Iklan GanKoko

Popular Posts

Monday, January 7, 2019

MENANGKAP PELUANG BISNIS DARI PEKARANGAN RUMAH YANG SEMPIT

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit, Menangkap Peluang Bisnis pekarangan rumah yang sempit masih terbuka lebar untuk berbisnis dan dapat disesuaikan dengan kegemaran dan keasrian rumah.

Memiliki Strategi bisnis yang cantik untuk berbisnis adalah merupakan kunci sukses dengan menerapkan dan menentukan strategi bisnis secara konsesiten agar terhindar dari gagal manajemen.

Baca juga “ Strategi bisnis yang Cantik “ yaitu Strategi untuk memenangkan persaingan bisnis dengan taktik berbisnis.

Topik Strategi Bisnis lainnya di " Artikel "

Menjadi seorang Enterpreneur pastinya memiliki Strategi serta memiliki taktik yang jitu dan cerdas dalam berbisnis, naluri seorang entrepreneur yang kreatif dan memiliki perspektif tentang mengkelola bisnis.

Enterpreneur memiliki perspektif bagaimana cara merealisasikan ide bisnisnya serta bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dan konsisten.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit


Idealnya memiliki rumah dan tempat tinggal dengan pekarangan yang luas adalah sangat menyenangkan bagi orang yang memiliki kreatif, namun untuk saat ini memiliki rumah dengan pekarangan luas sudah menjadi hal yang sulit, khususnya yang berada di perkotaan.

Walau demikian, hanya memiliki lahan yang sempit sekalipun Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit. Justru disinilah dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan situasi dan kondisi lahan yang ada agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Unsur niat dan kemauan menjadi penentunya, mengapa begitu…?

Jawabnya, adalah..

Dengan memiliki niat yang kuat dan mau bererak untuk melaksanakan adalah awalnya dari hal yang di sebut diatas.

Dengan memiliki niat dan mau bergerak semua akan menjadi lebih memungkinkan terlaksananya hal tersebut, Niat dan kemauan merupakan awal mulanya kesukses, apakah itu sukses untuk bisnis atau untuk hal yang besar.


Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan


Untuk membahas tentang Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit maka unsur-unsur yang mendasar adalah harus memiliki niat yang kuat untuk melaksanakan, dan memiliki kemuan yang kuat serta mau bergerak sekarang juga agar dapat terlaksana :
  •     Memiliki Niat
  •     Memiliki Kemauan
  •     Mau Bergerak sekarang juga

1.   Memiliki Niat 


Memiliki Niat adalah unsur utama, Niat adalah awal dari suatu perbuatan untuk melaksana sesuatu, Namun niat saja tidak cukup bila tidak sertakan kemuan untuk bergerak.

Sehingga Memiliki Niat yang kuat dan mau bererak untuk melaksanakan adalah awalnya dari hal yang di sebut diatas. dan akan menjadi lebih memungkinkan terlaksananya hal tersebut.

2.   Memiliki Kemauan


Memiliki kemauan yang kuat dan juga unsur utama yang berikutnya, karena unsur kemauan dapat terlaksana bila saja didasari oleh niat yang kuat sehingga kedua unsur ini bagaikan dua sisi mata uang yang menjadi satu kesatuan dan tidak dapat terpisahkan satu dengan lainnya

Kemauan dapat diartikan sebagai modal utama dari sebuah komitmen dari diri seseorang sehingga komitmen diri seseorang dapat terlihat kualitas komitmennya. Kita diketahui bahwa komitmen yang berkaitan dengan kemauan untuk bergerak sekarang juga adalah awal dari kesuksesan

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit yang berkaitan dengan niat dan dengan kemauan, adalah kemauan yang tidak akan pernah menyerah sebelum berhasil memperoleh apa yang diinginkannya dapat terlaksana.

Kualitas sebuah komitmen sangat menentukan kemauan untuk bergerak sehingga mau bergerak sekarang juga menjadi titik awal dari sebuah pergerakan.

Kemauan adalah kunci dari segalanya, walau demikian untuk dapat memiliki sebuah kemauan itu sendiri terkadang menjadi sulit manakala tidak diikuti oleh adanya Niat yang mendasarinya. Jadi kemauan harus :
  • Mau memulai sekarang juga
  • Mau menyukai apa yang dilakukannya
  • Mau belajar mendalami tentang apa yang sedang dihadapinya.
  • Mau mengambil resiko terberat sekalipun
  • Mau berbagi kepada orang disekitarnya, agar kegiatannya mendapatkan dukungan
  • Berani mengambil resiko terberat sekalipun
  • Dan lain-lain

Kemauan yang kuat dapat memicu :
  •     Meningkatkan potensi terhadap diri sendiri
  •     Memiliki semangat kerja
  •     Fokus terhadap usaha yang ditekuni
  •     Bijaksana dalam pekerjaannya
  •     Kemauan yang kuat untuk suatu keberhasilan 

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Aneka pot untuk Menangkap peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit


3.  Mulai bergerak sekarang juga.


Mulai bergerak sekarang juga untuk menciptakan peluang bisnis, dengan memulai sekarang juga dan jangan di tunda-tunda lagi, karena setiap detik yang ditunda untuk memulai sesuatu, berarti anda sendiri yang menundanya untuk lekas terwujud.

Sekarang, mulailah bergerak, kalau tidak sekarang, kapan lagi…?

Harus ada yang optimis terhadap apa yang ingin dilakukan bahwa rasa optimistis juga merupakan pemicu keyakinan untuk suatu keberhasilan, walau pada awalnya masih kekurangan di sana sini, namun jika tidak pernah untuk memulai, maka dapat dipastikan tidak akan pernah berjalan.

Persoalannya adalah bagaimana untuk memulai bergerak untuk Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit.  Seperti pepatah, ‘Beginning is Difficult’.

Permulaan itu biasanya terasa sangat sulit, namun bila sudah dimulai untuk bergerak maka semuanya berjalan apa adanya.

Pada umumnya untuk memulai bergerak sering terkendala masih banyaknya  kekurangan disana sini, dan dari mana dahulu memulainya. Untuk memulai bergerak harus ACTION.

A = ACTION
Action atau tindakan adalah awal dari mau memulai bergerak, mau melakukan ACTION, mau mengambil tindakan untuk mengambil peluang yang ada. Orang yang kreatif adalah sosok yang tidak suka dengan berdiam diri dan selalu mendahulukan tindakan dalam kesehariannya.

C = CREATIVE
Sosok yang kreatif sering menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang mungkin sebelumnya dianggap biasa atau bahkan mustahil oleh banyak orang.

Kreativitas sering membuat keberhasilan dan membuat nilai tambah dalam apapun yang digelutinya, sosok kreatif tidak jarang menghadapi tantangan dan kendala namun kendala-kendala tersebut menjadikan tantangan, semakin besar justru memompa semangatnya untuk lebih kreatif.

T = TRUST
Trust sebagai prinsip hidupnya. Dalam pengertian ke luar diri, trust berarti tekad untuk memegang kepercayaan Karena sadar, kepercayaan adalah yang harus tetap terjaga dalam diri seseorang, trust berarti percaya pada dirinya, pada apa yang di-ACTION-kannya.

Sosok yang kreatif punya rasa percaya diri untuk melakukan ACTION.

I  = INDEPENDENT
Independent atau kemandirian sering menjadikan diri yang kreatif. Pada umumnya sosok yang kreatif ingin selalu bebas dan selalu ingin mengatur apa yang dilakukannya sesuai yang ia mau. Sosok yang kreatif biasanya mandiri dalam bekerja ia mau mewujudkan kreatifitasnya.

Walau juga membuatnya sadar akan resiko yang mungkin terjadi, dan ia siap menanggungnya sebab telah memilih.

O = OPPORTUNITY
Opportunity atau kejelian melihat peluang atau kesempatan adalah ciri seseorang yang kreatif, sering saja menemukan ide-ide yang bisa menjadi peluang, Kejeliannya melihat peluang tersebut bukan saja menghasilkan dan bermanfaat bagi dirinya namun juga untuk banyak orang.

N  = NO QUIT
Sosok yang kreatif  selalu saja menemukan ide-ide baru dan tak pernah menyerah dan tak pernah berhenti untuk ACTION.

Kegagalan tak pernah dianggapnya sebagai kegagalan. Setiap kali gagal dengan cepat ia mencobanya kembali dan ACTION lagi. Karena ia yakin bahwa apa yang dilakukannya adalah sesuatu yang telah diyakininya.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menciptakan peluang bisnis walau dengan Pekarangan sempit


Memanfaatkan lahan sempit untuk menangkap peluang.


1. Memanfaatkan pekarangan sempit untuk berbisnis


Menangkap Peluang bisnis dari pekarangan sempit dengan memanfaatkan pohon bunga Kamboja adalah pilihan bisnis yang tepat, memutuskan untuk bercocok tanam bunga yang memiliki nilai komersialnya bagus juga dapat memberikan manfaat lainnya.

Bercocok tanam pohon bunga Kamboja tidaklah repot dan ribet, penanam kembali untuk dapat di perjualankan kembali, bercocok tanam dapat juga mengajak, anak, istri/suami atau anggota keluarga, adapun manfaat yang diperoleh :
  • Dapat menyalurkan hobi
  • Dapat menciptakan peluang untuk menambah penghasilan
  • Dapat menghirup udara yang segar dari pekarangan yang sempit
  • Dapat menciptakankan rumah terlihat hijau, asri dan sejuk.
  • Dapat terhindar dari stres karena kesibukan rutin
  • Dapat memanfaatkan waktu luang bersama keluarga
  • Anggota keluarga menjadi segar 
  • Dapat menciptakan kemestraan dalam keluarga dan dapat tercipta kedamaian keluarga.

Ternyata bercocok tanam di lahan sempit untuk tidak sulit, bahkan dapat memberikan manfaat yang luar biasa  sesuai yang telah diuraikan diatas, walau terkesan sederhana yaitu bercocok tanam di pekarangan yang sempit.

Sesuai judul yang diatas, penulis ingin berbagi (share) pengalaman kepada Anda dalam bercocok tanam, yang akan penulis berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada Anda adalah bercocok tanam pohon bunga Kamboja, pertanyaannya mengapa pohon kamboja...?

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Penulis bahwa pohon bunga Kamboja memiliki manfaat terhadap kesehatan, bentuknya indah dan begitu juga bunganya.

Dan yang paling penting adalah  dapat memberikan penghasilan tambahan yang bagus, Pohon bunga Kamboja ini memiliki kekhasan tersendiri tidak sama dengan tanaman lainnya.

Pohon Kamboja tidak memerlukan perlakuan khusus dan tidak repot (ribet) dalam memeliharanya, serta memiliki nilai komersial yang bagus.

Peluang bisnis dari pekarangan dengan pohon bunga Kamboja sangat menjajikan mengingat untuk memperoleh pohon ini sangat mudah dan sangat mudah menjualnya karena bunganya yang bervariasi dan sangat cantik.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah sempit yang menjanjikan


2. Memanfaatkan pekarangan dengan memelihara Pohon bunga Kamboja.


Menangkap peluang bisnis dengan memelihara pohon bunga Kamboja adalah pilihan yang tepat selain memiliki nilai komersil yang bagus juga mudah dalam memperoleh pohon tersebut, cara memperoleh pohon bunga Kamboja dengan :

Perolehanya bunga Kamboja bisa didapat dari Bibit ( biji ) yang diperoleh dari penanaman sendiri atau dari cara beli bibit (biji) yang sudah tanam dari penjual bunga kamboja

Dengan cara membeli pohon bunga kamboja yang sudah jadi, namun masih ditanam oleh penjualnya dengan wadah Polibag (lihat gambar dibawah ini), bunga setelah dibeli.

Ditanam ulang dengan pot yang bagus agar nilai jualnya pun bagus, namun bila diganti dengan pot yang murah maka harga jualnya pun tidak dapat harga yang bagus.

Kesimpulan bahwa harga jual yang bagus tergantung pada media tanamnya (potnya). Pohon bunga Kamboja akan terlihat lebih permanen dan kokoh bila di tanam di media pot  seperti gambar di bawah ini.

Pohon bunga Kamboja yang sudah ditanam kembali lalu dipajang (berikan penampilan yang bagus dan bersih) juga beri label harganya. Harganya dapat dijual dengan harga 5 kali harga beli pohon itu ditambah harga beli media tanam (pot).

Berdasarkan pengalaman Penulis sering melihat pameran-pameran pohon di jakarta, yang ingin penulis sampaikan adalah pengalaman penulis melihat pameran pohon di Lapangan Banteng Jakarta dimana harga jual pohon kamboja bisa lebih dari 5 (lima) kali lipat dari harga belinya,

Harga dari penjual bunga yang sering kita lihat dipinggir jalan raya, dimana harga jual mereka berkisar Rp. 75.000 s/d  Rp. 100.000,  namun harga jual di pameran tersebut mencapai lebih dari 5 (lima) kali lipat.

Benar bahwa harga jual pohon bunga Kamboja ditentukan oleh besar kecilnya bonggol pohon bunga Kamboja tersebut. Jenis bunganya yang beraneka ragam dan warnanya.

Sekalipun yang Jenis bunga terbaru (New Realise) tidak begitu signifikan perbedaan harga jual dibandingkan dengan harga belinya ( harga pokok )

Mahal atau tidaknya harga jual pohon bunga Kamboja yang kita akan jual sangat dipengaruhi oleh harga beli media tanam berupa potnya. Bila pohon ditanam kembali dengan pot yang nilainya mahal maka harga jualnya pun akan mahal.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit adalah hal yang menarik, Penentuan harga jualnya terpulang bagaimana kita mengemasnyanya, agar nampak terkesan mewah lihat gambar dibawah ini.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menangkap Peluang Bisnis dengan menanam pohon Kamboja

Menangkapan Peluang Bisnis dari pekarang rumah yang sempit.


Menciptakan Peluang Bisnis dari pekarang rumah yang sempit menjadi menarik bila kita pandai memanfaatkan peluang ini, misalkan dengan memanfaatkan dari pohon bunga Kamboja yang sangat menjanjikan bila saja mengetahui tentang pohon ini.

Untuk memperoleh Informasi secara lengkapnya tentang seluk beluk pohon ini bisa didapat dengan mengklik Mbah Google, maka Anda bisa mendapatkannya dengan  Mudah.


1. Peluang Bisnis dengan pekarangan sempit.


Menangkap peluang bisnis dari pekarangan rumah yang sempit yang dengan Pohon bunga Kamboja sangat menarik mengingat pohon ini sangat indah dan cantik dikala berbunga

Pohon bunga kamboja dapat diciptakan berbagai macam bunganya sesuai entres yang telah didapat serta sangat mudah dalam mengokulasinya (menyambungnya).

Bunga kamboja atau yang nama latinnya adalah Plumeria rubra L.cv. Acutifolia Pohon bunga kamboja selain keindahan, bunga pohon ini juga memiliki manfaat yang baik yang membuat bunga ini banyak di kembang biakkan.

Bau bunga pohon ini cukup harum meskipun telah gugur dari tangkainya. Pohon bunga Kamboja  sempat booming sebagai tamana hias yang memiliki postur yang khas serta unik, karena memiliki banyak sekali manfaat seperti yang sudah penulis jabarkan di atas ini.

Banyak sekali ragamnya baik bentuk maupun warnanya, bahkan yang New Realise sudah memiliki kelopak 4 tingkatan, harganya pun masih sangat mahal sekali.

Menangkap peluang bisnis dari pekarangan rumah yang sempit dengan menanam pohon bunga Kamboja adalah hal yang realistis.

Dimana perbedaan harga sesama pohon bunga Kamboja ditentukan tingkat kelopak bunga serta warnanya yang khusus, yaitu untuk warna Hitam, Putih, Kuning serta Merah tua.

Bunga kamboja akan mengeluarkan getah yang cukup banyak, bila batangnya digores getah dari bunga kamboja mengandung senyawa lupeol, amyrin, triterpenoid, kautscuk dan damar. juga pohon ini mengandung minyak fenetilalkohol, farnesol, geraniol, sitronellol, linallol.

Fakta Unik Bunga Kamboja, cirinya yang dapat dilihat adalah jika anda menggores kulit dari batang bunga kamboja yang termasuk kategori low maintenance, akan mengeluarkan getah yang cukup banyak.

Getah pohon tersebut terkena luka, pohon bunga kamboja mengandung senyawa lupeol, amyrin, triterpenoid, kautscuk dan damar.

Selain itu bunga, kamboja juga mengandung minyak fenetilalkohol, farnesol, geraniol, sitronellol, linallol.Menurut informasi yang penulis dapatkan bahwa pohon bunga Kamboja di Taiwan, Jepang, dan China Bunga Kamboja sudah diolah menjadi minyak wangi, teh seduh, dan obat nyamuk

Bunga Kamboja sebenarnya termasuk jenis bunga yang dapat dimakan sama halnya dengan bunga pepaya dan bunga turi.

Bunga Kamboja yang dikeringkan akan sangat bermanfaat karena dapat menurunkan suhu tubuh, mengobati radang gusi atau tenggorokan, bibir pecah-pecah, dan penambah nafsu makan.

Pohon ini sering menyimpan fakta unik yang tak terduga.dibalik warnanya yang indah dan cantik. Yang Penemu bunga pohon ini adalah Charles Plumier asal Prancis yang bernama di abad ke-16.

Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit dengan pohon Kamboja


2. Peluang Bisnis dengan memanfaatkan pohon bunga Kamboja.


Peluang Bisnis dengan memanfaatkan pohon bunga Kamboja dapat menjadi pilihan. selain sangat mudah dipelihara dan memiliki banyak manfaatnya.

Memanfaatkan memelihara pohon bunga Kamboja sangatlah tepat selain cantik dan indah pohon ini sangat mudah memeliharanya dan sangat menyenangkan, berikut ciri-cirinya :
  • Pohon bunga kamboja sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk setiap harinya
  • Pohon ini sangat mudah dipelihara, tidak memerlukan perawatan khusus seperti pohon hias lainnya
  • Pohon ini tidak menyenangi banyak air, jadi tidak perlu sering disirami seperti pohon lainnya
  • Rajin berbunga, bila saja mendapatkan sinar matahari yang cukup
  • Sangat mudah untuk dikembangbiakan, dapat dengan cara stek batang, atau melalui biji.
Dengan keterbatasan lahar pekarangan rumah bukan tidak mungkin tak memberikan penghasilkan besar. Hal yang perlu anda dipersiapkan untuk memulai membudayakan pohon bunga kamboja, seperti membuat media tanaman dan peralatan dan lain-lain untuk menunjang kegiatan Anda

Pohon bunga Kamboja ditanam di dalam media tanam (Pot) sesuai dengan besarnya Bonggol pohon, jangan juga terlampau besar, karena akan mengurai keindahan pohon bunga Kamboja itu.

Upayakan media tanam yang mudah meresap air atau poros, dan tanah yang untuk media tanam berupa tanah gunakan berupa campuran pasir, pupuk kandang atau kompos, Arang sekar atau juga sekam yang masih mentah dengan perbandingan 2 : 2 : 1 : 1.

Setelah di oplos biar dulu hingga satu minggu dan biarkan terkena sinar matahari. Peluang Bisnis dengan memanfaatkan pohon bunga Kamboja sangat menarik.

Pohon bunga Kamboja ini termasuk jenis tanaman yang tidak manja namun tetap menghasilkan bunga-bunga yang indah dan wangi.

Harus perhatikan adalah kecukupan sinar matahari dan keposprosan media tanamnya yang berupa tanah. dan menjadi suatu kebanggaan, manakala Anda diberi manfaat darinya.

Penulis ingin menyapaikan pepatah yang mengatakan "Bila kau tanam dia hanya suka, maka kau akan hanya mendapatkan lelahnya dari memeliharanya, namun bila kau tanam dia dengan rasa cinta maka kau akan mendapatkan Bunga dan hasilnya yang luar biasa dari dirinya".

Sebagai penutup, diucapkan terima kasih telah meluang waktunya untuk membaca artikel Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit, Semoga artikel ini memberi manfaat serta menginspirasi.

Bila ada yang ingin mendiskusikan bisa mengklik " Kontak " 
Menangkap Peluang Bisnis | makalah strategi menangkap peluang usaha baru | strategi menangkap peluang usaha ppt | kunci peluang usaha | 5 tips menangkap peluang bisnis | jurnal strategi menangkap peluang usaha | mengenal industri untuk menangkap peluang usaha | identifikasi peluang usaha | informasi peluang usaha
Menangkap Peluang Bisnis dari pekarangan rumah yang sempit
Menangkap Peluang Bisnis dari pekarang rumah yang sempit.
Menangkap Peluang Bisnis | makalah strategi menangkap peluang usaha baru | strategi menangkap peluang usaha ppt | kunci peluang usaha | 5 tips menangkap peluang bisnis | jurnal strategi menangkap peluang usaha | mengenal industri untuk menangkap peluang usaha | identifikasi peluang usaha | informasi peluang usaha

2 comments:

Terima kasih, telah membaca tentang – Strategi berbisnis yang Cantik - Semoga Artikel ini dan memberi inspirasi dan bermanfaat..