Iklan GanKoko

Popular Posts

Thursday, January 3, 2019

MENJADI PEBISNIS SUKSES YANG DIAWALI DENGAN MODAL SEADANYA

Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya, Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya, bila memiliki niat, kemauan, kemampuan dan keyakinan yang kuat menjadi pebisnis sukses.

Memiliki Strategi bisnis yang cantik untuk berbisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menerapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.

Baca juga “ Strategi bisnis yang Cantik “ yaitu Strategi untuk memenangkan persaingan bisnis dengan taktik berbisnis.

Topik Strategi Bisnis lainnya di " Artikel "

Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis, naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola bisnis.

Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.

Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya
Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya



Dengan bermodalkan yang ada didiri sendiri adalah merupakan modal yang paling utama untuk saat ini.

Kendati tidak memiliki modal sekalipun dapat sukses asal saja memiliki Niat yang kuat, memiliki Kemampuan, serta memiliki keyakinan yang kuat untuk mencapai sukses di dalam bisnis.

Apakah mungkin bisa menjadi Pebisnis sukses tanpa modal ?

Jawabnya, Tentu saja, baca ulasannya dibawah ini


Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Tujuan ( Pebisnis Sukses)



1. Pengertian Bisnis


Pengertian Bisnis dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan barang dan jasa yang bertujuan utnuk memperoleh keuntungan, berusaha secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.

Dimana Faktor keberhasilan dan kegagalan berbinis,  yaitu faktor Kemauan, faktor Kemampuan serta faktor Keyakinan yang kuat adalah sangat menentukan Pebisnis untuk memperoleh sukses dalam bisnis

Pebisnis tentunya memiliki potensi diri berupa kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, tetapi belum sepenuhnya belum teraplikasikan maksimal
  • Potensi dapat di klasifikasi dalam diri sendiri
  • Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan daya tangkap.
  • Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
  • Kepribadian, adalah semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional maupun sosial yang dikelola cara spesifik segala pengaruh dari luar.

2. Fungsi bisnis


Fungsi bisnis adalah Menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, menjadi bernilai dan dapat berguna serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.

Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan, dapat menjadi pemenuhan kebutuhan masyarakat, fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :

  • Mengubah bentuk bisnis (form utility), dari fungsi produksi
  • Memindahkan bentuk (place utility), dari fungsi distribusi
  • Mengubah pemilikan (possessive utility), dari fungsi penjualan
  • Menunda waktu kegunaan. (time utility), dari fungsi pemasaran

3. Manfaat Bisnis


Manfaat berbinis ialah memperoleh keuntungan khususnya dalam bentuk penghasilan serta manfaat lain dari bisnis :
  • Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
  • Menjadikan dirinya menjadi Pimpinan bagi dirinya sendri
  • Memberi penghasil pada dirinya sendiri
  • Dapat mengatur atau memanage waktu dengan tepat
  • Memiliki masa Depan yang lebih baik

4. Tujuan Bisnis


Tujuan berbisnis ialah untuk menghasil produk berupa barang atau jasa. serta mendapat imbalan berupa penghasilan dari hasil usahanya yaitu berupa keuntungan, Namun secara lengkapnya sebagai berikut :
  •     Profit
  •     Menciptakan produk berupa barang atau jasa
  •     Kesejahteraan orang-orang yang terkait dalam usaha
  •     Menyerap tenaga kerja Full employment
  •     Kelangsungan usaha (Eksistensi) untuk jangka panjang
  •     Kemajuan atau pertumbuhan
  •     Prestise dan prestasi

Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya
Menjadi Pebisnis sukses penuh optimis



Karekteristik menjadi pebisnis sukses



Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya. Pada dasarnya setiap orang memiliki karakteristik sendiri-sendiri, Karekteristik menjadi pebisnis sukses umumnya salah satu pilihan karier

Bisnis yang ada kaitannya dengan tipe kepribadian seseorang, sumber daya manusia adalah modal awal dalam bisnis baik secara personal maupun korporasi yang dijalankan.

Selain memiliki karakteristik yang diperlukan dalam berbisnis, yaitu pengembangan pribadi orang yang akan terjun ke bidang bisnis. memiliki karakter menjadi Pebisnis sukses adalah hal yang baik akan sangat menentukan sukses tidaknya ketika memulai.

Menjalani, dan mengembangkan usaha tersebut. Agar mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnis, karakteristik apa saja yang diperlukan bagi Pebisnis sukses ;


1. Percaya diri


Percaya diri akan kemampuan serta menciptakan ide-ide menjadi modal utama untuk meraih kesuksesan dalam bisnis baik itu perorangan maupun kelompok. Pebisnis sukses dikenal untuk menampilkan kepercayaan diri yang tinggi.

Percaya diri pada umumnya hanya sedikit memiliki kepercayaan pada nasib, dan sangat percaya diri dan kemampuan mereka untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dan ditetapkan.


2. Memiliki perencanaan ke depan


Memiliki perencanaan ke depan tentang bisnis yang akan dipertahankan dari daftar tujuan serta prestasi yang ingin di raih.

Tidak hanya itu, memiliki perencanaan bisnis akan dapat memastikan bahwa untuk membangun kebiasaan sehat untuk kembangkan, dilaksanakan, serta menjaga sepanjang perjalanan dalam bisnis.

Dengan Memiliki perencanaan ke depan maka bisnis yang tepat, serta dapat dengan mudah menentukan tujuan dan bagaimana cara untuk mencapainya.


3. Kemampuan untuk Bekerja di bawah tekanan dan Ketidakpastian


Kemampuan untuk Bekerja di bawah tekanan dan Ketidakpastian adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang Pelaku bisnis, memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan ketidak pastian.

Setiap kali menghadapi masa-masa sulit dalam bisnis, dan tetap tenang setiap menghadapi ketidakpastian dan selalu berupaya mencari jalan keluarnya.


4. Berani mengambil resiko


Berani mengambil resiko walau penuh dengan ketidak pastian, Pebisnis seringkali dianggap sebagai pengambil risiko. walau disetiap pengambilan risiko dianggap sebagai Pebisnis sukses. Perbedaannya sederhana.

Pengusaha sukses tahu kapan waktu yang tepat untuk berani mengambil risiko dan risiko apa yang melibatkan dirinya. resiko sering mengakibatkan kerugian harta yang tidak sedikit dan ringan.


5. Menciptakan hubungan melalui jaringan


Menciptakan hubungan melalui jaringan adalah salah satu aspek terpenting dari menjalankan bisnis, selalu belajar bagaimana cara membentuk sebuah jaringan bertemu dengan orang-orang di dalam komunitas.

Menemukan mentor yang tepat dapat membantu dalam meningkatkan kualitas di dalam bisnis. Menciptakan hubungan melalui jaringan atau Jaringan Komputer  dengan menempatkan diri di dalam komunitas juga akan dapat membantu orang lain.

Dan jika dapat menciptakan hubungan bisnis yang positif, maka akan berkembang dan sukses.


6. Suka mencoba dan menjadi inovatif / kreatif


Suka mencoba dan membuat sesuatu yang baru lebih inovatif / kreatif sehingga menjadi menarik. Ini mampu menghasilkan ide-ide baik untuk produk atau jasa baru dengan cara baru untuk menetrapkannya.

Suka mencoba dan menjadi inovatif / kreatif dalam menciptakan produk atau jasa serta pengalaman yang diberikan ke konsumen bervariasi.

Dengan begitu, konsumen tidak merasa bosan malahan akan bertambah loyal. Ini pun penting demi kepentiman promosi produk supaya bisa mendatangkan konsumen baru.


7. Memberikan citra yang positif


Membuat kesan positif dan mengesankan pada orang-orang, Memberikan citra yang positif dengan siapa Anda berniat untuk melakukan usaha.

Ini bisa dilakukan dengan menonjolkan kualitas produk dan layanan, serta dalam bentuk persaingan yang sehat di dalam perusahaan (antara karyawan satu dan lainnya) maupun antara perusahan satu dan lainnya.


8. Merencanakan segala sesuatu


Dalam mengembangkan, menerapkan, dan memelihara usaha yang akan dijalankan. Merencanakan segala sesuatu dengan semua aspek usaha menjadi suatu keharusan.

Mengharuskan untuk menganalisa setiap kondisi usaha, penelitian dan mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan terutama didasarkan pada fakta-fakta yang terungkap melalui penelitian.

Merencanakan segala sesuatu untuk rencana bisnis juga melayani fungsi kedua, yang memiliki tujuan dan bagaimana akan mencapainya, di atas kertas.

Dapat menggunakan rencana yang Anda buat baik sebagai peta untuk membawa Anda dari titik A ke Z dan sebagai tolok ukur untuk mengukur keberhasilan setiap program atau segmen dalam rencana.


9. Menguasai seni negosiasi


Kemampuan untuk bernegosiasi secara efektif tidak diragukan lagi keterampilan yang setiap wirausaha harus melakukan segala upaya untuk menguasai. Dalam bisnis, Menguasai seni negosiasi adalah keterampilan negosiasi yang digunakan sehari-hari.

Selalu ingat bahwa menguasai cara negosiasi berarti bahwa keterampilan Anda begitu tersetel bahwa Anda selalu dapat mengatur situasi yang saling menguntungkan.

Pengaturan yang saling menguntungkan ini berarti bahwa setiap orang yang terlibat merasa mereka telah memenangkan, yang benar-benar dasar untuk membangun jangka panjang dan hubungan bisnis yang menguntungkan.


10. Motivasi diri dan tekad


Dorongan untuk terus berjalan dan melihat hal-hal yang dilewati sehingga selalu bersemangat dalam menjalankan usaha. Motivasi diri dan tekad adalah Seorang pebisnis.

Sangat termotivasi dan fokus memiliki kemauan untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan secara efisien dan efektif, sehingga produktivitas yang lebih tinggi, peningkatan pendapatan, penghematan biaya dan mendapatkan kepuasan dalam usaha.


11. Penuh Energi


Dengan perbedaan waktu kerja jika dibandingkan dengan karyawan yang jam kerjanya telah ditentunkan setiap harinya. Pebisnis juga perlu memiliki karakteristik yang penuh energi walaupaun memiliki waktu lebih bebas, terkadang

Pelaku bisnis dengan penuh energi juga tidak mengenal istirahat. Waktunya sering kali sangat ditentukan dan tergantung dari supplier, distributor dan konsumen.

Untuk itu Pelaku bisnis perlu memiliki kesehatan yang prima, makan makanan dan minum minuman bergizi, serta melakukan rutinitas olah raga yang cukup.

Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya
Perjuangan agar Menjadi Pebisnis sukses


Syarat menjadi pebisnis sukses



Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya, bukan merupakan hal yang keniscayaan, namun juga bukanlah hal yang mudah. karena dalam usaha bisnis sarat akan rintangan dan hambatan yang dihadapi.

Syarat menjadi pebisnis sukses kerap mengalami pasang surutnya semangat Pelaku bisnis juga menjadi warna tersendiri dalam mewujudkan keberhasilan dalam binis, Pelaku bisnis / Pengusaha harus memiliki 4 (empat) faktor penting ini


1. Memiliki Niat yang kuat


Memiliki Niat yang kuat adalah faktor utama, Niat adalah awal dari suatu perbuatan untuk melakasan sesuatu, Namun niat yang kuat dimaksud adalah apa yang telah di yakini dalam hati.

Akan melakukan / melaksanakan yang berkaitan dengan dalam bisnis. juga Memiliki niat yang kuat untuk merubah dari kondisi saat ini menjadi Pelaku bisnis.


2. Memiliki kemauan yang kuat dan ulet untuk sukses


Kemauan dapat diartikan adanya komitmen yang tinggi dalam diri seorang sehingga tidak akan pernah menyerah sebelum berhasil memperoleh cita-citanya.

Memiliki kemauan yang kuat dan ulet untuk sukses adalah yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan keyakinan yang kuat dalam jiwa kita adalah sebagai berikut:
  • Kita harus mengenal diri kita sendiri sebagai makhluk yng memiliki kelemahan tetapi memperoleh anugerah kekuatan dari tuhan untuk mengatasi kelemahan kita.
  • Kita harus percaya kepada diri sendiri bahwa kita memiliki potensi yang tidak kurang kuatnya dengan yang dimiliki orang lain.
  • Kita harus mengetahui dengan jelas terhadap tujuan-tujuan serta kebutuhan kita dimana kita bisa mendapatkannya,bagaiman cara mendapatkannya serta kapan dan beberapa lama target waktu untuk mencapainya.
  • Disimpulkan bahwa manusia yang bersikap mental wirausaha setidak-tidaknya memiliki enam kekuatan mental yang membangun kepribadian yang kuat,

Faktor utama lainnya dari mau atau kemauan

Mau atau kemauan adalah kunci dari segalanya,  Faktor utama lainnya dari mau atau kemauan adalah untuk mendapatkan predikat Pelaku bisnis sukses tidaklah mudah dan ringan untuk mendapatkannya :
  • Mau untuk memulai, Mau memulai menjalankan usaha dengan memiliki Mental yang tangguh, tak kenal mengenal  keterikatan dan batas serta tak kenal tidak mungkin atau tidak kenal ketidak mampuan.
  • Mau mencintai produk, Keberhasilan dalam menjual produk / jasa yang di hasilkan, merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan yang telah tercurah untuk itu.
  • Mau belajar, Belajar untuk mengetahui hal-hal yang mendasar tentang pengetahuan bisnis yang memadai dan memiliki pengetahuan luas tentang seluk beluk berbinis, agar matang dan mumpuni dalam binis.
  • Berani mengambil resiko terberat sekalipun, Dalam menjalankan usaha (bisnis) selalu beriringan dengan yang namanya “resiko kerugian”, Keberanian dalam mengambilan resiko kerugian adalah “Kunci“ keberhasil yang akan di raihnya. dalam berbisnis yang akan diraihnya akan proposional dengan resiko kerugian dalam usaha.
  • Mau belajar mendalami pengetahuannya tentang usaha yang akan digeluti.
  • Kemauan untuk terus memperdalam serta luas pengetahuannya tentang produk / jasa yang dihasilkan, merupakan kunci sukses bila mau menggali pengetahuan dari orang yang memiliki keahlian/kepiawaian di dalam menghasilkan produk / jasa.
  • Mau bekerja keras yang tak kenal lelah serta tak mengenal waktu.
  • Kunci sukses yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai keberhasilan adalah siap untuk Bekerja keras dan tak akan mengenal lelah  dan mengenal waktu. ethos kerja keras yang menitik beratkan pada kerja yang kreative dan inovatif dalam menghasilkan produk.
  • Mau memperbanyak teman dan sahabat, Memperbanyak teman / sahabat dengan cara masuk dalam kelompok (kumunitas) atau asosiasi yang berkaitan dengan usaha dan produk / jasa yang di hasil, seperti standar mutu, harga dan pasar dari produk yang kita hasilkan.
  • Mau menerima kegagalan, Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan dalam bisnis,

Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan,  Faktor utama lainnya dari mau atau kemauan untuk siap gagal dalam binis adalah sebagai penentu keberhasil bisnis.

Kegagalan memberi kekuatan dan memotivasi untuk sukses, selama kegagalan itu tidak mematikan. Kemauan keras dapat diartikan adanya komitmen yang tinggi dalam diri seorang sehingga tidak akan pernah menyerah sebelum berhasil cita-citanya.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk  menumbuhkan keyakinan yang kuat dalam jiwa kita adalah sebagai berikut:
  • Kita harus mengenal diri kita sendiri sebagai makhluk yng memiliki kelemahan tetapi memperoleh anugerah kekuatan dari tuhan untuk mengatasi kelemahan kita.
  • Kita harus percaya kepada diri sendiri bahwa kita memiliki potensi yang tidak kurang kuatnya dengan yang dimiliki orang lain. 
  • Kita harus mengetahui dengan jelas terhadap tujuan-tujuan serta kebutuhan kita dimana kita bisa mendapatkannya,bagaiman cara mendapatkannya serta kapan dan beberapa lama target waktu untuk mencapainya.


Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya

Menjadi Pebisnis sukses harus Memiliki kemampuan dan memiliki pengetahuan bisnis



3. Memiliki kemampuan


Memiliki Kemampuan dan pengetahuan yang memadai selain memiliki kemauan dan keyakinan, kemampuan untuk memahami dunia yang digelutinya serta memiliki pengetahuan serta talenta di bidangnya.

Tak akan tercapai bila Pelaku bisnis tidak mampu mengelola dan melaksanakan faktor-faktor keberhasilan dengan baik, Mampu menyusun Strategi Bisnis yang Efektif.

Memiliki Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan :
  •     Pengetahuan usaha yang di geluti
  •     Pengetahuan arah dan tanggung jawab
  •     Pengetahuan manajemen organisasi bisnis.

Pengetahuan / keterampilan yang harus dimiliki Pelaku bisnis :
  •     Keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan risiko
  •     Keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
  •     Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
  •     Ketrampilan berkomunikasi dan berinteraksi
  •     Keterampilan teknik usaha yang akan dilakukan. 


Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya
Menjadi Pebisnis sukses harus Memiliki Strategi Bisnis yang Cantik


4. Memiliki Keyakinan


Memiliki Keyakinan yang kuat bahwa usaha di geluti akan sukses kelak di kemudian hari, tentunya dengan didasari bahwa kemauan dan kemampuan yang mumpuni,  Keyakinan harus tertanam kuat.

Karena keyakinan akan menimbulkan daya dorongan dan semangat pantang menyerah. dimana semangat pantang menyerah berbanding lurus dengan keyakinan,

Semakin Memiliki keyakinan yang kuat untuk sukses, maka akan semakin ulet dan pantang menyerah.

Memiliki keyakinan yang kuat didasari oleh :
  • Mengenal diri sendiri sebagai makhluk yng memiliki kelemahan tetapi memperoleh anugerah kekuatan dari tuhan untuk mengatasi kelemahan.
  • Percaya kepada diri sendiri yang memiliki potensi yang tidak kurang kuatnya dengan yang dimiliki orang lain.
  • Mengetahui dengan jelas terhadap tujuan serta kebutuhan untuk mendapatkannya,bagaiman cara mendapatkannya serta kapan dan beberapa lama target waktu untuk mendapatkannya.

Seorang Pebisnis harus memilik
  • Percaya Diri, Keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
  • Berorientasikan Tugas dan Hasil, Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan,  memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan emiliki inisiatif.
  • Pengambil Resiko, Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.
  • Kepemimpinan, Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan  kritik yang membangun.
  • Keorisinilan, Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
  • Berorientasi ke Masa Depan, Persepsi dan memiliki cara pandang/ cara pikir yang berorientasi pada masa depan.
  • Jujur dan tekun, Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja.
  • Berjiwa besar, Kegagalan tak membuat patah semangat. Namun membuat terpacu untuk maju dan berusaha lebih baik lagi, berjiwa besar dan justru menjadi semangat untuk maju.

Memiliki Keyakinan yang kuat dapat memicu untuk menjadikan kunci untuk sukses dan akan berdampak pada :
  •     Meningkatkan potensi terhadap diri sendiri
  •     Memiliki semangat kerja
  •     Fokus terhadap usaha yang ditekuni
  •     Bijaksana dalam bekerja.
  •     Mengembangkan hasil untuk kemajuan usaha


Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya
Menjadi Pebisnis sukses yang mememiliki kemauan keras


Syarat menjadi pebisnis sukses


1. Rencana bisnis


Rencana bisnis (business plan) adalah tahapan awal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang Pelaku bisnis untuk memulai bisnis.

Pebisnis sebaiknya membuat perencana bisnis berdasarkan pengetahuan yang ada dan rencana bisnis atau business plan, seberapa besar keinginan untuk menjadi pemenang dan kesiapan mental untuk memiliki bisnis

Rencana bisnis adalah pernyataan yang dibuat secara formal dan tertulis hal-hal tujuan dari bisnis cara yang akan dicapai. banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis.

Beberapa orang meyakini yang penting adalah jalankan saja tanpa membuat perhitungan secara detail terutama dengan hal-hal yang sangat prinsip.

Disaat akan melakukan dalam bisnis yang penting adalah segera memulai atau "just do it", namun menjalankan bisnis tanpa perencanaan yang matang adalah yang tidak bijak.

Apakah dengan membuat rencana bisnis atau business plan dapat menggaransi bisnis akan sukses..?

Tentu saja tidak ada bergaransi pasti sukses, namun setidaknya disaat menjalankan akan lebih mudah.

Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya wajib memiliki Rencana bisnis atau business plan yang dibuat.

Memiliki tujuan yang jelas dan terarah sesuai dengan harapan yang telah direncanakan sebelumnya, dengan perencanaan maka ;
  •     Kejelasan bisnis
  •     Strategi perusahaan terpetakan
  •     Mendapatkan gambaran detil situai pasar
  •     Mendapatan cara memasarkan produk
  •     Mendapatkan ide baru setelah menyusun perencanaan
  •     Mendapatkan  memperhitungan bisnis untuk kedepannya
  •     Mendapatkan secara terus-menerus ketajaman sistem operasional.
  •     Mengenal pesaing

a). Sumber pendanaan

Sumber pendanaan bisnis adalah hal yang penting untuk menjalankan bisnis, alternative pendanaan bisa di dapat dari ;
  • Pendanaan Sendiri, Pendanaan bisnis yang menggunakan uang sendiri, apakah  pembiayaannya dari tabungan, deposito, uang kontan.
  • Pendanaan Bisnis dengan pihak Lain, Pendanaan bisnis yang menggunakan uang orang lain. Jenis pendanaan dengan uang orang lain (other people money) artinya bisnis harus membayar bunga, hutang bisa di dapat dengan hutang yang berbunga dan hutang yang tidak berbunga (Nol).

b). Mulailah dengan modal yang ada

Memulai untuk dalam bisnis banyak orang memperkirakan harus menggunakan dan membutuhkan modal yang relatif besar, bagi yang memiliki modal yang masih terbatas.

Tidak usah risau untuk memiliki bisnis sendiri karena selama pandai memberdayakan kemampuan dan keahlian dalam menangkap peluang, maka dapat melaui bisnis dengan modal yang relatif kecil.

Mulailah dengan modal yang telah miliki dan mengoptimalkanlah modal tersebut untuk memulai dan menjalankan usaha sesuai ide dan rencana yang telah diperhitungkan secara masak.

Bisa juga bisnis yang dapat di jalankan adalah seperti ;
  •     Bisnis pertukaran mata uang atau bisnis Forex.
  •     Usaha rumahan dalam bidang fashion
  •     Bisnis pakaian muslim dan baju anak.
  •     Makanan
  •     Membuat kerajinan
  •     Pesta ulang tahun dan pesta anak-anak sekolah TK, SD dan seterusnya
  •     Dan lain-lain

c). Manfaatkan peralatan seadanya

Memanfaatkan peralatan seadanya ketika hendak menjalankan dan merintis bisnis, menjalankan atau merintis bisnis yang tak selamanya menggunakan peralatan dan sarana yang harus baru dan canggih, walau menggunakan peralatan dan sarana yang baru adalah hal tentu sangat ideal.

Untuk menyiasati minimnya modal dan berkeinginan untuk Menjadi Pebisnis sukses walau diawali dengan modal seadanya.

Memanfaatkan peralatan dan sarana yang seadanya yang ada di saat ini agar dapat segera dijalankan rencana yang telah ada dan memiliki kesempatan dan peluang tanpa harus menunggu modal yang cukup hingga ideal untuk menjalankannya.

Memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada saat ini seperti rumah sendiri, memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha.

Memanfaatkan peralatan kerja dan alat produksi lainnya, sehingga dapat terciptanya penghematan modal awal berbisnis.

d). Belanjakan investasi dengan bijak

Belanjakanlah modal untuk bisnis dengan bijak, seefisien dan seefektif mungkin. Mengingat kondisi modal bisnis yang dimiliki masih relatif terbatas, hitung rencanakanlah secara matang sebelum membelanjakan modal bisnis.

Hindari pembelian barang yang sesungguhnya belum mendesak dan belum di butuh. Prioritaskan pada investasi modal kerja seperti bahan baku, bahan penolong dan lain-lainnya


2. Memulai usaha


Dianggap sebagai usaha sampingan dikarenakan pada awalnya dikerjakan sebagai tambahan kegiatan usaha seiring dengan pekerjaan utama sebagai karyawan.

Memulai usaha tidak salah memang dianggap seperti itu, karena modal awal bisnis relatif kecil diambil dari penghasilan yang disisihkan selama menjadi karyawan.

Berapa lama waktu persiapannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah relatif, Memulai usaha waktunya tergantung bisnis yang akan dibangun dan tergantung besar / kecilnya bisnis, semakin besar bisnis yang akan dibangun maka semakin komplek persiapan untuk merealisasikan bisnis.

Sadari bahwa tidak ada jalan yang mulus, pasti akan ada tanjakan yang terjal dan berliku menjadi, Pebisnis berarti harus bisa melewati jalan tersebut tanpa putus asa.

Hanya perlu melakukan sedikit perubahan jika memang diperlukan, tetapi itu setelah melakukan penelitian kecil dari bisnis.

Memulai bisnis sampingan memang diperlukan beberapa persiapan. Lima tips hanya sebagian saja, masih ada persiapan lain yang mungkin dibutuhkan tergantung bisnisnya.

Jika bisnis sudah berjalan, buatlah promosi untuk meningkatkan penjualan :
  •     Pastikan produk yang akan dibuat
  •     Mengatur Pengeluaran Biaya
  •     Identifikasi Kelemahan Anda
  •     Uji Pasar
  •     Gunakan pemasaran yang murah
  •     Hadapi Tantangan

3. Jangan Takut Akan Kegagalan


Ide usaha segera dilakukan dalam bentuk action. Tidak cuma berpikir tanpa action, namun juga tidak hanya action tanpa berpikir.

Jangan Takut Akan Kegagalan dan segeralah bergerak dan memulai usaha berarti pula segera mempercepat keuntungan yang akan didapatkan, dan memperkecil saingan bisnis yang baru dirintis.

Jangan Takut Akan Kegagalan, Orang yang memulai usaha lebih dahulu dengan produk awalnya merupakan pionir dan bisa menjadi trendsetter bagi pesaing produk yang baru muncul.

Jika gagal dalam satu langkah bisnis, carilah pelajaran dan pengalaman didalamnya. Kesuksesan yang diraih dalam menjalankan usaha skala kecil merupakan sukses yang berkelanjutan, yang diperoleh langkah demi langkah dan mungkin ada kegagalan di dalamnya.

Jalankan segera jangan tunda-tunda lagi

Tidak ada alasan menunda-nunda dalam untuk memulai usaha. Modal kecil tak menjadi penghambat untuk sukses dalam bisnis. Setelah memahami langkah-langkah yang akan di jalankan untuk bisnis.

Niatkanlah dan Jalankan segera jangan tunda-tunda lagi apa yang telah dipersiapkan dan yakinlah diri bahwa bisnis yang akan dijalankan akan sukses.

Segeralah lakukan sekarang juga jangan ditunda-tunda lagi, tentunya rencana beserta strateginya telah diperhitungkan secara baik, dan susulah segera jadwal atau target waktunya agar semua rencana dapat tergambar dengan jelas.

Jalankan segera jangan tunda-tunda lagi secara berurutan seperti memulai dari cara memulai dan tehnis pengerjaannya, permodalan, peralatan serta belanja modal.

Dengan segera bergerak dan memulai usaha berarti pula segera mempercepat keuntungan yang akan didapatkan, dan memperkecil saingan bisnis yang sedang / baru dirintis.


Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya, Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi.

Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Kontak "

Menjadi Pebisnis sukses | belajar menjadi pengusaha sukses | langkah langkah menjadi pengusaha sukses | menjadi pengusaha dari nol | wong ndeso yang menjadi pengusaha sukses | tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil | cara jadi pengusaha tanpa modal | cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa | cara menjadi pengusaha kuliner
Menjadi Pebisnis sukses yang diawali dengan modal seadanya
Menjadi pebisnis sukses dengan modal kecil
Menjadi Pebisnis sukses | belajar menjadi pengusaha sukses | langkah langkah menjadi pengusaha sukses | menjadi pengusaha dari nol | wong ndeso yang menjadi pengusaha sukses | tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil | cara jadi pengusaha tanpa modal | cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa | cara menjadi pengusaha kuliner

2 comments:

Terima kasih, telah membaca tentang – Strategi berbisnis yang Cantik - Semoga Artikel ini dan memberi inspirasi dan bermanfaat..