Saturday, January 5, 2019

Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis


Faktor Keberhasil dan kegagalan berbisnis adalah hal yang biasa dalam bisnis, Pebisnis dapat memperhitungkan kemungkinan yang akan terjadi sebelumnya.

Memiliki Strategi bisnis yang Cantik untuk bisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menetrapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.



Baca juga : Artikel yang terkait


Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis. Naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola  bisnis.

Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.

Tak lupa di ucapkan Terima kasih, telah berkunjung di artikel ini. Mohon kiranya mau menshare dan meninggalkan komentar di akhir artikel ini.








Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor Keberhasil dan kegagalan berbisnis




Faktor keberhasilan yang mempengaruhi bisnis


Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu usaha untuk menjual barang. Kepada pengguna jasa / barang untuk memperoleh hasil berupa laba. sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis.

Bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan barang dan jasa yang bertujuan utnuk memperoleh keuntungan.


1. Keberhasilan dalam Bisnis


Berusaha secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan. Tujuan dalam bisnis adalah mendapatkan uang dari keuntung dalam bisnis.

Apa saja yang menjadi Faktor Keberhasilan dalam bisnis ?

Ini alasannya, simak ulasannya !

Tidak jarang juga diketahui bahwa pelaku bisnis terjebak untuk menaikkan harga barangnya setinggi. Mungkin yang diharapkan agar mendapat keuntungan lebih banyak. Sehingga pelaku bisnis lupa untuk meningkatkan kualitas produk dan berinovasi dalam berbisnis.

Ketakutan akan menciptakan produk yang tidak diminati pasar adalah salah satu kekhawatiran Pebisnis. Sesungguhnya tidak harus demikian sebaiknya, caranya adalah menjual dulu ide atau prototypenya.

Jika reaksi dari pembeli dinilai positif, baru dapat mengembangkannya menjadi produk khusus atau rare item (produk langka/jarang). Fokus dan yakin pada nilai produk dari pada mensia-siakan waktu dan tenaga mencari sesuatu yang akan dibeli pelanggan.

Belajar jauh lebih banyak dari produk yang  yakini untuk mendapat kesuksesan. Pemilik bisnis dapat memperkirakan faktor Keberhasilan dan Kegagalan dalam Bisnis,

Selain itu juga tentunya memiliki potensi diri berupa kemampuan, kekuatan. Baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud. Tetapi belum sepenuhnya teraplikasikan maksimal potensi dapat di klasifikasi dalam :


  • Kemampuan dasar sebagai mahluk sosial, seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.
  • Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
  • Kepribadian, adalah semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosia 




Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor keberhasilan yang mempengaruhi bisnis


Faktor yang mempengaruhi Untuk berbisnis adalah hal pendapatan kebebasan dalam bekerja. Menjadi pelaku bisnis berbeda dengan menjadi Karyawan. Seorang pekerja akan mendapatkan pendapatan berdasarkan ketentuan perusahaan yang berlaku.

Sedangkan pelaku bisnis mempunyai pendapatan tanpa ada limit berdasarkan usaha dan kemampuan dari pelaku bisnis. Menjadi pelaku bisnis tidaklah hal yang mudah.

Jatuh dan bangun dalam dalam bisnis adalah hal yang biasa serta selalu melakukan pembenahan-pembenahan. Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis sangat menentukan. 

Begitu juga memiliki mental yang kuat dan tangguh mutlak harus dimiliki oleh pelaku bisnis. Selain faktor pendapatan yang no limited serta kebebasan dalam bekerja,  Faktor yang mempengaruhi

Untuk berbisnis lainnya adalah konsekuensi dalam menjalankan bisnisnya, yaitu konsekkuensi gagal atau berhasil. Sehingga wajar saja ketika menuai hasilnya jauh lebih lebih banyak dibandingkan dengan pekerja.

Jadi pengaruhnya apa saja untuk sukses dalam berbisnis...?



2. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis



 Selalu Kreatif

Kunci awal bisnis bisa sukses dimulai dari sifat selalu kreatif. Seorang pelaku bisnis haruslah selalu kreatif. Memang sifat kreatif tidak bisa datang dengan sendirinya.

Walaupun bisa berasal dari sifat dasar seseorang, selalu kreatif bisa dilatih dan dimunculkan. Akan lebih baik dibandingkan dengan sifat selalu kreatif yang didasarkan dari pembelajaran dan kebiasaan.


Punya Ciri Khas Beda dari yang Lain

Pebisnis haruslah mempunyai sense atau punya ciri khas beda dari yang lain dengan orang-orang lain pada umumnya. Seorang pelaku bisnis yang hebat mampu menyinergikan antara kreativitas dan kata unik. Punya Ciri Khas yang Beda dari yang Lain,

Hasil produknya yang mempunyai keunikan yang relevan dengan segmen pasarnya akan menjadikan produk tersebut menjadi pusat perhatian. Apabila pebisnis dapat menciptakan produk yang layak jual, bukan mustahil produknya bisa merajai pasar.


 Memang Dibutuhkan Pasar


Pelaku bisnis haruslah tahu apa kebutuhan atau kemauan pasar. Setiap produk atau jasa yang ditawarkan haruslah Memang Dibutuhkan Pasar dan sesuai dengan permintaan pasar.

Jangan sampai pelaku bisnis menciptakan produk atau jasa yang bertolak belakang dengan keinginan pasar. Sebab langkah seperti ini akan berakibat fatal.

Dan membuat bisnis akan semakin berat. Produknya Dibutuhkan Pasar Bagaimana pun juga permintaan pasar adalah tolok ukur dari sebuah produk yang dipasarkan produsen.


Membangun Reputasi Positif dan Baik

Membangun Reputasi Positif dan Baik merupakan hal yang utama dalam bisnis. Sebisa mungkin harus dapat membangun reputasi yang positif dan baik di mata konsumen.

Membangun Reputasi Positif dan Baik adalah cara yang paling handal adalah pemasaran di mana berasal dari testimoni konsumen.

Testimoni yang baik akan didapatkan hanya dengan sebuah reputasi yang baik.


Menjalankan Bisnis secara Terencana

Menjalankan Bisnis secara Terencana jika ingin sukses menjadi seorang pelaku bisnis, haruslah mempunyai perencanaan yang baik dan sesuai dengan tren. Jangan sampai mempunyai bisnis yang tidak akan berkembang ke depannya. 

Menjalankan Bisnis secara Terencana adalah bisnis yang penuh dengan perencanaan dan perhitungan. Perencanaan dapat dibagi menjadi dua: rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Kedua perencanaan ini haruslah seiring sejalan.


Menikmati Menjadi Pebisnis

Menikmati Menjadi Pebisnis adalah suatu keharusan karena menjadi pelaku bisnis mempunyai risiko yang sangat besar. Selain mempunyai resiko yang besar juga memiliki penghasilan yang tidak pasti. 

Seorang pelaku bisnis akan selalu dihadapkan dengan kegagalan dan kerugian. Tidak sedikit yang tidak akan lolos dari ujian gagal dan bangkrut dalam berbisnis. 

Mereka cenderung meninggalkan bisnis yang digeluti dan kembali ke zona aman dan nyaman. Oleh karena itu, jika ingin sukses dalam bisnis, jadilah pelaku bisnis yang benar-benar Menikmati Menjadi Pebisnis.






Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor keberhasilan Vs kegagalan berbisnis



Faktor keberhasilan bisnis


Bila ingin sukses lakukanlah hal yang di senangi, sehingga Berbisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Peluang usaha yang berasal dari hobi akan berjalan dengan lancar.  Karena melakukannya dengan senang hati.

Tanpa beban, permasalahan yang dihadapi akan menjadikan semakin tertantang untuk mengatasinya. Tak jarang dan tak segan-segan untuk mengeluarkan banyak uang untuk bisa melakukan yang di senangi.

Faktor keberhasilan berbisnis sangatlah menentukan dalam hal kesuksesan dalam bisnis. Hal yang disenangi biasanya bila dicermati, dapat menjadikan orang yang sukses.

Manakala hobi dikembangkan dengan serius menjadikan sumber penghasilan. Berbisnis yang menjanjikan dan  menguntungkan bila bisnisnya di jalankan dengan senang hati.  Manakala bisnisnya dijalankan dengan senang hati maka akan selalu berdampak positif.

Menjadi peluang bisnis, semua itu terpulang bagaimana mampu mengemasnya menjadi sebuah komoditas bisnis yang menarik. Berbisnis yang menjanjikan dan menguntungkan sesungguhnya masih banyak diluar sana. Untuk simak dan di jadikan peluang bisnis  ;



1. Senang dengan memelihara Binatang.


Senang dengan memelihara Binatang adalah kesenangan yang ini umum dilakukan oleh penggemar binatang. Kesukaaannya dan tak jarang dijadikan bisnis yang menguntungkan. Senang dengan memelihara Binatang bisa mendapatkan suatu kepuasan.

Dalam memelihara binatang tersebut, misalnya dengan mengembang biakan, Senang dengan memelihara Binatang. Dengan cara memperjual belikan binatang tersebut. Sungguhnya masih banyak lagi kesukaan lainnya yang dapat dikembangkan dengan serius.

Sehingga dijadikan peluang bisnis yang menjadi sumber penghasilan. Semua terpulang pada pelakunya. Dalam mencermatinya untuk menjadi peluang untuk dalam bisnis.



2. Senang dengan bermusik


Senang dengan bermusik banyak sekali jalur yang dapat diperoleh sesuai dengan kesenangan bidang musik. Asal saja tekun dalam menjalaninya serta serius niscaya gerbang kesuksesan akan terbuka.

Senang dengan bermusik Contohnya memiliki keahlian pada salah  alat musik atau menyanyi. Dari sisi ini dapat mendirikan group band atau membuat syair lagu atau juga private vocal



3. Kesenangan dengan kuliner dan memasak


Kesenangan dengan kuliner dan memasak bila memiliki kegemaran memasak. Membuat kue kering dan lainnya, dapat di perdalam ilmu memasak atau membuat kue.

Sehingga mana tahu ilmu yang dimiliki menjadi ladang untuk dalam bisnis. Atau bisa juga membuat usaha katering maupun menjual roti hasil karya anda sendiri.



4. Kesenangan di bidang pakaian atau fashion


Kegemaran di bidang ini, sangat terbuka menjadikan anda personal stylist maupun perancang busana, mungkin profesi yang cocok. Kesenangan di bidang pakaian atau fashion adalah ide dan kreasi dapat tersalur.

Sudah banyak yang kita ketahui contoh-contoh orang-orang sukses dari jalur ini, Jadikan orang-orang tersebut menjadi motivator untuk menggeluti jalur ini.



5. Senang berkebun dan bercocok tanam


Kalau saja Anda Senang berkebun dan bercocok tanam maka berkebun dan bercocok tanam. Hal tersebut akan menjadikan peluang dan dapat di kembangkan untuk dijadi bisnis. Contohnya menanam bunga, carilah informasi jenis-jenis bunga yang banyak digemari.

Serta cari orang dan dibutuhkan, tanamlah pohon  laris dijual serta jadilah seorang pemasok bunga. Atau dengan menjadikan peluang dalam penyewaan tanaman hias bisanya dalam pesta-pesta

Juga bisa juga disewakan untuk kantor-kantor dan gedung-gedung di kota-kota besar usaha ini sudah lama ada. Peluangnya masih terbuka lebar, Senang berkebun dan bercocok tanam. Adalah peluang usaha dalam pengadaan bibit dari salah satu jenis pohon.

Senang berkebun dan bercocok tanam dan dapat dikembangkan melalui jaringan on line atau sering kita dengar dengan Internet. Internet untuk mengembangkan bisnis dan untuk mendapatkan pansa pasar yang lebih luas.



6. Kesenangan dalam mengoleksi barang kuno (antik).


Kesenangan dalam mengoleksi barang kuno (barang antik / barang langka) yang kerap diburu oleh kolektor barang antik. Barang antik atau barang langka sangat banyak penggemaranya. 

Dengan menjelajahi toko barang kuno baik barang dari lokal maupun barang dari luar negeri serta garage sale. Kesenangan dalam mengoleksi barang kuno atau barang antik tentu dari hasil temuannya yang harganya pun relatif murah.

Lalu dipasarkan dan di iklankan dengan bisnis on line. Atau Cara Menggunakan Internet untuk. Mempromosikan Bisnis agar cepat tersebar. 

Penjualannya tentunya dengan harga mahal dibandingkan dengan harga saat memperolehnya. Terkadang keuntungan yang didapat kerap  sangat fantatis.



7. Kesenangan dalam berolah raga.


Kesenangan dalam berolah raga dapat dijadikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Kesenangan dalam berolah raga dikota-kota besar pada umumnya. Sudah merupakan suatu keharusan dan merupakan kesadaran masyarakatnya. 

Kegemaran berolah raga sangat tinggi. Dan menganggapnya bahwa olah raga merupakan keharusan. Sejalan dengan kegemaran berolah raga. Kesenangan dalam berolah raga dapat menyalurkan bakat. Dengan menjadi instruktur senam. 

Bisa juga membuka kursus-kursus kebugaran atau dapat anda juga membuka usaha fitness dan lainnya. Berolah raga sekaligus menyalurkan hobi dan mendapatkan penghasilan tambahan. Serta tidak kalah pentingnya adalah badan anda selalu sehat.



8. Kesenangan dalam bidang seni.


Kesenangan dalam bidang seni, masih terbuka sangat luas peluang-peluang bagi mereka yang memiliki seni. Bagi mereka yang memiliki bakat dalam berseni apapun namanya.  Inilah saatnya untuk dikembangkan, memiliki cipta seni atau rasa seni. 

Dari bidang ini banyak hal yang dapat di lakukan dan dikembangkan. Keahlian dalam bidang seni. Sering kita dengar dengan “gift” harus terus dan terus untuk dikembangkan,

Kesenangan dalam bidang seni dapat pula dijadikan peluang penghasilan selain untuk menyalurkan seni yang di miliki. Selain untuk menyalurkan kegemaran dalam bidang seni. Kesenangan dalam bidang seni adalah berkreatifitas di bidang ini dapat dikembangkan. 

Seperti seni melukis, seni membatik, mendaur ulang barang-barang bekas. Menjadikan salah satu bentuk tertentu yang memiliki daya seni tinggi dan masih banyak lagi.



9. Kesenangan dalam menulis


Kalau saja mempunyai Kesenangan dalam menulis maka menulis dapat dijadikan peluang untuk dijadi penghasilan. Kegemaran menulis juga mempunyai peluang yang sangat luas, misalkan menulis artikel. 

Menulis puisi-puisi atau membuat syair-syair atau juga membuat cerita dalam bentuk novel. Cara memasarkan karya-karya dapat melalui Blog (website). Terlebih dahulu membuat blog pribadi tempat menyalurkan karya penulisan.

Kesenangan dalam menulis diharapkan keahlian dapat terasah terus-menerus dan menjadi ahli dibidangnya.



10. Kesenangan dalam berorganisasi


Bila kesenangan dalam berorganisasi, perlu diketahui bahwa pengetahuan berorganisasi yang baik dan benar. Benar menurut ilmu keorganisasian dan teruslah perdalam ilmu berorganisasi. Agar yang harapkan menjadi seorang ahli dalam berorganisasi.

Bila sudah menjadi seorang ahli dalam organisasi, maka job akan berdatangan. Misalnya wedding organizer, seminar, pameran, dan lain-lain. Kesenangan dalam berorganisasi yaitu banyak orang puas dengan layanan. Peluang bisnis menjadi besar akan terbuka dengan lebar.





Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor keberhasilan dalam Bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan




Faktor keberhasilan berbisnis di rumah dan sambil bekerja



Ingin menjalankan bisnis sampingan namun tetap menjalankan karier di kantor ?

Ini tipsnya.

Di zaman yang serba mudah untuk mendapatkan informasi banyak orang yang berlomba-lomba membuat beragam ide bisnis. Banyak peluang bisnis yang terbuka. Berbisnis di rumah dan sambil bekerja, banyak pula yang membangun bisnis untuk menambah penghasilan mereka.

Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis harus benar-benar dipahami. Karena untuk Membangun bisnis tentunya harus fokus yang total. Sehingga bisnis yang dijalankan dapat lancar. Bukan berarti bila bekerja tidak dapat memiliki bisnis apapun.

Saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang sukses meskipun sekaligus bekerja sebagai karyawan. Berbisnis di rumah dan sambil bekerja.

Kedua hal tersebut tentunya harus pandai dalam mengatur waktu. Berikut beberapa keuntungan membangun sebuah bisnis meskipun tetap bekerja sebagai karyawan.



1. Dapat menambah penghasilan


Bila terkena PHK dan sejenisnya dapat langsung beralih pada bisnis yang sedang dibangun dengan cara memperbanyak koneksi rekan-rekan bisnis.



2. Melatih kemampuan dan kreatifitas


Bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.



3. Menentukan bidang bisnis yang tepat


Tentunya hal pertama yang harus lakukan adalah menentukan bidang bisnis yang tepat dan memilih bidang bisnis yang tepat untuk dijalankan. Bila menjadi seorang karyawan perusahaan dengan tingkat kesibukan yang tinggi, tentunya hal ini akan sangat menjadi masalah.

Bila hal itu dipaksakan untuk melakukan keduanya, maka bisa saja dapat kehilangan pekerjaan atau bisnis yang telah dibangun. Hal itu akan lebih baik bila memilih bisnis yang paruh waktu sehingga dapat waktu bekerja. 

Menentukan bidang bisnis yang tepat agar pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Maka dapat menentukan bidang bisnis yang memang sesuai dengan kemampuan yang telah dimiliki.



4. Membuat perizinan


Membuat perizinan untuk Bisnis apapun yang dibangun tentunya membutuhkan perizinan ketika akan memulainya. Gunakan perizinan yang legal seperti pajak, asuransi, dan lainnya yang dapat melindungi bisnis secara hukum`



5. Jangan menggunakan modal awal yang besar


Jangan menggunakan modal awal yang besar untuk membuka bisnis, sebaiknya hindari untuk menggunakan modal yang besar. Bagi pemula sebaiknya memulai bisnis dengan modal tidak terlampau besar. 

Agar dapat antisipasi  kerugian yang lebih besar bila bisnisnya tidak berhasil. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan modal yang tidak terlalu besar untuk memulai sebuah bisnis.



6. Memahami kontrak kerja di perusahaan Anda


Cobalah untuk memahami terlebih dahulu kontrak kerja yang berlaku di perusahaan. Seperti waktu libur serta hal-hal penting lainnya. Hal ini dapat membantu untuk menyesuaikan dengan kegiatan bisnis. 

Selain itu, sebaiknya bangun bisnis yang berbeda dengan pekerjaan. Karena hal ini dapat membuat Anda terkesan sebagai kompetitor perusahaan sendiri.



7. Tetap menjaga reputasi baik di kantor


Meskipun sudah memiliki bisnis,  Memahami kontrak kerja yang telah ada di perusahaan. Dan tetap bekerja sebagai karyawan.Maka akan tetap terjaga hubungan antara pemiliki dan pemimpin perusahaan serta karyawan-karyawan di d alam perusahaan.



8. Bersikap disiplin


Meski bisnis yang dibangun merupakan bisnis sendiri. Namun Bersikap disiplin tetap diperlukan kedepannya bisnis dapat berjalan dengan lancar. Banyak pelaku bisnis yang berasal dari karyawan yang gagal membuka usaha. 

Atau bisnis sendiri dikarenakan tidak bisa disiplin dalam membagi waktu. Untuk itu, Bersikap disiplin perlu diterapkan baik dalam bekerja. Maupun dalam bisnis agar pekerjaan keduanya dapat terselesaikan dengan baik.



9. Membuat jadwal


Untuk membantu lebih disiplin, cobalah membuat jadwal yang berkala tentang antara waktu untuk bekerja dan dalam bisnis. Buatlah secara perhari, perminggu, ataupun perbulan.  Sesuaikan jadwal kantor dengan urusan bisnis. 

Membuat jadwal ini akan sangat membantu untuk menghindari terjadinya tabrakan waktu diantara keduanya. Misalnya dalam membuat jadwal saat hari libur sebagai waktu untuk mengurus bisnis.



10. Menyiapkan orang kepercayaan


Agar terjadi keseimbangan antara bisnis dengan pekerjaan kantor. Maka diperlukan menyiapkan orang kepercayaan agar untuk mengelola bisnis ketika sedang bekerja. Kunci utama dari kesuksesan keduanya adalah disiplin yang tinggi dalam pembagian waktu keduanya. 

Strategi ini untuk membantu kelancaran bisnis serta pekerjaan. Bila bisnis yang dijalankan mulai berkembang, Menyiapkan orang kepercayaan dengan merekrut seorang admin, manajer pemasaran, dan lainnya.

Memang berkaitan dengan kelancaran bisnis. Meskipun menjalankan usaha sambil bekerja terlihat susah. Namun diharapkan dapat menjalankannya dengan mudah asalkan terdapat niat dan kemauan yang tepat.






Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor keberhasilan berbisnis di rumah dan sambil bekerja



Faktor-faktor Keberhasilan Vs kegagalan Bisnis


Menjadi pelaku bisnis sukses bukanlah hal yang mudah, Keberhasilan berbisnis dalam bisnis yang sarat akan rintangan dan hambatan yang dihadapi.



1. Keberhasilan berbisnis


Pasang surutnya semangat juga menentukan dalam faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis. Pelaku bisnis juga menjadi warna tersendiri dalam mewujudkan keberhasilan dalam usaha bisnis.

Pelaku bisnis dengan harus bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk :


  • Mencapai Impian
  • Memiliki target dalam usaha
  • Berusaha Menjadi Orang sukses

Keberhasilan adalah suatu kenistayaan dalam berbisnis,

Tak akan tercapai bila Pelaku bisnis tidak mampu mengelola dan melaksanakan faktor-faktor keberhasilan dengan baik.


  • Berusaha yang selalu di iringi dengan doa agar menambah Keyakinan usaha yang sedang digeluti tentunya untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesa.
  • Usaha secara terus menerus meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan diri untuk keberhasilan berbinis, dimana persaingan semakin kompleks.
  • Berani dalam mengambil resiko ke gagalan, semakin tinggi resiko semakin besar kemungkinan untuk berhasil.
  • Terus menerus melakukan perubahan-perubahan agar produk / jasanya memiliki daya saing yang kompetitif dipasar.
  • Menyerasikan Kemampuan terhadap Kekuatan, kelemahan, Peluang dan Ancaman yang ada.
  • Memiliki Keyakinan yang kuat bahwa usaha yang di geluti akan berhasil dan sukses di kemudian hari.
  • Selalu berpikir positif; Berpikir positif adalah merupakan energi tersendiri untuk melangkah dan bertindak untuk mencapai keberhasilan.
  • Memiliki kemampuan mengelola Keuangan.
  • Mampu mengelola keuangan dengan baik adalah suatu keharusan yang mutlak , dimana tujuan usaha adalah untuk mendapatkan laba (earning).


Faktor penentu keberhasilan dalam bernis

Pelaku Bisnis dalam merintis usaha baru baiknya mengetahui faktor keberhasilan usaha. dengan mengetahui faktor Keberhasilan. Pelaku bisnis dapat  membuat suatu rencana usaha serta membuat antisipasinya :


Faktor pendukung keberhasilan usaha


  • Faktor manusia
  • Faktor keuangan
  • Faktor organisasi
  • Faktor mengatur usaha
  • Faktor pemasaran

Langkah menjadi Pelaku bisnis yang Sukses :


  • Ada visi dan tujuan yang jelas.
  • Bersedia untuk mengambil risiko uang dan waktu.
  • Terencana dan terorganisir.
  • Kerja keras sesuai dengan tingkatan kepentingannya.
  • Menjaga hubungan baik dengan karyawan, pelanggan, pemasok, dan lainnya.
  • Hal-hal yang membuat usaha atau bisnis meraih kesuksesan.

Hal-hal yang mempengaruhi keberhasil dalam usaha untuk meraih sukses :


  • Peluang pasar yang baik.
  • Keunggulan persaingan.
  • Kualitas barang/jasa.
  • Inovasi yang berproses.
  • Dasar budaya perusahaan.
  • Menghargai pelanggan dan pegawai.
  • Manajemen yang berkualitas.
  • Dukungan modal yang kuat.


2. Kegagalan Berbisnis


Faktor Kegagalan dalam usaha bisnis   


  • Tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha
  • Kurang berpengalaman dan ketidak kemampuan dalam teknis
  • Ketidak mampuan dalam mengendalikan keuangan.
  • Gagal dalam perencanaan.
  • Lokasi yang tidak tepat
  • Kurangnya pengawasan peralatan
  • Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha.
  • Ketidak mampuan melakukan perubahan,


Faktor penyebab Pelaku bisnis mundur dari usaha.


  • Pendapatan yang tidak menentu.
  •  Kerugian akibat hilangnya modal investasi.
  •  Perlu kerja keras dan waktu yang lama.
  •  Kualitas kehidupan yang tetap rendah meskipun usahanya mantap.





Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel  Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis.

Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi. Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Kontak "


Faktor keberhasilan dan kegagalan berbisnis
Faktor keberhasilan dan kegagalan Berbisnis

11 comments:

Terima kasih, telah membaca Artikel ini – "Strategi berbisnis yang Cantik" - Semoga Artikel ini dan memberi inspirasi dan bermanfaat.

Mohon kirinya pembaca memberikan Komennya di akhir atikel ini. ..

Brokoko

Popular Posts