk membuat gathering (pertemuan).



2. Tidak perlu dengan target


Di usia masa produktif bisa saja memiliki target pencapaian, hal itu memacu semangat untuk bekerja sesuai yang diharapkan. Tentunya, cara mentarget tidak akan berjalan baik jika diterapkan pada usia pensiun, karena pensiun membutuhkan sesuatu yang lebih rileks. 

Biarkan bisnis berjalan secara alami dan lakukan yang bisa di lakukan, tidak perlu dipaksakan. Manfaatkan keahlian dan pengalaman, sudah tentu di usia pensiun memiliki keahlian serta pengalaman.

Keahlian dan pengalaman juga bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis di usia pensiun. Jika memiliki keahlian di bidang mengajar, maka buatlah lembaga bimbingan belajar dan rekrut mahasiswa atau guru untuk menjadi guru privat. 

Jika memiliki keahlian di bidang IT, maka bisa membuka usaha bidang IT dan diisi oleh orang IT. Berbisnis di masa Pensiun hendaknya memanfaatkan pengalaman dan keahlian yang di miliki.



3. Jangan jalankan bisnis sendiri


Memiliki usaha atau menjadi pengusaha, tidak harus menjalankan sendiri. Membuat rencana dengan merekrut orang tepat yang akan menjalankan bisnis tersebut. Bisnis yang dipilih bisa apa saja karena yang akan menjalankan adalah orang lain. 

Bisnis ini juga bisa memiliki target-target, rencana-rencana serta pengembangan yang serius. Bisnis yang di jalankan tentunya tidak dapat berjalan dengan santai karena memiliki banyak pesaing.


Maka tepat jika ingin membuat bisnis yang kompetitif dan aktif serta eksis dengan para kompetitor adalah dengan merekrut orang yang tepat dan bisa dipercaya. Pastikan betul dalam merekrut orang yang tepat serta bisa di percaya. 

atau dapat juga mengajak anak atau cucu untuk terlibat sehingga perusahaan bisa dikontrol dengan baik. Berdasarkan konsep strategi investasi, jika tidak ingin terlibat bisnis secara langsung dalam bisnis, maka harus merekrut orang yang tepat dan bisa dipercaya.

Merekrut orang yang tepat adalah prinsip bisnis sedangkan orang yang dipercaya. Pelaku bisnis adalah aset yang sangat berharga karena bersinggungan langsung dengan eksistensi dan keuntungan bisnis atau perusahaan.



 
Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Mengelola Bisnis di masa Pensiun


Tips Untuk Memulai dan mengelola Bisnis Saat Pensiun


Idealnya di masa pensiun diisi dengan istirahat dengan kegiatan-kegiatan fisik yang tidak terlalu menguras energi. Namun, apa boleh buat. situasi dan kondisi keuangan ketika memasuksi masa pensiun mengharuskan tetap produktif finansial.


Namun tetap aktif bekerja juga bukan hal buruk. Para perencana keuangan berpendapat, produktif dari sisi finansial ketika sudah memasuki usia pensiun bisa dijalankan dengan menjalankan bisnis atau dengan berbisnis.



1. Tips Untuk Memulai Bisnis Saat Pensiun


Tak heran jika persentase pensiunan yang kaya di usia sangatlah sedikit. Sebenarnya membuka bisnis saat pensiun tidak ada salahnya, tetapi tetap harus ingat stamina yang berbeda dengan saat masih kerja.


Selain itu, apakah yakin bisnis itu pasti akan langsung sukses. Jika  memang tidak masalah dengan risiko yang dihadapi maka membuka bisnis yang bisa menjadi solusinya.




2. Memahami Pensiun


Pensiun adalah salah satu masa yang mau tidak mau dihadapi setiap manusia. Di masa pensiun seseorang merasa khawatir karena tidak ada pendapatan lagi. Kehilangan identitas karena tidak lagi bekerja dan kebingungan dalam mengisi waktu luang. 


Pastikan merasa aman secara emosional dan keuangan selama pensiun. Membuat rencana mengenai waktu penerimaan dana pensiun termasuk dari sumber apa saja yang akan diterima.

Rencana yang dibuat dapat membantumu untuk mengatur perencanaan dan perkiraan pengeluaran selama masa pensiun agar keuangan tetap terjaga. Selain menyiapkan tabungan dan asuransi, mungkin ada hal hal lain dilakukan saat pensiun.


Khususnya dengan tujuan untuk membuat keuanganmu agar tetap stabil, yaitu dengan membuat bisnis.





3. Membaca Peluang Terlebih Dahulu


Sebenarnya peluang untuk menjadi wirausaha itu pastilah ada dan terbuka lebar jika kamu mau mencobanya. Semua pilihan itu ada di tanganmu. Jika memilih berbisnis hal yang perlu dilakukan adalah melihat peluang usaha yang memiliki prospek di masa depan.


Apakah bisnis memiliki prospek jangka panjang yang baik .... ?


Apakah bisnis itu akan bertahan lama ..... ?


Pahami terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis.


Sudah pasti setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan, namun hal yang paling penting adalah bagaimana cara mengurangi kekurangannya.


Buatlah perencanaan yang matang, sekaligus mempertimbangkan sehingga mampu memperoleh jawaban mengenai prospek bisnis di masa depan. Bila memiliki prospek yang bagus, maka masalah apapun tak mungkin menjadi masalah berarti.





4. Fokuslah Pada Tujuan


Sebelum terjun ke dunia bisnis, yakini bahwa di setiap bisnis pasti mengalami masa-masa sulit yang harus dihadapi. Hal yang penting adalah menanamkan keyakinan bahwa setiap bisnis merupakan sutau proses. Pastinya saat di mana bisnis menjadi sukses dan berkembang.


Namun ada juga masa sulit yang akan membuat menjadi putus asa. Jika yang datang adalah masa sulit, maka cobalah untuk mengingat tujuan awal mulai berbisnis dan menjadipebisnis. Sekaligus percaya jika yang namanya badai pasti akan berlalu. 

Tataplah ke depan jika ada prospek yang lebih menjanjikan. Jika mampu memikirkan berbagai macam ide, maka itu baik untuk mengembangkan bisnis yang sedang mengalami kesulitan. Jangan sampai masalah ringan menghalangi. 

Bahkan menghentikan langkah menjadi pebisnis. Hal ini akan merugikan karena bisnis sudah berjalan dan modal juga sudah keluar. memulai sebuah bisnis tidak harus menunggu masa atau waktu yang tepat karena usaha dapat dilakukan kapan saja.

Baik saat masih dalam kondisi produktif maupun sudah mulai memasuki masa pensiun. Atau pun saat membutuhkan dana untuk modal hidup di masa tua. Prinsipnya hanya mengambil kesempatan ketika memang masih terbuka dengan lebar.


Namun bila membutuhkan jawaban pasti mengenai kapan waktu yang baik untuk memulai usaha. Jawabannya adalah lebih cepat tentu semakin baik. 


Informasi mengenai bisnis dapat menginspirasi untuk segera memulai usaha sendiri. Hingga dapat mempersiapkan masa pensiun lebih matang.



5. Mengelola Waktu di Masa Pensiun


Banyak orang senang menghadapi masa pensiun tetapi ada juga yang merasa takut saat pensiun. Namun juga orang yang justru merasa tidak nyaman saat pensiun. Alasannya, di saat pensiun beberapa orang akan merasa kehilangan arah.


Ada yang tidak bisa mengingat waktu, ada juga yang merasa tidak memiliki kewenangan lagi dan bingung harus melakukan apa.


Oleh sebab itu, masa pensiun bukan berarti tidak memiliki jadwal, banyak cara untuk tetap bisa merasa semangat meskipun sudah pensiun. Berikut ini adalah enam tips bsa mengelola waktu dengan baik saat sudah pensiun:







Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Bisnis yang cocok untuk di masa pensiun.


Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik "Kontak"




Yang cocok untuk bisnis di masa pensiun
Kebiatan yang cocok, bisnis di masa pensiun


2 comments:



Terima kasih, telah membaca dan memberi komentarnya

Semoga Artikel ini memberi inspirasi dan bermanfaat.

Brokoko

Popular Posts