Iklan GanKoko

Popular Posts

Monday, January 28, 2019

MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS

Memenangkan persaingan bisnis, adalah suatu keharusan bila menginginkan bisnis tetap exis dan sukses, competitors pasti ada dan tak dapat dihindari.

Memiliki Strategi bisnis yang cantik untuk berbisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menerapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.

Baca juga “ Strategi bisnis yang Cantik “ yaitu Strategi untuk memenangkan persaingan bisnis dengan taktik berbisnis.

Topik Strategi Bisnis lainnya di " Artikel "

Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis, naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola bisnis.

Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.

Memenangkan persaingan bisnis
Memenangkan persaingan bisnis

Setiap Pelaku bisnis selalu memiliki strategi untuk memenangkan persaingan. Tujuan Pelaku bisnis menjalankan bisnisnya adalah untuk memenangkan persaingan.  Semakin ketat persaingan maka semakin canggih strateginya.

Strategi untuk Memenangkan persaingan bisnis sebab itu Pelaku bisnis harus pandai memulai dan mengakhiri. Sasaran untuk memaksimalkan laba ini dapat dilakukan melalui peningkatan kepuasan konsumen dengan berbagai cara.

Misalnya melalui pelayan atau harga yang relatif murah. Sasaran pesaing antara lain memaksimalkan laba, memperbesar market share,

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan di pasar  untuk konsumen dengan atribut seperti : warna, bungkus, prestise pelayanan yang dibeli konsumen untuk dapat memberikan pemuas kebutuhannya.

Memenangkan persaingan bisnis
 Dengan keyakinan yang kuat Memenangkan persaingan bisnis



Mengidentifikasi Pesaing untuk memenangkan Persaingan



Analisis pesaing adalah menganalisa atau mengidentifikasi yang kita dilakukan kepada pihak kompeteter (pesaing) yang menghasilkan produk yang sejenis dengan kita.

Memenangkan persaingan bisnis adalah prinsip yang harus dimiliki oleh setiap Pelaku bisnis agar dalam menjalan bisnisnya dapat sukses.


1.     Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan pesaing


Untuk mengetahui peta persaingan yang digunakan untuk menganalisis pesaing memerlukan langkah-langkah yang tepat.  Mengetahui jumlah dan jenis pesaing serta kekuatan dan kelemahan Pebisnis perlu membuat peta persaingan yang lengkap dan menyeluruh.

Dengan menetapkan langkah pertama yang perlu dilakukan Pelaku bisnis dengan identifikasi seluruh pesaing  yang  ada.

Langkah ini perlu dilakukan untuk menganalisa pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui secara utuh kondisi pesaing kita.

  • Jenis produk yang ditawarkan
Identifikasikan siapa pesaing utama yang terdekat serta kompeteter atau pesaing  yang berpotensi mengancam produk dimasa sekarang dan di masa yang akan datang. Mengidentifikasikan secara lengkap dan benar produk apa saja yang dimiliki oleh pesaing-pesaingnya.

  • Besarnya pasar yang telah dikuasai pesaing
Besarnya pasar market share yang harus diketahui untuk masa sekarang dan di masa yang akan datang, baik yang dikuasai pesaing maupun secara keseluruhan.

Dalam hal ini perusahaan harus mengestimasi besarnya pasar masing-masing pesaing. Untuk mengetahui besarnya pasar yang telah dikuasai pesaing, dapat dilakukan melalui segmen pasar yang akan dimasuki.

  • Identifikasi peluang dan ancaman
Setiap peluang harus dimasuki dan diusahakan untuk menciptakan peluang baru yang sebesar-besarnya. Begitu juga kemungkinan ancaman atau masalah yang timbul pun harus segera diantisipasi sehingga tidak menimbulkan masalah.

Dengan mengistimasi besarnya pasar maka akan terlihat peluang yang ada serta ancaman yang mungkin timbul sekarang dan di masa yang akan datang.

  • Identifikasi keunggulan dan kelemahan
Mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pesaing, contohnyanya dalam hal kelengkapan produk, mutu, kemasan, harga, distribusi, lokasi, serta promosi.

Identifikasi kelamahan dan kekuatan berarti memetakan atau mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimilki pesaing.


2.    Sasaran Persaing


Pada umumnya untuk meningkatkan market share dapat dilakukan dengan promosi yang cukup gencar dan secar terus menerus. Dengan Promosi dapat  mempercepat pengenalan produk kepada masyarakat.

Sebagaimana dijelaskan diawal bahwa pesaing ada dua jenis, yaitu pesaing dekat dan pesaing jauh.

  • Pesaing dekat adalah pesaing  yang roduknya hampir sejenis 
  • Pesaing jauh adalah perusahaan yang memiliki produk yang mirip.

Setelah kita mengetahui pesaing dan market share yang dikuasai, kita perlu mengetahui sasaran dari pesaing dan siapa yang menjadi target mereka selanjutnya. Peningkatan merker share juga dapat dilakukan dengan cara penurunan harga bila memiliki biaya operasional yang relatif lebih rendah.

meningkatkan mutu produk, atau mungkin juga mematikan atau menghambat pesaing lainnya.  Peningkatan mutu produk yang bertujuan untuk menarik pelanggan milik pesaing adalah dengan

Peningkatan mutu produk ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai kelebihan, baik pelayanan atau kelebihan lainnya.


3.    Identifikasi strategi pesaing


Perusahaan harus memantau strategi pesaingnya secara kontinu, karena pesaing yang cerdik akan merevisi strategi mereka dari waktu ke waktu.

Pelaku bisnis juga harus mewaspadai perubahan yang akan terjadi dan apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana pesaing merevisi strateginya untuk memikat para pelanggan

Analisa SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunities, Threats)        

Menggunakan Analisa SWOT untuk mengidentifikasi isu-isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan dalam memasarkan produk serta Kekuatan dan Kelemahan

Untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan harus mencermati isu-isu yang ada dalam bisnis,  dimana isu yang  mempengaruhi kemampuan Pelaku bisnis dalam menjual produk ke pasar dan sponsor.

Penting untuk memusatkan perhatian pada masing-masing ancaman kepada bisnis pada saat menjalankan perencanaan serta memastikan keberhasilan didalam perencanaan Langkah yang perlu dilakukana adalah menganalisa semua faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi.

Analisa eksternal ini akan membantu kita mengidentifikasi peluang dan ancaman yang terkait,  Setelah menentukan ancaman maka bagaimana caranya bahwa ancaman tersebut menjadi peluang.

Untuk membuat kategorian suatu ancaman maka akan menentukan cara merespon ancaman untuk meminimalkan efeknya.

  • Monitor
Memonitor ancaman yang telah diputuskan untuk “sekedar dimonitor” apakah jenis ancaman yang ringan atau ancaman yang berat, ancaman tersebut  dapat terkontrol, dan sepanjang ancaman tersebut tidak akan berdampak besar.

  • Monitor dan Analisa
Monitor dan Analisa ancaman yang telah disimpulkan agar selalu “di monitor dan di analisa”, sehingga setiap ancaman akan dapat  terkontrol,  dengan terkontrolnya ancaman maka dapat dipastikan bahwa ancaman tersebut tidak akan mempengaruhinya.

  • Strategi-strategi Kontingensi
Strategi-strategi Kontingensi  (ketidak pastian) dimana ancaman yang kita simpulkan untuk “di respon dengan suatu startegi kontingensi”, adalah semua ancaman yang dapat kurangi pengaruhnya dengan perencanaan.

  • Strategi Pengembangan dan Analisa in-depth (analisa secara mendalam)
Strategi Pengembangan dan Analisa in-depth (analisa secara mendalam) dimana ancaman yang telah diputuskan untuk “di respon dangan strategi pengembangan dan analisa in-depth ” . Semua ancaman yang memiliki kemungkinan paling besar untuk mempengaruhi bisnis.


 Memenangkan persaingan bisnis
 Strategi memenangkan Persaingan Bisnis



Strategis Menghadapi dan memenangkan Persaingan 



Strategis Menghadapi Persaingan Bisnis adalah salah satu tantangan dalam bisnis adalah pesaing dalam bisnis serupa. Persaingan dalam dunia bisnis memang akan selalu ada dan tak bisa dihindari.

Maka dari itu Pelaku bisnis harus memeliki strategi untuk Memenangkan persaingan bisnis. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis:


1. Konsep


Memiliki Konsep yang matang  ujga menentukan selain memiliki ide dan usaha keras dalam menjalankan bisnis, memiliki konsep bisnis yang matang akan membantu dalam melaksakan dan mengembangkan berbagai potensi serta pangsa pasar yang ingin diharapkan.

Dalam menentukan konsep bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya selera pasar, gaya hidup masyarakat, daya beli, sampai ke persaingan bisnis. Sehingga memiliki konsep bisnis yang matang akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal.


2. Perencanaan


Perencanaan bisnis yang tidak matang kemungkinan operasional dapat mengalami kesulitan karena tidak memiliki konsep yang jelas dan matang.  Konsep bisnis yang matang akan membantu dalam membuat perencanaan bisnis yang baik.

Dalam perencanaan bisnis yang matang harus menjabarkan visi dan misi, diantaranya mengenai rencana promosi, rencana pemasaran, rencana keuangan,  perencanaan untuk menghadapi pesaing sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin akan dialami dalam bisnis.


3. Kenali Pesaing


Mencari tahu siapa pesaing dalam bisnis kita adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Cari tahu tentang produknya, berapa harganya, apa kelebihannya, dan sebagainya.
Informasi itu sangat bermanfaat untuk menentukan strategis bisnis yang akan dijalankan.


4. Produk Berkualitas


Berikan kualitas yang lebih bagus dibanding pesaing.  menciptakan produk yang baik, produk akan memiliki kelebihan dibanding produk yang sudah ada di pasaran. Dengan memiliki produk yang berkualitas pelanggan akan menjadi puas.

Menciptakan produk berkualitas merupakan salah satu strategi dalam menghadapi persaingan bisnis. Pastikan bahwa kualitas produk bagus dan bisa memuaskan konsumen, sehingga dapat meningkatkan minat Pelangga dan tidak alan berpindah ke produk lain.


5. Promosi


Mempromosikan produk melalui berbagai media selayaknya dilakukan secara konsisten agar produk cepat dikenal oleh masyarakat luas. Aktivitas promosi adalah bagian penting untuk menghadapi pesaing,  Promosikanlah apa yang menjadi kelebihan produk.

Gunakan berbagai media promosi untuk menjangkau konsumen lebih banyak, misalnya melalui media offline maupun media online.

Pastikan konsumen mengetahui program promosi dari produk, serta buatlah promosi yang lebih gencar dibanding pesaing sehingga konsumen tetap fokus ke layanan dan  produk.


6. Inovasi


Sesungguhnya persaingan membuat menjadi lebih inovatif untuk menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai tambah produk yang dijual.

Persaingan bisnis yang sejenis pasti selalu ada dan seringkali tak dapat dihindari. Namun bila disadari bahwa persaingan dapat membuat kita menjadi lebih kreatif untuk berkreasi.


7. Harga Bersaing


Menghadapi persaingan harga produk adalah bentuk persaingan langsung produk yang ada dipasar. Sehingga memberikan harga sedikit lebih murah atau memberikan diskon juga merupakan salah satu strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan melawan persaingan


8. Sistem


Sebuah sistem bisnis yang baik akan membantu agar bisa bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan.

Membuat sistem bisnis yang baik akan mempermudah dan dapat membantu kelancaran operasional dan dapat bertahan lebih lama serta dapat memberi keuntungan yang diinginkan.

Bila sudah dirasa kuat maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang dapat disesuaikan dengan kondisi usaha misalnya dengan membuka cabang atau franchise.


9. Perluasan Pasar


Perluasan pasar ini bisa berarti memperluas fokus dan target market yang disasar. Untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar.

Selain memperluas pasar dapat juga dilakukan penjualan dengan varian tambahan. membuka cabang baru dan memberikan layanan lebih baik kepada Pelanggan serta memberi harga promo (discount), maka akan menjadi penarik bagi konsumen.


10. Layanan Lebih Baik


Fokuslah pada layanan pelanggan yaitu dengan memberikan layanan yang lebih baik serta memberi varian produk kepada pelanggan. berupa pilihan produk yang lebih banyak, lebih variatif, sehingga konsumen punya pilihan lebih banyak.


11. Program Khusus Pelanggan


Buatlah program khusus bagi kosumen hal ini penting untuk menjaga kesetiaan konsumen. Contohnya dengan memberi program hadiah oleh konsumen yang rutin membeli produk, atau dengan cara lain dengan memberikan harga khusus konsumen yang memang rutin membeli produk.


12. Evaluasi


Melakukan evaluasi secara rutin dan secara periode terhadap jalannya usaha sangat diperlukan, agar dapat mengetahui perkembangan serta problem-problem yang menjadi kendala operasional usaha.

Dengan ada evaluasi secara rutin dan berkala maka persoalan-persoalan akan segera diketahui dan dengan segera dapat ditindak lanjuti.


13. Berdoa


Jangan lupa agar selalu berdoa dan mensyukuri dengan hasil yang telah dicapai, serta selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Semoga dengan doa yang selalu dipanjatkan akan membuka jalan serta memberi semangat untuk tetap kerja keras dan kerja cerdas.

 Memenangkan persaingan bisnis
 Memenangkan persaingan bisnis dengan sukses


Strategi memenangkan persaingan bisnis



Strategi memenangkan persaingan bisnis Salah satu tantangan dalam bisnis adalah bermunculannya pesaing-pesaing dalam bisnis serupa, persaingan dalam bisnis akan selalu ada dan tak bisa dihindari.

Pebisnis harus memiliki bekal untuk menghadapi persaingan bisnis ini agar tak kalah saing. Bertahan dan memenangkan Pasar adalah suatu keharusan bila ingin dapat tetap exis, dapat bertahan saja sudah bagus apa lagi dapat memenangkan persaingan.

Setelah mulai berbisnis jangan lalu berpikir bahwa masa sulit akan mudah dilalui lalu tinggal hanya menikmati hasilnya.

Memenangkan persaingan bisnis, Berhadapan dengan kesulitan dan tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana mengembangkan bisnis dan mempertahankan kesuksesannya.

sehingga mau tak mau pebisnis dituntut untuk terus mendalami dan menguasai strategi serta trik-trik untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat.


1. Strategi Perencanaan Pengembangan Produk


Produsen dalam menciptakan produknya untuk dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, untuk menciptakan kepuasan kosumen Produsen melakukan dengan berbagai cara dan strateginya untuk mempertahankan kelangsungan usahanya untuk jangka panjang.

Usaha tersebut sebagai berikut :

  • Perencanaan produk, mencakup semua kegiatan produsen dan penyalurkannya, sehingga konsumen dapat membedakan produk yang satu dengan lainnya. Produsen akan selalu mengikuti perkembangan pasar, produk yang ditawarkan dan mengadakan penyempurnaan produk.
  • Pengembangan produk yang mencakup kegiatan teknis penelitian, pembuatan dan perencanaan bentuk produk. Bagi Produsen akan melebih mudah untuk menentukan harga, distribusi dan promosi. Kegiatan ini dapat dilakukan setelah menganalisis kebutuhan dan keinginan pasar.

2. Strategi Pengembangan Produk dengan Strategi Moving, Caring dan Inovating


Persaingan dalam Bisnis namun hampir semua bidang usaha kecuali monopoli. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang sangat ketat harus dilakukan perubahan landasan pola pikir yang bertumpu pada  Moving, Caring, dan Inovating.

Moving adalah kemampuan Produsen untuk memenuhi harapan konsumen  terhadap produk dan untuk mengadaptasikan antara harapan konsumen terhadap suatu produk.

Dengan kata lain adalah Kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen yang akan menang dalam persaingan bisnis.

Yang dimaksud dengan Caring adalah suatu kepedulian Produsen kepada konsumen. Atau dengan kata lain dari caring adalah upaya produsen untuk memahami apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh  konsumen.

Untuk mewujudkan keinginan konsumen hanya dapat ditempuh melalui inovasi disemua aspek bisnis yang  meliputi bidang strategi, manajerial maupun produk

Inovasi dalam hal produk meliputi kelengkapan produk. Inovasi berhasil dipasaran apabila proses caring berjalan lancer serta Inovasi  terhadap produk yang sesuai dengan keinginana konsumen dan mempunyai nilai guna lebih bagi konsumen.

Inovasi di bidang strategi dan manajerial merupakan proses untuk menghantarkan nilai tambah bagi konsumen.

Apabila moving, caring, inovating ini dapat berjalan  sesuai harapan serta dapat terintegrasi dengan baik, maka kepuasan konsumen akan menghasilkan kepercayaan dan hubungan jangka panjang yang berkelanjutan dan akan tercipta loyalitas pelanggan.

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan di pasar  untuk konsumen dengan atribut seperti : warna, bungkus, prestise perusahaan serta pelayanan perusahan yang dibeli konsumen untuk dapat memberikan pemuas kebutuhannya.

Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa di hindari, sebaiknya Pelaku bisnis memiliki Strategi untuk memenangkan persaingan.  Pepatah mengatakan bahwa “Pelanggan adalah raja” sehingga wajar saja bila setiap Pelaggan harus dilayani dan dipuaskan keinginannya.

Persaingan didunia bisnis adalah sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan merupakan hal yang biasa dan wajar.

Pelaku bisnis selalu dituntut memiliki manajemen yang baik serta memiliki strategi pemasaran yang baik dan jitu agar produk tetap diminati oleh pelanggan. Akan menjadi suatu kerugian bila Pelaku bisnis tidak mampu menarik Pelanggan  serta mempertahankan Pelanggan yang sudah ada


3. Menghadapi Pesaing Bisnis


Didalam dunia bisnis persaingan selalu ada, persaingan sesamanya tidak dapat dihindari, sehingga Pelaku bisnis hendaknya selalu siap menghadapi para pesaing bila perlu berada satu langkah di depan para pesaing.

Memenangkan pesaing persaingan bisnis bukan hal yang mudah, maka dibutuhkan strategi yang tepat matang dan sudah teruji seperti :


  • Memiliki harga yang kompetitif
Harga yang kompetitif, menghadapi persaingan bisnis harga adalah salah satu strategi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan melawan pesaing. Harga produk yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran akan sulit memenangkan penjualan produk.

Bila menjual terlampau murahpun akan berdampak tidak baik bagi usaha dan dapat merusak citra perusahaan.


  • Jangan mengeluarkan ucapan yang menjatuhkan pesaing
Hindari dari ucapan yang menjatuhkan pesaing, tak selama selamanya Pesaing selalu negative untuk bisnis kita, bila saja dapat dikelola dengan baik.

Kenali secara mendalam tentang Pesaing dan produknya, khususnya tentang produknya, berapa harganya, apa kelebihannya, dan sebagainya. Informasi hal itu sangat bermanfaat untuk menentukan strategis bisnis yang akan dijalankan.

  • Pelayanan yang baik kepada Pelanggan
Memberi pelayanan yang baik kepada Pelanggan juga merupakan strategi bisnis untuk memenangkan persaingan bisnis, Memenangkan persaingan adalah bagaimana cara penguasaan pasar dan memenangkan target pasar.

Strategi memenangkan persaingan bisnis dengan memainkan harga belum tentu efektif jika tidak diiringi oleh pelayanan yang baik.

  • Memperluas pasar 
Dengan memperluas pasar tidak hanya membangun tempat usaha baru atau outlet baru di beberapa tempat yang berbeda, memperluas pasar dapat di lakukan dengan menambahkan jenis produk sesuai dengan perencanaan target pasar baru.

  • Promosi yang tepat 
Promosi yang tepat bagi perusahaan yang besar bonafit selalu memberikan perhatian yang besar terhadap promosi produk mereka. Memberikan perhatian yang besar terhadap mempromosikan produk bagi perusahaan besar adalah hal yang biasa dilakukan.

Biaya yang dikeluarkan untuk promosi memang tidak sedikit, namun akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan kemudian hari.

Sebelum memilih jenis promosi untuk produk sebaiknya lakukanlah riset terlebih dahulu tentan produk yang ditawakan serta pesaing yang sudah ada.


4. Memenangkan Persaingan Bisnis dengan jenis yang sama


Pelaku bisnis selalu dituntut agar selalu berinovasi. Inovatif merupakan sikap penting yang harus dimiliki oleh Pelaku bisnis untuk mencapai kesuksesan.  Dengan berinovasi produk atau bisnis akan selalu tampak baru dan menarik bagi konsumen.

Inovasi Produk adalah jawaban untuk mengatasi persaingan. Menciptakan inovasi adalah kunci untuk memenangkan persaingan.

Pelaku bisnis yang inovatif akan selalu memikirkan untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada, tidak seperti yang dipikirkan dan dikerjakan oleh kebanyakan orang. Inovatif merupakan implikasi dari karakteristik  Pelaku bisnis  yang mampu membawa perubahan.

Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. Inovatif secara tidak langsung menjadi sifat pembeda antara Pebisnis dengan orang kebanyakan.

  • Amati Pasar dan Kenali Pesaing
Saat menghadapi persaingan bisnis, sebelumnya lihatlah dahulu potensi pasar yang ada serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah dalam menentukan strategi.

Sebelumnya ketahui dahulu potensi pasar yang ada serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini, agar tidak salah dalam menentukan strategi bisnis.

  • Pelajari Kelebihan dan Kelemahan Pesaing
Ciptakan produk yang tidak diproduksi oleh kompeteter  atau berikan layanan yang tidak diberikan oleh pesaing, maka peluang untuk menang dalam persaingan terbuka semakin terbuka.

Cari informasi tentang kelebihan yang dimiliki pesaing dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan pasar.

  • Ciptakan produk unik dan punya nilai tambah
Produk yang unik memiliki ciri khas tertentu dan memiliki daya tarik tersendiri bagi Pelangga, sehingga Pelanggan akan lebih mengenali produk yang ditawarkan, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

Menciptakan produk yang unik sebaiknya produk yang belum ada di pasaran, maka produk akan memiliki nilai tambah di mata Pelanggan.

  • Tonjolkan Keunggulan Produk Anda
Dengan meningkatkan layanan secara prima atas penjualan produk kepada Pelanggan adalah agar minat dan loyalitas konsumen terhadap produk akan semakin meningkat serta berfokus pada lebih menonjolkan keunggulan produk, dengan cara mempertahankan kualitas produk.

  • Tawarkan Harga Bersaing
Harga yang dapat bersaing bisnis bukan berarti harus menurunkan harga, menurunkan harga dapat dilakukan dengan cara memberikan diskon tertentu sesuai dengan kondisi pasar yang ada dan disesuaikan dengan produk yang dijual.

  • Buatlah Event Promosikan Produk
Tujuannya adalah memberikan keuntungan bagi Pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan dan berlomba memberikan kepuasan terhadap Pelangga.  Cara ini sering digunakan para Pelaku bisnis karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi.

Tingkatkan kreatifitas dan inovasi dalam bisnis serta tingkatkan pelayanan terhadap konsumen. dalam bersaing bisnis dengan kompetitor haruslah dengan cara yang sportif, Bila Pelaku bisnis beprilaku tidak jujur maka cepat atau lambat akan membunuh bisnis.


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel  Memenangkan persaingan bisnis, Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi.

Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Kontak " 
4 strategi memenangkan persaingan | strategi persaingan bisnis | 3 konsep bisnis memenangkan persaingan | kunci memenangkan persaingan pasar | trik persaingan bisnis | apa yang dilakukan manajer produksi  | Makalah persaingan bisnis | contoh persaingan bisnis
 Memenangkan persaingan bisnis
Strategi memenangkan persaingan bisnis
4 strategi memenangkan persaingan | strategi persaingan bisnis | 3 konsep bisnis memenangkan persaingan | kunci memenangkan persaingan pasar | trik persaingan bisnis | apa yang dilakukan manajer produksi  | Makalah persaingan bisnis | contoh persaingan bisnis

1 comment:

Terima kasih, telah membaca tentang – Strategi berbisnis yang Cantik - Semoga Artikel ini dan memberi inspirasi dan bermanfaat..